Tips Cerdas Dalam Memilih Septic Tank Bio

Discussion in 'General Lifestyle' started by samuel, Jun 13, 2017.

Tags:
  1. samuel

    samuel Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    478
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Septic tank merupakan suatu wadah untuk menampung kotoran yang biasanya terletak di bawah tanah. Cairan yang berasal dari urin ataupun tinja akan dialirkan menuju bidang resapan, sedangkan ampasnya akan ditampung dalam tangki. Salah satu aspek yang penting dalam menunjang kesehatan adalah sanitasi yang yang baik. Apabila sanitasi dalam rumah Anda tidak baik, maka berbagai serangga seperti lalat bisa berdatangan ke rumah Anda. Dengan tersedianya sanitasi yang memenuhi standar, maka Anda pun bisa mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti disentri, tifus, dan kolera. Penyakit tersebut biasanya dapat tersebar melalui kotoran manusia.

    Jenis – jenis Septic Tank yang umum :

    Tipe Konvensional
    [​IMG] [​IMG]

    Septic tank tipe ini sudah digunakan sejak lama dan sampai saat ini juga masih ada yang menggunakannya. Untuk tipe konvensional, tangki biasanya dibuat dengan cara cor beton sehingga baru bisa digunakan ketikan cor tersebut sudah kering. Kualitas filtrasi atau kemampuan menyaring untuk tipe konvensional kurang bagus sehingga ada kemungkinan merembes ke dalam tanah sehingga air tanah menjadi tercemar. Inilah yang bisa menyebabkan bau pada air sumur, terutama jika tangki yang dibangun jaraknya tidak terlalu jauh dengan sumur. Untuk mencegah pencemaran pada air tanah, tangki penampung kotoran biasanya dibangun dengan jarak minimal 10 meter dari air sumur. Cara kerja tangki penampungan kotoran tipe konvensional:

    • Air limbah dan kotoran akan masuk dan ditampung dalam tangki hingga mencapai dasar tangki atau dibiarkan dalam keadaan mengendap.
    • Kotoran yang mengendap tersebut secara perlahan akan meresap ke tanah
    • Resapan dari kotoran tersebut akan bercampur dengan air tanah sehingga air tanah pun menjadi tercemar.
    Tipe Biological
    [​IMG]

    Septic tank tipe biological atau biasa di sebut Septic Tank Bio merupakan septic tank yang ramah terhadap lingkungan sekitar dan bisa menjadi solusi tepat dalam menghindari terjadinya pencemaran pada air tanah. Apabila dibandingkan dengan tipe konvensional, tipe biological ini memiliki kemampuan filtrasi yang lebih baik. Hasil filtrasi yang baik ini disebabkan oleh penggunaan bio filtrasi serta mikroba bakteri pengurai. Selain lebih baik dari segi penyaringan, proses pemasangannya pun juga lebih mudah karena tidak harus melakukan proses cor dan menunggunya hingga kering. Prinsip kerja yang terjadi dalam tipe biological ini adalah sebagai berikut:

    • Kotoran yang sudah masuk ke dalam tangki akan dihancurkan oleh bioball yang berbentuk bola-bola kecil dan juga biofilter honeycom
    • Kotoran yang berbentuk padat tersebut berubah bentuk menjadi cairan
    • Bakteri pengurai akan menguraikan cairan sehingga cairan tersebut jernih dan tidak bau
    • Cairan yang berasal dari penguraian tersebut aman dibuang sehingga tidak mencemari air tanah
    Tips Memilih Septic Tank Bio
    Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih produk tangki septik:

    1. Praktis pemasangannya
    Pastikan Anda memilih tangki yang mudah pemasangannya. Selain pemasangannya yang praktis, pilih juga ukuran yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Misalnya Anda memiliki keluarga yang banyak dalam satu rumah, maka Anda pun memerlukan tangki dengan ukuran yang besar.

    2. Hemat lahan
    Saat ini lahan semakin terbatas, maka pilihlah tangki yang model dan ukurannya tidak banyak makan lahan di tempat tinggal Anda.

    3. Ramah lingkungan
    Salah satu fungsi dari tangki penampungan adalah menampung kotoran sehingga tidak mencemari lingkungan. Pilih tipe tangki dengan kualitas penyaringan yang baik. Perhatikan juga bahan yang dipakai untuk pembuatannya, pilihlah yang menggunakan bahan yang aman dan tidak mencemari tanah. Tangki penampungan yang bagus biasanya terbuat dari serat fiber kualitas tinggi sehingga tidak cepat rusak. Untuk rumah bakteri, pilihlah yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) atau High Density Polyethylene (HDPE).

    4. Memiliki sistem disinfectan
    Disinfectan yang biasanya berbahan dasar klorin berfungsi sebagai penjernih air dalam tangki dan juga dapat menghilangkan bau sehingga tidak membahayakan lingkungan.

    5. Bergaransi
    Ketika membeli barang, Anda tentu berharap mendapatkan barang dengan kualitas yang baik. Namun, terkadang kalau sedang tidak mujur, Anda justru mendapatkan barang dengan kualitas yang kurang bagus. Oleh karena itu, pilihlah tangki yang memiliki garansi resmi dari tokonya.

    Banyak sekali merk produk yang beredar di pasaran, namun anda sebagai pembeli harus teliti dan hati-hati memilihnya, karena septic tank merupakan salah satu investasi yang dapat anda gunakan bertahun-tahun. Jadi jangan asal memilih produk karena dapat membuat masalah dikemudian hari, pilihlah produk yang benar-benar teruji kualitasnya serta cek perusahaan tersebut apakah benar-benar bertanggung jawab atau hanya asal buat produk saja. Anda bisa membeli produk dari PT.Surya Utama Fibertek yaitu Septic Tank BioRich atau Septic tank BioSurya karena sudah teruji kualitas serta sistem pengolahannya yang baik dan ramah lingkungan. Sebagai referensi anda bisa melihat 10+ Pilihan Septic Tank Bio.

    Article Source : http://www.septictankmodern.com/tips-cerdas-dalam-memilih-septic-tank-bio/
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Mantab inih keknya yah gak mencemari air sumur ,
    tapi apa alat itu memerlukan listrik atau akan bekerja secara otomatis dari proses tinja menjadi cair dan menguari bakteri sehingga tidak bau, atau hanya perlu menggunakan semacam obat untuk menetralisir bakteri ?
     
  3. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
  4. samuel

    samuel Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    478
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Tanpa listrik, septic tank akan bekerja otomatis dengan memanfaatkan aliran air yang disiram melalui closet. Sistem up flow
     
Loading...

Share This Page