Bisnis Menggiurkan Dari Usaha Ikan Hias [MASUK]

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Rizki Maulida, May 4, 2017.

  1. Rizki Maulida

    Rizki Maulida New Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Budidaya ikan hias berskala kecil adalah bisnis yang menguntungkan. Setiap orang bisa memulai bisnis ini sebagai bisnis rumahan alias bisnis yang dapat dikerjakan di rumah. Budidaya ikan hias adalah proyek yang menguntungkan secara pendapatan, menguntungkan diri sendiri dan orang lain.

    Selain itu, menjaga budidaya ikan hias adalah salah satu bisnis yang sangat populer di Indonesia. Namun, kalian harus memiliki beberapa keterampilan dan pengetahuan dasar tentang pembibitan dan pemeliharaan.

    Secara umum, kalian bisa menemukan 2 kategori sesuai dengan perilaku berkembang biak. Ini adalah lapisan telur (ovipar) dan (ovo-vivipar). Hobi yang terus meningkat pada ikan hias telah menghasilkan peningkatan yang stabil dalam perdagangan ikan hias di Indonesia sekarang ini.

    Indonesia menjadi Negara pengekspor teratas ikan hias selain Singapura yang diikuti oleh Honkong, Malaysia, Thailand, Filipina, Srilanka, Taiwan, dan India. Sedangkan importir terbesar ikan hias adalah Amerika Serikat yang diikuti oleh Eropa dan Jepang.

    Pertumbuhan perdagangan ikan hias secara global sangat menguntungkan. Sebagian besar ikan hias yang sering dicari adalah seperi jenis-jenis ikan arwana, koi, cupang dan lainnya.

    Peralatan yang Diperlukan untuk Usaha Budidaya Ikan Hias

    Akuarium
    [​IMG]

    ikankoi.org

    Kaca tangki dengan ukuran bervariasi diperlukan untuk pembibitan. Kalian bisa menggunakan botol kaca kecil 250 ml untuk menjaga ikan tempur jantan. Jumlah dan ukuran tangki kaca tergantung pada perilaku pemuliaan / pemijahan spesifik dari spesies yang dipilih.

    Tangki
    [​IMG]

    alibaba.com

    Tangki bisa dari pekerjaan bata RCC atau batu bata yang memiliki dasar rata dengan pipa saluran masuk dan saluran keluar. Selain itu, Kalian bisa menggunakan tanah liat, semen, fiberglass atau tangki plastik. Namun, Kalian harus melakukan pembesaran ikan di tangki besar. Ukuran tangki bervariasi sesuai ruang, jumlah, dan jenis budidaya ikan.

    Tangki Besar
    [​IMG]

    tokopedia.com

    Sebuah tangki besar dengan ukuran yang sesuai untuk penyimpanan dan untuk memungkinkan sedimentasi air diperlukan.

    Persediaan Air
    [​IMG]

    ecogreennews.com

    Sumur adalah sumber air terbaik. Selain itu, Kalian dapat mencoba daur ulang air melalui filter bio atau mekanisme penyaringan lainnya. Sumber lain seperti sumur gali, air kota jika tersedia juga bisa digunakan. Selanjutnya, Kalian harus memiliki pompa kecil untuk mengangkat air ke tangki besar.

    Tempat Pembudidayaan yang Baik
    [​IMG]

    kaskus.com

    Tempat pembudidayaan yang baik harus dirancang sedemikian rupa sehingga tangki mendapatkan sinar matahari yang tersaring. Lembar HDPE tembus pkalianng bisa digunakan. Ini juga melindungi tangki dari puing-puing yang jatuh.

    Peralatan Aerasi
    [​IMG]

    tambakikandanudang.blogspot.co.id

    Pompa blower dengan jaringan tabung untuk aerasi adalah suatu keharusan dalam budidaya ikan hias ini. Selain itu, Kalian harus memastikan bahwa daya terus menerus melalui generator set atau UPS.

    Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Hias

    Bisnis tidak sepenuhnya menguntungkan, budidaya ikan hias dapat mengalami kerugian apabila pengelolaan yang buruk, dan serangan penyakit. Jadi sangat penting untuk menangani budidaya ini dengan baik dan hati-hati.

    Syarat dasar untuk pembiakan dan pemeliharaan ikan hias yang berhasil adalah ruang yang memadai, air yang berkualitas, dan pakan yang cukup.

    Perencanaan Bisnis yang Matang

    Terdapat beberapa faktor yang harus Kalian tentukan sebelum menulis rencana bisnis. Tentukan apakah Kalian ingin memulai perkembangbiakan, pemeliharaan atau langsung serluruh budidaya ikan hias.

    Kalian perlu melakukan perencanaan dengan baik untuk mempermudah langkah-langkah dan target dalam bisnis. Lalu pilih jenis ikannya. Dianjurkan untuk memulai dengan kecil seperti ikan cupang dan lainnya.

    Buat proyeksi keuangan. Dan tentu saja, tentukan rencana pemasaran Kalian. Tempat untuk menjual ikan. Bagaimana Kalian akan bersaing dengan penjual lain.

    Pilih Lokasi Budidaya

    Lokasi menjadi faktor penting dalam budidaya ikan hias ini. Kalian bisa mulai dari halaman rumah Kalian. Kalian juga bisa memulai bisnis dari lokasi sewa. Namun, usahakan untuk memastikan lokasi di dekat pasar. Sehingga Kalian bisa mengakses dengan mudah fasilitas pasar dan transportasi keduanya.

    Siapkan Tangki Ikan atau Kolam

    Kalian bisa memulai usaha budidaya ikan hias dengan tangka atau Kalian bisa menggunakan tangki plastik, semen atau kaca. Jika Kalian ingin menawarkan penjualan eceran dari peternakan, maka disarankan untuk menggunakan tangki kaca.

    Namun bisa juga menggunakan kolam, sediakan juga tangki kecil dan besar. Umumnya, tangki kecil digunakan untuk menumbuhkan bibit ikan. Bisa menggunakan tangki atau kolam besar untuk membesarkan ikan-ikan besar.

    Memilih Ikan

    Menurut permintaan pasar lokal pilih ikan dengan hati-hati. Namun, juga bisa memulai budidaya ikan hias ini dengan target pasar internasional. Maka pandailah mencari peluang pada permintaan pasar internasional. Namun, beberapa spesies ikan akuarium paling populer adalah ikan hias cupang, Molly, Guppy, Platy, Swordtail, Gurame Biru, Ikan Emas dan lainnya.

    Lahan untuk Budidaya Ikan

    Dalam budidaya ikan hias, kalian harus mengelola lahan secara efisien. Pada mumnya bisa menggunakan tangki semen. Tangki semen mudah dipelihara dan tahan lama. Kalian bisa memasukan satu spesies dalam satu tangki. Namun, dalam kasus spesies yang kompatibel, dua atau tiga spesies dapat menempati tangki yang sama.

    Air tanah dari sumur galian dan sumur tabung dalam adalah yang terbaik untuk pemeliharaan ikan. Ikan mencapai ukuran pasar sekitar 4 sampai 6 bulan. Kalian bisa panen delapan sampai sepuluh tanaman dalam setahun.

    Pakan Ikan

    Ikan muda diberi makan terutama dengan Infusoria, Artemia, Daphnia, larva Nyamuk Tubifex dan cacing darah. Untuk membesarkan, Kalian bisa menggunakan pakan buatan atau olahan yang diformulasikan. Namun, coba kembangkan pakan yang memiliki efek polusi rendah, murah untuk disiapkan dan mudah disimpan.

    ***

    Itulah langhkah-langkah serta peralatan dasar yang diperlukan untuk memulai bisnis ikan hias. Mulai lah mencari partner bisnis ikan hias ini untuk memperbanyak relasi dan mempermudah pengembangan usaha.

    Selamat Mencoba.

    Baca artikel unik lainnya hanya disini.
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Kurang menyukai ikan, daerah ane bnyak ikan jga den.
     
  3. desti

    desti Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    533
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    apalagi kalau ikan arwarna tuh beuh begejibun dah fulus *kagum*
     
  4. IC Consultant

    IC Consultant Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    68
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    budidaya sungguh mengenagkan
     
  5. razhack

    razhack Member

    Joined:
    Mar 8, 2015
    Messages:
    27
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    wah mantap ni...memang cukup menggiurkan bisnisnya
     
  6. Boleh tuh dicoba, karena saya suka tuh usaha ikan hias *keren3*
     
  7. oktria

    oktria New Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    ikan hias apa yang paling mudah dibudidayakan?
     
  8. Fitri Yuliani

    Fitri Yuliani New Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Wah banyak juga ya persiapan nya, tapi kayanya sebanding sih sama hasilnya, kalau beli daerah pedesaan/dekat pantai tangan pertama bisa dapat harga ikan mas / hias yg murah" dan bisa jual lebih mahal
     
  9. Yeni Angraeni

    Yeni Angraeni Member

    Joined:
    Dec 10, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Nah bagus kalau gitu, apapun usaha jika diawali dari hobi pasti enak jalaninnya, hobi yang menguntungkan...
     
  10. FLou91

    FLou91 Member

    Joined:
    Oct 26, 2017
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Usaha ikan hias cukup menguntungkan loh, di samping hobi ya. Asal tekun aja :D
    Banyak loh ternyata peminat ikan hias di Indonesia, apalagi kalau kita peliharanya dengan hati, wuih pasti mahal dah kalau sudah besar nanti hahaha bisa 1 - 3 jutaan.
    Modalnya juga kecil kok, gak gede-gede amat hahaha
     
  11. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    485
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    bisnis usaha ikan hias sebenarnya rada susah mencari pembeli potensial. Kalau dapat pembeli pasar maka harganya juga lumayan anjlok
     
Loading...

Share This Page