5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Batangan di Indonesia

Discussion in 'General Lifestyle' started by Roby Ramadhan, May 5, 2017.

  1. Roby Ramadhan

    Roby Ramadhan Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    124
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Indonesia merupakan negeri yang kaya akan bahan tambang nya termasuk emas. Namun hal tersebut bukan berarti harga emas di Indonesia menjadi murah. Harga emas tetaplah mahal karena merupakan bahan tambang yang diperlukan biaya besar untuk mendapatkannya. Harga emas juga bisa mengalami kenaikan atau penurunan oleh pengaruh dari berbagai faktor baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Karenanya bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam bentuk investasi emas batangan, berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas batangan di Indonesia:
    • Jumlah emas dunia.
    Karena emas merupakan bahan tambang yang lokasinya tersebar di seluruh dunia, maka jumlah tambang emas akan sangat mempengaruhi. Jika tambang emas semakin sulit ditemukan maka harga emas akan menjadi sangat tinggi. Apalagi jika ada tambang emas yang dulunya berproduksi sudah habis atau sudah ditutup. Hal tersebut akan menimbulkan isu akan sulitnya produksi emas yang mengakibatkan harga emas naik dengan sendirinya.
    • Nilai tukar dolar US.
    Banyak harga produk sangat terkait dengan nilai tukar dolar Amerika. Hal tersebut dikarenakan dolar banyak digunakan untuk melakukan transaksi perdagangan dunia. Semakin rendah nilai tukar dolar maka harga emas bisa menjadi semakin tinggi. Karenanya bila Anda hendak berinvestasi emas maka perhatikan juga perekonomian dunia khususnya nilai tukar mata uang kita terhadap dolar. Hal tersebut akan mempengaruhi kapan saat baik untuk membeli emas dan kapan saat baik untuk menjualnya.
    • Kenaikan permintaan dari perusahaan perhiasan.
    Emas selain menjadi suatu bentuk investasi juga merupakan bahan perhiasan yang sangat diminati. Bahkan perusahaan perhiasan di dunia masih menggunakan emas sebagai bahan perhiasan terbanyak mengalahkan perak, berlian atau mutiara. Namun jika permintaan mereka akan emas menjadi terlalu banyak sedangkan persediaan emas menipis, akan membuat harga emas melambung tinggi terutama harga emas batangan yang memiliki nilai karat murni.
    • Monopoli pembelian emas oleh berbagai pihak.
    Semua pihak semakin menyadari bahwa investasi emas akan memberikan keuntungan besar dengan semakin lamanya emas disimpan. Hal ini menyebabkan mereka yang memiliki banyak uang melakukan pembelian emas batangan dalam jumlah banyak sehingga membuat emas menjadi sulit didapat dipasaran. Dengan begitu harga emas akan baik kemudian mereka akan menjualnya sedikit demi sedikit. Monopoli ini banyak dilakukan oleh bank-bank besar dunia yang memiliki banyak uang cash dari produk simpanannya.
    • Isu politik suatu negara.
    Meski tidak begitu besar pengaruhnya namun secara tidak langsung isu politik maupun keamanan suatu negara akan mempengaruhi harga emas di negara tersebut. Isu politik yang negatif akan mengakibatkan nilai tukar dolar semakin tinggi, belum lagi kepanikan masyarakat sehingga membeli emas dalam jumlah besar.

    Itulah beberapa faktor yang menyebabkan harga emas batangan mengalami kenaikan ataupun penurunan. Apabila Anda ingin melakukan investasi di bidang jual beli emas, maka Anda sebaiknya juga selalu mengupdate berita baik mengenai perkembangan dalam negeri maupun luar negeri. Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar Anda mengetahui kapan saat terbaik untuk membeli emas dan kapan saat terbaik untuk menjualnya. Selain itu membeli emas dalam kadar yang kecil namun banyak juga dirasa lebih menguntungkan sehingga Anda dapat menjualnya sedikit demi sedikit dan menyimpan sisanya untuk dijual kemudian sesuai kebutuhan. Beli dan jualan emas di tempat yang sama agar dihargai dengan lebih tinggi dibandingkan jika Anda membeli dan menjualnya ditempat yang berbeda.

    Related Thread : Fluktuatif Harga Emas Perhiasan Dipasaran
     
  2. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    walau banyak faktor yang memperngaruhi harga emas di indonesia, investasi emas juga sangat baik di jalankan mas bro, asal ingat ada jakatnya disitu :D
     
  3. Roby Ramadhan

    Roby Ramadhan Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    124
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Yups.. I agree.. Pinter2 kontrol diri aja dan harus lebih cerdas lagi..
     
Loading...

Share This Page