Olahraga Lebih Efektif Mengusir Kantuk Dibandingkan Kopi?

Discussion in 'Health & Medical' started by matsomplak, Apr 10, 2014.

  1. matsomplak

    matsomplak New Member

    Joined:
    Jan 23, 2014
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Banyak dari kita minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk, khususnya di pagi hari dan sore hari. Selain menghilangkan kantuk, minum kopi juga bisa meningkatkan semangat untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, selain kopi ternyata ada satu cara yang bisa lakukan untuk mengusir rasa kantuk, yaitu berolahraga.

    Gregory Ferenstein, seorang penulis, membuktikan sendiri dengan olahraga intensitas tinggi, seperti push up, selama kurang lebih 30 detik akan mampu mengusir rasa kantuk. Efeknya bahkan 2 kali lebih baik dibandingkan dengan minum kopi. Selain lebih hemat karena tidak perlu membeli kopi, cara ini sudah pasti akan lebih sehat. Gregory mengatakan ketika ia merasa mengantuk, ia mencoba untuk mencari tempat di mana ia bisa berolahraga. Olahraga ini akan meningkatkan detak jantungnya sampai 70%. Untuknya angkanya bisa mencapai 170 kali dalam satu menit.

    Olahraga yang dipilih Gregory adalah gabungan push up dengan melompat atau yang biasa disebut dengan burpee. Ia melakukannya sebanyak 20 kali. Selain itu ia juga melakukan mountain climber, posisi seperti melakukan push up dan mengangkat kaki hingga menyentuh dada sebanyak 40 kali.

    Menurut Gregory, olahraga yang rutin ia lakukan tersebut selain mampu mengusir rasa kantuk, juga bisa meningkatkan rasa awas, sama seperti efek yang dirasakan saat mengonsumsi secangkir kopi, baik saat pagi maupun sore hari. Untuk mengetahui kebenarannya, Gregory kemudian melakukan percobaan dengan berolahraga dan menggunakan 250 mg. Dalam percobaan ini ia mengukur bagaimana dua hal tersebut berpengaruh pada ingatan dan waktu reaksi dengan menggunakan permainan sederhanan yang menggunakan otak.

    Setelah percobaan, Gregory menemukan peningkatan kemampuan kognitif sekitar 6% setelah ia mengonsumsi kafein dan setelah berolahraga kemampuan kognitifnya meningkat sampai 12%. Hasil ini membuktikan bahwa berolahraga lebih efektif ketimbang jika hanya mengonsumsi kafein. Satu keunggulan dari mengonsumsi kopi adalah mampu memberikan peningkatan memori jangka pendek, sebanyak 26 %, dan olahraga hanya meningkat sebanyak 16%.

    Selain hasil penelitian Gregory yang menyebutkan bahwa berolahraga mampu mengusir rasa kantuk, tahun lalu beberapa peneliti yang berasal dari Montreal Heart Institute juga menemukan bahwa olahraga dengan intensitas tinggi mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

    Hasil kesimpulan itu didapat dari beberapa penelitian yang di dalamnya melibatkan beberapa orang dewasa. Mereka diminta untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi selama 4 bulan. Hasil penelitian ini menemukan secara umum kemampuan kognitif, seperti mengambil keputusan dan kemampuan mengingat, mengalami peningkatan signifikan.

    sumber
     
  2. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    makasih informasinya

    makasih informasinya gan....
     
  3. zaky7

    zaky7 Member

    Joined:
    Jan 19, 2014
    Messages:
    24
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Mantap nih info, makasih gan.

    Mantap nih info, makasih gan.
     
  4. berandanews7

    berandanews7 New Member

    Joined:
    Mar 18, 2014
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Wah kalo aku lebih suka kopi

    Wah kalo aku lebih suka kopi nih tuk ngusir ngantuk
     
  5. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah baru tahu nih, ternyata

    wah baru tahu nih, ternyata ada juga yang kaya gini. tapi kalau di logis juga benar si. *merokok2*
     
  6. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    berandanews7 wrote:

    itu si sebenarnya selera ya...

    tapi kayaknya kalau mau lebih efektif ya mending Olahraga :D
     
Loading...

Share This Page