5 Komponen yang Harus Ada dalam Undangan Pernikahan

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by ayahnyanadia, Oct 5, 2016.

?

Kapan nikah?.. Kapan nikah?.. Kapan nikah?.. Kapan nikah?.. Kapan nikah?.. Kapan nikah?..

  1. Au ah

    1 vote(s)
    50.0%
  2. Udah den

    1 vote(s)
    50.0%
  1. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Anda ingin membuat desain undangan pernikahan? Inilah 5 komponen yang harus ada dalam undangan pernikahan. Pernikahan adalah hal yang sangat diimpikan oleh setiap pasangan. Setiap pernikahan tentu membutuhkan berbagai persiapan, salah satunya undangan pernikahan. Undangan pernikahan biasanya dianggap remeh, sehingga cenderung dibuat dengan ala kadarnya. Pembuatan undangan yang ala kadarnya akan menciptakan undangan pernikahan yang biasa-biasa saja. Untuk membuat undangan yang unik dan menarik Anda membutuhkan waktu tambahan agar undangan Anda juga terlihat istimewa.

    Selain memikirkan desain undangan, Anda tentu juga perlu menyusun konten undangan. Nah, apa saja komponen undangan yang harus ada dalam undangan pernikahan? Berikut terdapat 5 komponen yang harus ada dalam undangan pernikahan yang wajib Anda ketahui.

    [​IMG]

    1. Pembuka

    Untuk mengawali undangan pernikahan Anda, akan lebih sopan apabila menggunakan salam pembuka. Salam pembuka dapat menggunakan salam keagamaan atau salam pada umumnya. Selain itu, pembuka undangan pernikahan boleh diganti dengan kata-kata pembuka. Misalnya dibuka dengan puisi, pantun, petikan ayat atau surat, dan kata-kata mutiara yang berkaitan dengan pernikahan. Fungsi pembuka ini menjadi pendahuluan untuk maksud utama dalam undangan. Selanjutnya, berkenaan dengan maksud atau tujuan undangan tersebut. Maksud atau tujuan undangan tersebut adalah mengundang dalam acara pernikahan Anda dan pasangan.

    2. Nama mempelai wanita dan mempelai pria

    Ini merupakan komponen yang sangat penting. Umumnya, penerima undangan akan bertanya-tanya siapa pasangan Anda. Dengan mencantumkan nama Anda dan pasangan akan memberikan informasi yang jelas. Selain nama Anda dan pasangan, umumnya juga dilengkapi dengan nama kedua orang tua masing-masing mempelai. Pada bagian sampul undangan, biasanya juga mencantumkan inisial atau nama pendek Anda dan pasangan. Inisial atau nama pendek ini ditujukan untuk membuat orang yang diundang secara singkat mengetahui siapa yang akan menikah.

    3. Waktu pelaksanaan

    Waktu pelaksanaan menjadi komponen yang penting pula yang harus ada dalam undangan pernikahan. Dengan adanya keterangan waktu yang jelas, akan memberikan informasi yang jelas untuk orang yang diundang. Waktu pelaksanaan biasanya meliputi pelaksanaan akad nikah dan pelaksanaan resepsi. Dengan adanya informasi waktu pelaksanaan yang jelas akan memudahkan orang yang diundang untuk hadir ketika akad nikah atau pelaksanaan resepsi pernikahan Anda.

    4. Tempat pelaksanaan

    Tempat pelaksanaan pernikahan yang jelas juga akan memberikan informasi yang jelas kepada orang yang diundang. Alamat yang dicantumkan hendaknya jelas agar orang yang diundang mudah untuk menemukan tempat pelaksanaan pernikahan Anda. Selain memberikan alamat yang jelas, alangkah baiknya bila melengkapi dengan peta yang mudah dibaca. Peta yang disertakan dilengkapi dengan keterangan dan petunjuk arah. Peta ini akan lebih menudahkan orang yang diundang untuk menjangkau tempat pelaksanaan pernikahan Anda dengan pasangan.

    5. Penutup

    Penutup undangan pernikahan dapat berupa salam penutup atau rangkaian kata-kata penutup yang dapat mengakhiri undangan dengan manis dan sopan. Salam penutup dapat berupa salam keagamaan atau salam pada umumnya. Penutup undangan pernikahan umumnya berupa harapan kehadiran dan doa restu dalam acara pernikahan yang akan diselenggarakan.

    Komponen-komponen kartu undangan pernikahan tersebut akan membantu Anda dalam menyiapkan undangan pernikahan Anda. Komponen kartu undangan tersebut boleh ditambah sesuai dengan kreativitas Anda. misalnya Anda dapat menambah dengan puisi, pantun, kata mutiara, petikan doa, foto berdua dengan pasangan, dan sebagainya. Kreativitas sangat dibutuhkan dalam membuat undangan pernikahan agar terlihat unik dan menarik. Kartu undangan yang unik dan menarik akan memberikan kesan pada penerima undangan.

    Lihat katalog undangan pernikahan yang bisa Anda pesan dengan desain terbaik dan harga murah: http://ayuprint.co.id/category/produk/undangan/
     
  2. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    459
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    2-3-4 sih memang wajib ada den. Kalau tidak, bikin bingung para tamu :)
     
  3. buahnaga

    buahnaga New Member

    Joined:
    Feb 12, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bahaya banget kalo ngga ada yang nomer 2... ga ada nama pengantinnya *ketawa4*
     
  4. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Ada lagi satu tambahan komponen tuan.

    No.6, denah menuju lokasi, ini selalu ada di setiap undangan yang saya terima, entah wajib atau tidak komponen ini *dunno*
     
  5. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Kalau di kampung".. menyantumkan hiburan juga tak kalah pentingnya, misal, siraman rohani atau ada pagelaran apa gitu, jadi tujuannya supaya orang yg diundang lebih tertarik
     
  6. Kecephotobooth

    Kecephotobooth Member

    Joined:
    Aug 3, 2017
    Messages:
    66
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  7. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau di adat sunda, ada lagi yg wajib, yaitu tentang Turut Mengundang atau Mengangkat Hajat, agar orang lain yg mendapat surat undang tahu asal usul keluarga pasangan pengantin
     
  8. ekselsior

    ekselsior Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Memang ya, sekarang sudah banyak sekali variasi desain kartu undangan yang sangat menarik. Dan bahkan permintaan customer juga semakin bervariasi dan untuk mencetaknya juga akan lebih mudah ke tempat yang bisa printing 24 jam supaya kalau mau cetak kartu undangan H-1 juga masih sempat :D
     
  9. satu lagi gan hiburan
     
  10. Nurdiansyah

    Nurdiansyah New Member

    Joined:
    Jan 23, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bener tuh, Biasanya ini jadi Semangat buat yg kondangan, jadi kondangan kan sekalian nonton hiburan yg menarik
     
Loading...

Share This Page