Ramuan Tradisional Mengatasi Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by nadia6, May 29, 2017.

  1. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Cukup banyak masyarakat Indonesia yang mencari obat asam urat dengan bahan kimia di pasaran. Padahal ada cara lain yang bisa digunakan secara alami untuk mempercepat penyembuhan asam urat ini.

    Sebenarnya untuk menyembuhkan asam urat ini ada beberapa ramuan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain menggunakan bahan-bahan alam yang aman, meracik ramuan penyembuh asam urat sendiri tentu akan meminimalisir risiko efek samping karena pemakaian obat kimia.

    Bahan-bahan alami yang digunakan untuk obat asam urat ini juga bisa dikatakan terjangkau dan sangat mudah didapatkan dari toko-toko atau warung terdekat.
    Berikut ini adalah beberapa racikan sederhana obat penyembuh penyakit asam urat yang mudah dibuat.

    1). Tanaman Kumis kucing

    Tanaman dengan nama latin Orthosiphon aristatus ini memang telah diketahui banyak sekali memiliki manfaat untuk kesehatan manusia, salah satunya adalah sebagai tanaman obat untuk penyakit asam urat. ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama di petik 4 sampai 5 helai daun tanaman kumis kucing serta 5 helai tanaman meniran. Setelah itu, daun yang telah dipetik tersebut direbus dalam air bersih sebanyak 2 gelas sampai dengan mendidih. Biarkan rebusan mendidih sampai dengan hanya menyisakan 1 gelas sisa air rebusan. Yang terakhir, air rebusan tersebut bisa diminum selama 3 kali dalam sehari agar proses penyembuhan bisa maksimal.

    2). Rebusan Daun Salam

    Daun salam ternyata selain dikenal sebagai bahan masakan juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan penyakit asam urat. Daun salam sangat baik untuk pembuatan obat asam urat karena kandungan zat alami yang dimilikinya yaitu flavonoid, polifenol, tanin, minyak asiri dan lain sebagainya. Jadi, bukan hanya bisa digunakan untuk obat asam urat saja melainkan bisa juga digunakan untuk obat herbal kolesterol tinggi, kencing manis, diare dan maag.

    Untuk mendapatkan ramuan herbal untuk obat asam urat ada dua racikan yang bisa digunakan. Racikan ramuan herbal yang pertama adalah dengan merebus 10 lembar daun salam dengan daun dewa sebanyak 25 gram dan batang sereh pada 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas sisa air rebusan. Air inilah yang kemudian diminum untuk obat herbal asam urat. Racikan yang kedua adalah dengan merebus 10 sampai dengan 15 lembar daun salam menggunakan 2 gelas air hingga air rebusan menyusut sampai 1 gelas.

    3). Rebusan Jahe

    Jahe selain bisa dibuat untuk minuman menghangatkan juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan asam urat. Untuk membuat obat asam urat alami ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Namun, tidak perlu khawatir karena hal yang perlu dilakukan tidaklah sulit. Cukup merebus bahan utama jahe sebanyak 15 gram dengan bahan alami lainnya seperti 5 buah kapulaga, 5 gram bengle, satu buah kayu manis, 10 butir lada, 5 butir cengkeh dan 5 gram biji pala pada 2 gelas air sampai dengan mendidih. Setelah semua air dan bahan mendidih dan tercampur dengan baik, tunggu beberapa saat agar ramuan lebih hangat dan bisa diminum.


    4). Daun dan buah pare

    Meskipun buah pare memiliki rasa yang sangat pahit, namun khasiatnya untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu lagi dipertanyakan. Tanaman pahit ini memiliki banyak kandungan zat yang sangat baik untuk tubuh di antaranya adalah polipeptida, asam folat, alkaloid, glikosida, elasterol, hydroxytryptamine serta beberapa vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu vitamin A, B1, B12, C, serta vitamin E. Buah pare mengandung mineral seperti: zing, zat besi, mangan, fosfor, tembaga. Selain itu, pare juga mengandung senyawa seperti pantothenic acid, lutein, likopen, dan serat. Kandungan tersebutlah yang membuat buah tanaman pare ini sangat baik digunakan untuk obat asam urat.
    Sebenarnya, tanpa di racik pun memakan buah pare dalam sebuah masakan rumah biasa juga bisa membantu tubuh dalam proses penyembuhan penyakit asam urat.

    Itulah beberapa Ramuan Tradisional yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi dan mengobati asam urat, Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan semga lekas sembuh.. Amiiiin..
     
  2. azzam

    azzam New Member

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mba kalao obat - obatan ramuan yang sudah jadi gimana seperti soman platimun ? soalnya sekarang banyak yang menjual obat - obatan yang berbasis herbal namun sudah di olah sedemikian rupa, ya salah satu contohnya jual soman platinum itu ? heheh :D
     
    Last edited by a moderator: May 29, 2017
  3. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
  4. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    459
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    maksih infonya,, kebetulan lg nyari :D
     
  5. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Sama sama :) Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ;)
     
  6. Salmander24

    Salmander24 Member

    Joined:
    Nov 11, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Katanya tanaman sidaguri juga bermanfaat untuk asam urat
     
  7. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    oh gt ya baru tau, Terimakasih tambahannya
     
Loading...

Share This Page