Keistimewaan Bulan Rajab dan Keutamaan Puasa Rajab

Discussion in 'General Lifestyle' started by yayu19, Mar 29, 2017.

  1. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    478
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]
    Bulan rajab merupakan bulan ke tujuh di dalam hitungan kalender hijriyah, bulan rajab termasuk bulan Haram (suci) atau bulan yang di muliakan. Pada bulan rajab banyak umat muslim yang berbondong-bondong melakukan amal-amalan yang baik di bulan yang di muliakan ini. salah satunya adalah berpuasa.

    Di dalam islam terdapat 4 bulan haram yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharam dan salah satunya adalah bulan Rajab.

    Allah SWT berfirman :

    إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ
    Artinya :
    Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS. At-Taubah : 36)

    Keistimewaan bulan Rajab

    Puasa pada bulan ini hukumnya "Sunnah" yang berarti, apabila dikerjakan maka akan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Jadi pemahamannya tergantung pada diri kita sendiri, apa bila kita ingin di istimewakan oleh Allah SWT maka kerjakan dan akan mendapat pahala. Karena sesuatu yang sunnah akan lebih baik jika dilaksanakan karena bisa menambal sulam kekurangan ibadah kita. Sunnah ini sering juga disebut Mustahab yaitu sesuatu perbuatan yang dicintai Allah dan Rasul-Nya :)

    Berikut beberapa hadis yang menerangkan keutamaan dan kekhususan puasa bulan Rajab:
    • Berikut beberapa hadis yang menerangkan keutamaan dan kekhususan puasa bulan Rajab:
      Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab beliau berdo’a:“Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).
    • "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."
    • Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."
    • "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".
    • Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku."
    • Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.
    Luar biasa kan keistimewaan bulan Rajab, tidak hanya itu pahala yang di dapat juga sangat besar bahkan tidak ternilai. Jadi jika ingin mendapat pahala di bulan Rajab ini kita harus sering melakukan kebikan dan berpuasa, tetapi jika kamu adalah penderita asam lambung yang ingin berpuasa sebaiknya pada saat sahur atau berbuka hindari makanan yang dapat membuat asam lambung naik sehingga membuat ibadah yang kamu jalani tidak maksimal. Semoga bermanfaat ya ;)
     
  2. Hana07

    Hana07 Member

    Joined:
    Mar 16, 2017
    Messages:
    130
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    benar-benar istimewa memang bulan Rajab
     
    yayu19 likes this.
  3. gngrzky

    gngrzky Member

    Joined:
    Mar 17, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    yuk kita menunaikan puasa sunnah agar mendapatkan keutamaan bulan Rajab :)
     
    yayu19 likes this.
  4. Yana Mulyana

    Yana Mulyana Member

    Joined:
    Aug 31, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
  5. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    478
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    bukan mau lagi, tapi hari ini sudah masuk pada tanggal 1 bulan rajab :), iya tidak terasa bulan ramadhan tinggal menggitung bulan :)
     
  6. Yana Mulyana

    Yana Mulyana Member

    Joined:
    Aug 31, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
  7. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Istimewa nya bulan rajab ini, tapi sayang untuk saat ini ane gak bisa puasa soalnya lagi sakit :(
     
Loading...

Share This Page