Tips Menentukan Closet yang Tepat untuk Kamar Mandi

Discussion in 'General Lifestyle' started by Nina Anggreini, May 8, 2017.

  1. Nina Anggreini

    Nina Anggreini New Member

    Joined:
    May 8, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3


    Salah satu komponen rumah yang tak dapat disepelekan adalah kamar mandi. Di masa modern ini hampir semua rumah memiliki kamar mandi di dalam, bukan terpisah jauh dari rumah. Nah, di dalam kamar mandi sendiri ada komponen closet untuk membuang sisa-sisa kotoran, baik itu untuk buang air besar maupun untuk buang air kecil. Sementara untuk sumber air bisa menggunakan pancuran (shower), bak mandi, atau ember.

    :);)o_O
    Kategori Closet

    Closet sendiri ada beragam pilihan, secara umum kategorinya terbagi menjadi closet duduk dan closet jongkok. Masing-masing kategori memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Bagi sebagian orang modern, closet duduk lebih nyaman. Namun ternyata dari segi kesehatan, closet jongkok lebih bagus bagi organ-orangan tubuh. Tentu saja ini pun perlu disesuaikan juga dengan usia pengguna, sebagian besar lansia tentu lebih nyaman menggunakan closet duduk, karena sudah sulit untuk mengambil posisi jongkok.

    Closet Duduk

    Pada umumnya desain closet duduk lebih modern, karena biasanya sudah disertai dengan penyiram atau flusher. Jika dilihat dari segi flusher, jenis closet duduk ini pun beragam. Ada yang menggunakan flusher dua tombol untuk membedakan penyiraman saat buang air kecil atau buang air besar. Sementara yang lebih modern lagi malah akan otomatis menyiram ketika berdiri karena menggunakan sensor. Pada closet duduk juga biasanya ada tatakan untuk duduk dan penutup closet, sehingga terlihat lebih rapi dan apik.

    Tips Menghias Closet Duduk Agar Menarik

    Nah, bila Anda masih memilih closet duduk sebagai pilihan closet pada kamar mandi Anda. Maka Anda dapat membuat closet menjadi apik dengan membeli aksesori tambahan. Salah satu aksesori yang menarik adalah cover penutup bagian atas dengan motif gambar menarik sesuai selera. Misalnya motif bunga-bunga untuk yang girly atau motif superhero bagi pecinta komik. Bisa juga berupa motif brand kendaraan mewah agar closet terlihat elegan.

    Bila Anda memiliki anak, maka aksesori tambahan bisa berupa tempat duduk khusus tambahan untuk anak-anak. Aksesori ini tentunya lebih bersifat fungsional, yaitu agar anak tidak merosot saat menggunakan dudukan standar dan tentu saja membuat si mungil lebih nyaman.

    Closet Jongkok

    Banyak orang memandang remeh pada closet jongkok. Namun seiring berjalannya waktu, desain closet jongkok pun menjadi lebih modern. Kemungkinan karena banyak orang mulai sadar bahwa closet jongkok cenderung lebih sehat bagi kesehatan karena posisi jongkok lebih memudahkan kotoran keluar tanpa harus berusaha mengejan.

    Sistem penyiraman closet jongkok tradisional biasanya memang masih menggunakan ember dan gayung. Biasanya ini ditemui di kamar mandi tambahan rumahan atau di toilet umum SPBU. Namun jika melihat closet jongkok di toilet mal yang modern atau pun di bandara, closet jongkok pun sudah dilengkapi dengan flusher dan penyemprot untuk membasuh. Sehingga desain toilet pun terlihat lebih bersih dan apik. Namun biasanya tempat penampungan air untuk penyiraman tak terlihat di dalam bilik toilet tersebut.

    Perbandingan Harga Closet

    Setelah mengetahui beberapa kategori closet dan jenisnya, mari kita cari tahu harga dari closet di masing-masing kategori tersebut. Sesuai dengan desainnya yang beragam dan elegan, harga toilet duduk cenderung lebih mahal. Apalagi jika toilet duduk tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur modern seperti semprotan air otomatis dengan berbagai pilihan basuhan. Misalnya pilihan mode pembasuhan dan kehangatan air. Atau bila toilet duduk tersebut sudah memiliki fitur penyiraman otomatis. Semakin canggih closet maka harganya pun semakin mahal.

    Sebaliknya, harga closet jongkok memang cenderung lebih murah. Karena biasanya perbedaan mode terdapat pada metode penyiraman saja. Sementara untuk pembasuhan sendiri biasanya tidak otomatis, atau hanya menggunakan semprotan air. Atau bahkan ada yang tak melengkapinya dengan semprotan dan flusher, hanya mengandalkan ember dan gayung saja. Nah, kira-kira closet mana yang menjadi pilihan Anda melengkapi kamar mandi?
     
    Last edited: May 8, 2017
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    lebih nyaman yang closet jongkok, keluarnya lancar,,, hehehe
     
  3. Nina Anggreini

    Nina Anggreini New Member

    Joined:
    May 8, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Aku setuju sama kamu, lebih enak dan nyaman si. Maklum biasa di kampung pake jongkok *senang*
     
  4. tanpamoney

    tanpamoney Guest

    ane juga lebih doyan kloset jongkok aja *ketawa2*
     
  5. Rima

    Rima Guest

    Sunnah buang air besar sesuai sunnah Nabi adalah dengan jongkok dan miring ke kiri dan tangan menekan perut sebelah kiri.
     
  6. Nina Anggreini

    Nina Anggreini New Member

    Joined:
    May 8, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    aku setuju kak sama kalian
     
Loading...

Share This Page