8 Tips Persiapan Fisik Menjelang Puasa Ramadhan

Discussion in 'Health & Medical' started by Fitria Nursalis, May 12, 2017.

  1. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dan sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim. Bulan ini adalah bulan dimana segala jenis pahala akan dilipat gandakan. Perbanyak ibadah serta menjalani puasa menjadi kewajiban umat muslim di bulan ini. Berpuasa tentu tidak akan menjadi beban bila kita jalani dengan niat sepenuh hati demi mendapatkan ridho Allah SWT. Persiapan fisik yang total dan daya tahan tubuh tentunya perlu ditingkatkan agar ibadah tidak terganggu akibat kesehatan Anda menurun.

    Segala hal yang baik selalu harus dimulai dengan persiapan yang baik pula. Sudah sejauh apa persiapan Anda menghadapi bulan penuh rahmat ini? Mari kita simak 8 tips berikut ini yang dapat membantu Anda untuk mempersiapkan fisik menjelang puasa ramadhan :

    1. Untuk Anda yang sedang dalam masa pengobatan, konsultasikan kesehatan sebaik-baiknya ke dokter atau ahli kesehatan sebelum memulai berpuasa. Ketahui apa saja efek yang ditimbulkan obat yang biasa Anda konsumsi pada tubuh Anda selama puasa, agar puasa dapat Anda jalani dengan baik.

    2. Agar tidak terjadi masalah selama berpuasa, beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan kembung perlu dikurangi, seperti: durian, nangka, atau makanan asam dan pedas yang dapat menyebabkan iritasi lambung. Anda tidak mau kan saat puasa, lambung Anda malah mengalami masalah seperti maag. Ada satu hal lagi yang perlu diwaspadai, rasa mulas dari lambung yang memproduksi lebih banyak asam selama puasa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat mengkonsumsi Obat Sakit Maag dari ekstrak teripang emas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung sebelum dan selama bulan puasa. Anda dapat mengkonsumsinya pada saat sahur, sebelum tidur, dan saat berbuka.

    3. Kurangilah mengkonsumsi cokelat dan makanan lain yang mengandung banyak gula dan tinggi kadar lemak, seperti soda, es krim, brownies, dan permen. Makanan manis akan menimbulkan sugar rush atau kenaikan kadar gula di dalam tubuh secara tiba-tiba. Kondisi seperti itu menambah tenaga secara tiba-tiba, namun setelah efeknya hilang, tubuh akan cepat lemas dan lesu.

    4. Ada pepatah mengatakan “makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang.” Mulai biasakan lambung dengan porsi yang lebih kecil sehingga sistem pencernaan Anda tidak kaget dan mulai terbiasa untuk beroperasi dengan kalori yang lebih sedikit dari biasanya saat sudah mulai berpuasa nanti.

    5. Makan buah-buahan dan sayur-sayuran secara rutin. Ini akan membantu proses dan mengurangi jumlah racun sehingga pencernaan menjadi bersih.

    6. Tingkatkan konsumsi cairan untuk membantu menjaga agar metabolisme tetap lancar dan tubuh terhidrasi dengan baik.

    7. Cobalah melakukan yoga atau berjalan santai untuk menjaga agar sistem peredaran darah tetap berjalan dengan baik selama puasa. Sesuaikan juga tingkat aktivitas sehari-hari Anda sejak sebelum masuk bulan puasa, agar tubuh tidak kaget saat mulai berpuasa.

    8. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari dan bila memungkinkan tidur siang satu jam untuk menjaga stamina agar saat menjelang sore tubuh tidak tumbang. Apalagi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, relaks sejenak tentu sangat bermanfaat.

    Tips-tips sederhana di atas hanyalah sedikit hal yang dapat membantu Anda lebih siap menghadapi bulan suci Ramadhan, terutama untuk fisik Anda. Ketika fisik telah siap untuk berpuasa, maka rohanipun akan tenang dan Andapun dapat menjalankan ibadah sebaik mungkin.
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    selamat berpuasa buat nanti yang merayakan :D
     
  3. rama10

    rama10 Member

    Joined:
    Feb 22, 2016
    Messages:
    81
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  4. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  5. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    bentarlagi Puasa, boleh tuh dicoba, terimakasih infonya sangat bermanfaat
     
  6. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Iya sis @nadia6 silakan dicoba, mudah-mudahan nanti puasanya lancar ya :)
     
Loading...

Share This Page