Mengatasi disk usage hosting cpanel penuh

Discussion in 'Site & Server Administration' started by Giri Soeprijanto, Mar 27, 2017.

  1. Giri Soeprijanto

    Giri Soeprijanto Member

    Joined:
    Feb 15, 2016
    Messages:
    265
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Edisi males nulis nih gan, jadi langsung copas aja dari blog saya. hehehe..

    BocahSoenyi.com | Mengatasi disk usage hosting cpanel penuh adalah pengetahuan yang wajib dimiliki oleh seorang blogger, terutama blog yang menggunakan self hosting dan domain sendiri, karena permasalahan ini sering kali muncul ketika usia blog sudah cukup berumur. Penyebab utamanya tidak lain dan tidak bukan adalah karena adanya file-file sampah yang menumpuk, serta file backup yang sama sekali tidak pernah dihapus.
    [​IMG]

    Dalam kesempatan ini cara mengatasi disk usage hosting cpanel penuh yang akan saya bahas adalah khusus pagi pengguna wordpress self hosting, karena saya sendiri adalah pengguna wordpress self hosting, jadi pengetahuan saya saat ini masih pada seputar wordpress dan blogspot saja, belum menginjak ke hosting joomla atau yang lainnya, karena jujur saya belum pernah menggunakannya.

    Cara mengatasi disk usage hosting penuh
    Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari penyebab kenapa disk usage bisa penuh? baru setelah itu anda bisa memperbaikinya dengan cara menghapus file yang menyebabkan hosting anda penuh. Penghapusan file juga harus dilakukan secara hati-hati, karena jika anda salah dalam menghapusnya, bisa-bisa blog anda akan error atau bahkan hilang.

    Ciri-ciri web wordpress self hosting yang usage disk hostingnya penuh adalah tidak bisa melakukan update plugin, update template, dan bahkan update versi wordpress terbaru. Selain itu juga tidak bisa menginstall atau mengunggah plugin baru, karena space pada disk usage sudah penuh dan tidak dapat diisi lagi. Begitu juga ketika anda login ke cpanel, maka akan ada notifikasi berwarna merah pada pojok kanan atas halaman dashbord cpanel anda.
    [​IMG]

    Selanjutnya silahkan anda klik notification tersebut, maka muncul peringatan bahwa disk usage hosting anda telah penuh, dan anda diminta untuk menghapus beberapa file atau mengupgrade hosting dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Langkah berikutnya untuk mengatasi disk usage hosting penuh adalah dengan menghapus file sampah, file backup, plugin, dan template yang sudah tidak terpakai lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

    1. Login kehalaman cpanel anda, kemudian pada widget halaman cpanel sebelah kanan silahkan cari Statistics disk usage dan ditandai dengan simbol kunci pas, disana akan tampak bahwa penggunaan memori sudah melebihi kapasitas hosting, selanjutnya klik simbol kunci pas tersebut.
    [​IMG]
    Catatan: Maaf untuk contoh gambar yang saya berikan diatas bukanlah gambar disk usage yang sudah penuh, karena ketika menulis posting ini saya sudah terlanjur memperbaiki dan menghapus file hosting yang tidak terpakai.

    2. Selanjutnya perhatikan bagian mana saja yang menyebabkan disk usage penuh, untuk kasus yang saya alami bagian yang terlalu banyak menyita ruang hosting adalah bagian public_html, tmp_, dan softcoulus_backup. Anda bisa menghapus bagian softcoulus backup karena banyak menyita ruang.
    [​IMG]

    Penyebab utama file softcoulus backup bisa membengkak adalah karena anda mengaktifkan auto backup pada setting softcoulus. Silahkan baca: Cara menonaktifkan auto backup softcoulus cpanel.

    3. Setelah semua file softcoulus backup terhapus, selanjutnya silahkan anda hapus isi dari folder tmp, dan semua isi dari folder mail, kemudian lihat kembali ke halaman utama cpanel, pasti usage disk sudah berkurang banyak dan anda bisa mengupdate plugin, versi wordpress terbaru, template, dan yang paling penting adalah anda bisa kembali ngeblog dengan tenang.

    KETERANGAN:

    Jika anda ragu untuk menghapus sendiri file sampah di cpanel, anda bisa meminta bantuan kepada pihak penyedia hosting dimana anda membeli hosting tersebut untuk menghapus file-file sampah yang tidak terpakai dan menyebabkan usage disk penuh, itu adalah cara yang paling aman dan paling mudah.

    Itulah bagaimana cara mengatasi disk usage hosting cpanel yang penuh akibat file sampah, other usage, file backup, dan error log yang dapat saya tuliskan. Selamat ngeblog dan semoga bermanfaat
     
  2. Bang Roy Han

    Bang Roy Han Member

    Joined:
    Jan 28, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    naaah ini nih, pas kebetulan kemarin di salah satu hosting milik saya kepenuhan den. berarti kebanyakan sampah ya
     
  3. Franky Sitepu

    Franky Sitepu Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    190
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Setuju sekali akan artikelnya Gan, kadang emang dalam menghapus harus hati2, saran di atas cucok sekali....:)
     
  4. Giri Soeprijanto

    Giri Soeprijanto Member

    Joined:
    Feb 15, 2016
    Messages:
    265
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Iya gan.. Minta bantuan penyedia hosting saja biar lebih aman..
     
  5. Giri Soeprijanto

    Giri Soeprijanto Member

    Joined:
    Feb 15, 2016
    Messages:
    265
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Oke gan.. Hati-hati dan jangan lupa tengok kanan kiri ya.. ;)
     
  6. girilaya

    girilaya Member

    Joined:
    Apr 28, 2017
    Messages:
    20
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    jangan lupa klw memakai auto backup . .. bisa cek dan hapus file backupnya. . . mengingat hosting cm 150mb . . sebaiknya matiin aja auto backupnya.
     
Loading...

Share This Page