Manfaat dan Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Discussion in 'Health & Medical' started by yusufarief, May 3, 2017.

  1. yusufarief

    yusufarief New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Kopi memang salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari orang-orang, mulai dari kalangan tua sampai muda, hampir semua orang menyukai kopi. Tidak aneh jika kita sering melihat para penjual kopi hampir disetiap pinggir jalan.

    Bahkan, sekarang ini mulai banyak cafe-cafe khusus menyediakan kopi, seperti Starbuck. Walaupun memang bernuansa barat, tapi cafe tersebut tetap memakai biji kopi asli Indonesia sebagai menu utama, selain dari biji kopi asing.

    Biji kopi awalnya berwarna hijau, tetapi setelah disangrai warnanya akan berubah menghitam. Inilah warna biji kopi yang biasa dikenal pada umumnya. Tapi, jika dilihat dari segi nutrisi, biji kopi hijau atau yang belum disangrai lebih banyak mengandung nutrisi.

    Namun, karena orang-orang lebih suka biji kopi yang telah disangrai karena aromanya dan bisa mengurangi rasa kantuk. Akhirnya kebayakan yang dijual adalah biji kopi yang telah disangrai.

    Biasanya kopi akan lebih nikmat jika cuaca dingin karena biasa disuguhkan dalam keadaan hangat. Tapi, sekarang sudah banyak kopi yang disuguhkan dalam keadaan dingin jika musim panas sudah tiba.

    Biasanya kopi juga menjadi teman nongkrong para muda-mudi jika sedang hang-out. Tapi, jangan salah, ngopi di rumahulin juga asik sambil mengisi waktu luang.

    Setelah mengenal kopi sedikit lebih dalam, berikut manfaat dan bahaya kopi:

    Kandungan Nutrisi Pada Kopi

    Kebanyakan orang hanya tau kandungan kopi adalah kafein yang kurang bagus untuk tubuh. Tapi, sebenarnya kopi juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut kandungan kopi yang jarang orang tahu:

    - Vitmain B2
    - Vitamin B3
    - Vitamin B5
    - Kalium
    - Magnesium

    Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

    Setiap penikmat kopi pasti mempunyai kopi favoritnya tersendiri. Bahkan tidak sedikit yang mencoba berbagai jenis kopi baru untuk mencoba kenikmatan dari jenis kopi lainnya. Semua ini kenikmatan kopi yang dicari sebenarnya berasal dari awal, yaitu ketika menanam hingga cara mengolah kopinya.

    Selain mempunyai rasa yang berbeda-beda dari setiap jenis dan daerahnya. Kopi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat kopi untuk kesehatan tubuh :

    1. Kopi Bisa Mencegah Parkinson

    Parkinson adalah penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi saraf. Dengan mengonsumsi kopi sesuai aturan, Anda bisa tercegah dari penyakit ini.

    2. Kopi Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Demensia dan Alzheimer

    Penyakit Demensia dan Alzheimer adalah penyakit yang biasa menimpa orang yang sudah berusia sekitar 65 tahun. Penyakit ini bisa menyebabkan seseorang lupa akan semua hal yang pernah dilakukannya, bahkan nama keluarganya sendiri. Penyakit ini biasa dikenal di Indonesia dengan nama Pikun.

    Walaupun penyakit ini tidak kelihatan berbahaya, namun jika sudah terkena penyakit ini, akan membuat orang disekeliling penderita kerepotan. Dengan meminum kopi secukupnya, Anda bisa mengurangi terkena dari penyakit ini.

    3. Kopi Bisa Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

    Diabetes termasuk kedalam jenis penyakit yang berbahaya karena telah memakan banyak korban. Penyakit ini bisa terjadi jika seseorang terlalu sering makan-makanan yang manis, ada juga faktor keturuanan, dan masih banyak penyebab lainnya.

    Jika Anda meminum kopi dengan benar (tidak terlalu manis), hal ini akan mencegah timbulnya penyakit ini. Karena kandungan zat asam klorogenat dalam kopi mampu membuat insulin lebih cepat dalam tubuh, sehingga penyerapan gula dalam tubuh bisa normal.

    4. Kopi Bisa Menjaga Kesehatan Mulut

    Kopi mengandung antibakteri yang baik untuk kesehatan mulut. Walaupun ada beberapa pendapat yang mengatakan jika mengonsumsi kopi bisa menimbulkan gigi kusam atau kuning. Tetapi, kopi sebenarnya bisa membuat mulut menjadi bersih dan sehat.

    Bahkan kopi juga bisa menyembuhkan infeksi gigi, plak pada gigi dan bisa juga menyembuhkan gigi berlubang. Tapi ingat, tetap konsumsi kopi dalam batas wajar dnegan cara yang benar pula.

    Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Kulit

    Selain kopi memiliki manfaat untuk kesehatan seperti yang telah disebutkan diatas. Kopi juga memiliki manfaat lainnya, yaitu untuk kecantikan. Sekarang ini sudah banyak rumah kecantikan yang memakai kopi untuk bahan kecantikan alaminya.

    1. Kopi untuk Menyegarkan Kulit Tubuh

    Kulit tubuh adalah bagian yang perlu dirawat oleh setiap orang, terutama kaum wanita. Karena kulit yang bersih membuat setiap orang lebih percaya diri.

    Kopi mengandung nutrisi yang baik untuk kulit. Sekarang ini sudah banyak perusahaan kosmetik memakai kopi untuk bahan kosmetiknya, karena kopi bisa mengangkat kulit mati sehingga kulit lebih terlihat muda.

    Beberapa body lotion juga menggunakan kopi untuk bahan utamanya, karena kopi jgua bisa merawat kulit secara teratur agar tetap sehat.

    2. Kopi untuk Merawat Kulit Kepala

    Kulit kepala biasanya mudah kotor karena terkena debu-debu yang bertebaran. Biasanya seseorang akan menjaga kulit kepalanya tetap bersih dan sehat dengan menggunakan shampoo saat mandi.

    Perusahaan shampoo memanfaatkan kopi yang memiliki kelebihan untuk mencegah kerontokan pada rambut kepala. Selain itu, kopi juga mengandung anti oksidan yang baik untuk kulit kepala.

    3. Kopi untuk Masker.

    Sudah banyak rumah kecantikan yang menggunakan kopi untuk produk kecantikannya, salah satunya adalah masker wajah. Makser wajah yang terbuat dari kopi memiliki kelebihan bisa mengencangkan kulit, mengangkat sel-sel mati, dan juga sebagai anti mikroba.

    Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

    Selain kopi memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan untuk tubuh. Kopi juga bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Aturan yang benar untuk meminum kopi adalah 2 cangkir dalam sehari.

    Jika lebih dari itu, bukan sehat yang didapat, tapi bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kopi juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Berikut efek samping kopi yang berbahaya bagi tubuh:

    - Kopi bisa meningkatkan detak jantung, jika Anda punya masalah dengan jantung sebaiknya menghindari meminum kopi.

    - Kopi bisa menjadi berbahaya jika diminum sesudah atau sebelum olahraga. Jadi, sebaiknya minum kopi hanya saat bersantai.

    - Kopi bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Karena bisa mengganggu pertumbuhan janin.

    - Bagi Anda yang memiliki asam lambung, sebaiknya tidak meminum kopi, karena bisa menimbulkan asam lambung kambuh.

    - Bagi Anda yang memiliki darah tinggi, sebaiknya tidak meminum kopi, karena bisa mengakibatkan darah tinggi kambuh.

    Tips Meminum Kopi Agar Aman

    Dalam mengonsumsi kopi juga ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti aturan yang sudah Saya sebutkna di atas. Selain itu, masih ada lagi yang perlu Anda ketahui agar bisa meminum kopi dengan aman. Seperti:

    - Sebaiknya Anda meminum kopi disaat-saat terbaik seperti dipagi hari ketika akan beraktivitas, dan sore hari setelah selesai atau sedang beraktivitas. Usahakan agar tidak meminum kopi pada malam hari karena bisa menyebabkan insomnia.

    - Dilarang mengonsumsi kopi bersamaan dengan buah durian. Karena kedua kandungan kopi dan durian jika bertemu bisa mengakibatkan dampak buruk.

    - Jangan mengonsumsi kopi dengan gula dalam jumlah banyak. Karena bisa mengakibatkan diabetes dan penyakit lainnya.

    - Sebaiknya setelah membuat kopi langsung diminum. Jangan mendiamkan kopi selama 3 jam atau lebih baru diminum, hal ini bisa membuat manfaat kopi hilang.

    - Jangan mencampur kopi dengan krimer non-susu, penambah rasa buatan dan susu tanpa lemak. Hal ini bisa membuat kopi kehilangan manfaatnya, bahkan bisa menjadikan kopi berbahaya jika dikonsumsi.

    Itulah manfaat kopi yang bisa Anda nikmati, ingat tetap konsumsi kopi dengan cara yang benar dan dalam jumlah normal. Jika Anda ingin menikmati rasa kopi lebih enak lagi, cobalah meminum kopi saat santai sambil mendengarkan musik mellow (bukan musik galau ya hehe).

    Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.
     
    Last edited: May 4, 2017
  2. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    560
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    Kalau misalnya kopinya kopi instan, apakah kandungannya sama? dan apakah lebih banyak manfaatnya atau dampaknya? Terimakasih...
     
  3. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    gimana ya udah kopi pahit dikasih gula ampe banyak :D
     
  4. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    klo kopi instan kadang terlalu manis kebanyakan gulanya
     
  5. JMKM

    JMKM New Member

    Joined:
    Apr 12, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kopi bahaya gak buat wanita?
     
  6. yusufarief

    yusufarief New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Untuk kopi instant tentu saja memiliki kandungan yang berbeda, karena sebelumnya sudah di campur dengan berbagai zat tambahan.

    Sedangkan untuk manfaat dan dampak, tentunya lebih banyak dampak negatifnya, karena sesuatu yang instant pasti kurang bagus.

    Lebih baik mba membuat kopi sendiri agar lebih aman. Tentunya dengan cara dan aturan yang baik pula seperti yang sudah disebutkan di atas.
     
  7. yusufarief

    yusufarief New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Hati-hati, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan diabetes.

    Jika memang ingin manis, sebaiknya menggunakan pemanis yang terbuat dari jagung, seperti Tropican* sl*m.
     
  8. yusufarief

    yusufarief New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sebenarnya untuk kopi instant merek terkenal, sudah di cicipi dulu oleh orang-orang yang berkompeten dibidang ini. Jadi, jika memang terlalu manis, mungkin Anda kurang suka dengan minuman manis.

    Sedangkan untuk kopi instant yang tidak memiliki merk jelas (you know lah..), mereka memang memakai pemanis buatan yang cukup berbahaya jadi rasanya terkadang terlalu manis.
     
  9. yusufarief

    yusufarief New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kopi sebenarnya aman diminum untuk semua kalangan, termasuk wanita, asal masih dalam aturan minum yang tepat.

    Tapi jika wanita hamil, dianjurkan untuk tidak meminum kopi, seperti yang sudah disebutkan di atas.
     
  10. IC Consultant

    IC Consultant Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    68
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    ini nih minuman wajib setiap pagi :D
     
  11. Journal N

    Journal N New Member

    Joined:
    May 6, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalo menurut saya ya, gimana kita ngopinya aja, ya kalo sehari 3-5 kali ya pasti terasa efeknya, Tapi klo minumnya tidak berlebihan menurut saya tidak menimbulkan efek apa-apa. Ya itu pengalaman saya aja
     
  12. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    salam kopi lovers, sruput lagi kopinya, kalo lom gemeter dan mual-mual; jangan berhenti ngopinya :D
     
  13. Timy time

    Timy time New Member

    Joined:
    May 7, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    keren deh bisa menyegarkan kulit tubuh..... tapi kalo sering konsumsi kan bisa bikin ketergantungan juga toh *dunno**dunno*
     
Loading...

Share This Page