Macam-Macam Penyakit Ginjal yang Wajib Diketahui

Discussion in 'Health & Medical' started by Rini Novianti, Jul 11, 2015.

  1. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Ginjal yang kita miliki pada umumnya memiliki 1 pasang ginjal yang terletak di kanan dan kiri tulang belakang di bawah hati dan limpa, berbentuk mirip seperti kacang dan memiliki peranan yang penting bagi tubuh yakni menyaring kotoran dan membuang kotoran tersebut bersama air dalam bentuk urine.

    Untuk itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan ginjal kita, karna bila tidak dijaga akan muncul penyakit-penyakit yang dapat menyerang ginjal, sehingga ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Kotoran dalam tubuh pun tidak akan dikerluarkan dari tubuh sehingga menumpuk dan menimbulkan penyakit yang baru. Nah apa saja macam-macam penyakit pada ginjal ? Simak terus ya...

    Macam-macam Penyakit Ginjal
    [​IMG]
    • Batu Ginjal
    Penyakit ginjal yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Batu ginjal ini merupakan suatu kondisi dimana terjadinya endapan garam kalsium di dalam ginjal yang menghambat keluar nya urine, sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil.
    • Gagal Ginjal
    Gagal Ginjal terjadi karena ginjal tidak dapat berfungsi lagi dengan baik. Gagal Ginjal dapat menyebabkan penimbunan urea di dalam tubuh dan menyebabkan kematian.
    • Radang Ginjal
    Radang ginjal/nefritis dapat terjadi karena kerusakan nefron, khususnya glomerulus karena infeksi bakteri. Bakteri penyebab radang ginjal yakni streptococcus. Bakteri ini dapat menyebabkan urin yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh lalu masuk kembali ke dalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga penderitanya akan mengalami pembengkakan. Penderita radang ginjal biasanya disarankan untuk cuci darah.
    • Glukosuria
    Glukosuria adalah penyakit yang ditandai karena adanya kandungan glukos di dalam urin atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit diabetes melitus. Kadar gula ini meningkat di dalam tubuh karena ginjal tidak dapat memproduksi hormoni insulin. Hormon insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen yang biasa digunakan sebagai sumber energi.
    • Hematuria
    Hematuria adalah penyakit yang ditandai karena adanya sel darah merah di dalam urine. Penyakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada organ urinaria atau iritasi karena gesekan yang disebabkan oleh batu ginjal.
    • Albuminuria
    Albuminuria adalah kelainan ginjal yang disebabkan karena adanya luka di membran glomerulus akibat kenaikan drah, iritasi/peradangan di sel ginjal akibat bakteri, logam berat, atau zat berbahaya lainnya.
    • Radang Glomerulus
    Radang glomerulus atau nefritis glomerulus adalah peradangan yang terjadi di membran penyaringan glomerulus di dalam korpuskulum renalis. Disebabkan oleh reaksi alergi terhadap racun yang dilepaskan oleh bakteri lalu menginfeksi ke bagian tubuh lain nya khususnya pada tenggorokan.
    • Sistisis
    Sistisis merupakan penyakit yang terjadi akibat peradangan pada kantung kemih terutama bagian mukosa dan sub mukosa. Penyebabnya yaitu infeksi bakteir, zat kimia atau luka.
    • Pielenofritis
    Pielonefritis merupakan radang pada ginjal. Kondisi ini biasanya diawali dari bagian dalam ginjal yang menyebar ke seluruh bagian ginjal. Penyakit ini biasanya akan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.
    • Polisistik
    Polisistik dapat terjadi karena kerusakan ginjal yang menyebabkan munculnya kista di sepanjang saluran ginjal. Kista yang terus membesar dapat memicu terjadinya gagal ginjal.

    Lebih baik mencegah dari pada mengobati, demikian macam-macam penyakit ginjal semoga dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Cara menjaga ginjal dengan sederhana, bagaimana?
     
  3. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Ampun, baru ginjal aja udah seabrek.
    Belum yang lainnya.

    Sekalian dong infonya ama cara menjaga ginjalnya yh h h
     
  4. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    yang paling penting tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman keras, tidak mengkonsumsi obat-obatan :) pola hidup sehat juga penting yahh
     
  5. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    iya, makanya sehat itu harga mahal, jangan sampai tubuh sakit :D insyaalloh di artikel mendatang yah
     
  6. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
  7. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    173
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    kok ada ya orang mau jual ginjalnya
     
Loading...

Share This Page