Tips untuk telinga berair

Discussion in 'Health & Medical' started by nadia6, May 1, 2017.

  1. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Telinga berair adalah kondisi di mana cairan keluar dari telinga Anda dan dapat juga dikatakan sebagai istilah otorrea. Terkadang telinga berair diketahui saat Anda membersihkan telinga secara alami dan tiba-tiba keluarlah cairan dari telinga. Kelihatannya sepele, namun bila terjadi terlalu sering atau setiap saat Anda membersihkan telinga ditambah adanya rasa sakit, hal ini menjadi kurang nyaman.

    Berairnya telinga seseorang juga akan membuat kemampuan pendengaran penderitanya lama-lama akan berkurang. Ketika diabaikan, akan ada kerusakan di bagian gendang telinga dan ini akan membuat aktivitas semakin terhambat saja.

    Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telinga berair, diantaranya :

    -Menghindari makanan yang dapat memroduksi atau memperbanyak lendir atau cairan. Contoh makanan-makanan yang dimaksud di sini adalah produk olahan susu (keju, yogurt, dan susu), produk hewani (daging, telur dan unggas), makanan berkandungan gluten (produk kacang gandum dan barley), makanan dan minuman yang manis-manis, makanan dan minuman berkafein, minuman beralkohol, serta buah dan sayur tertentu (kentang, kubis, jagung serta pisang).
    -Mengonsumsi makanan-makanan yang justru dapat mengurangi lendir atau cairan di telinga. Contoh makanan-makanan yang aman dan justru lebih disarankan untuk dikonsumsi adalah seperti brokoli, paprika, buah beri, sayuran hijau, peterseli, dan seledri serta labu musim dingin.
    -Tidak mengoreng telinga. Sebetulnya mengorek telinga juga merupakan kebutuhan dengan tujuan membersihkan, tapi sebaiknya tidak menggunakan bulu ayam atau lidi. Karena benda-benda tersebut dapat melukai telinga bagian dalam, telinga berair dapat menjadi lebih buruk kondisinya nanti. Bagian daun telingalah yang sebaiknya dibersihkan karena saat masuk terlalu dalam, justru dikhawatirkan mampu merusak gendang telinga.
    -Menjemur telinga di bawah sinar matahari. Mungkin agak kurang bisa terbayang di benak Anda bagaimana menjemur telinga tepat di bawah cahaya matahari. Anda tinggal mengekspos atau membuat posisi telinga berair Anda menghadap ke datangnya sinar matahari. Biarkan bagian telinga tersebut terkena sinar selama 10 menit setiap harinya yang dilakukan pagi-pagi untuk mempercepat kesembuhan.
    -Tidak menyentuh telinga terlalu sering.
    -Menghindari paparan angin dan cuaca dingin.
    -Menggunakan penutup telinga saat berenang.
    -Goyangkan kepala Anda setelah berenang untuk membuang sisa air yang kiranya masuk ke dalam.

    Selain beberaapa tips di atas sebaiknya anda juga harus melakukan penanganan yang cepat untuk mengatasi telinga berair anda agar tidak menyebabkan terjadinya penyakit berbahaya lainnya, dengan menggunakan cara herbal alami lebih aman dan nyaman mengobati telinga berair anda karena tidak menimbulkan efek samping.

    Semoga bermanfaat, Terimakasih
     
  2. rama10

    rama10 Member

    Joined:
    Feb 22, 2016
    Messages:
    81
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    wah tips nya lengkap dan sanfat bermanfaat serta mudah untuk di peraktekkan
     
Loading...

Share This Page