Kualitas Kayu Mahogany .... ??

Discussion in 'General Business' started by ibnuakib furniture, Jan 3, 2017.

  1. ibnuakib furniture

    ibnuakib furniture New Member

    Joined:
    Mar 23, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Kualitas Kayu Mahogany Untuk Furniture Interior

    Kayu mahogani sudah lama dipakai sebagai bahan baku utama furniture jepara selain jati. Kayu jenis ini memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan dibawah kayu jati, Namun bukan berarti kayu mahoni tidak kuat, Kayu mahoni disebut sebagai nomor 2 dalam masalah kekuatan. Kayu mahoni memiliki permukaan papan yang berwarna kemerahan dengan serat yang padat dan untuk bagian pinggir luar kayu ( sap wood ) berwarna putih abu2.

    • Kegunaan Kayu Mahogany

    Kayu mahogani untuk furniture jepara rata2 dipakai untuk pesanan furniture model klasik, karena rata2 pembeli furniture model klasik itu adalah dari eropa dan amerika. Disana kayu mahoni tergolong salah satu kayu mahal dan mewah, itulah mengapa dijepara kayu mahoni rata2 dibuat furniture model klasik. Kenapa bangsa eropa dan amerika tidak memilih jati mereka lebih mengenal kayu jati sebagai kayu yang tangguh, mereka banyak memesan kayu jati untuk furniture luar ruangan.
    • Keunggulannya Kayu Mahogany

    1. Seratnya halus dan sangat seragam. penampilan yang seperti ini sangat bagus jika difinishing dengan warna2 natural atau klasik.
    2. Penampang kayu yang sangat stabil, kayu mahoni dikenal untuk kekuatan akan penyusutan dan perubahan bentuk, tentu saja syarat utama nya adalah kekeringan bahan baku kayunya.
    3. Kandungan minyak alami kayu rendah, ini menjadikan kayu mahoni bisa di finishing cat duco tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati. Namun kekeringan kayu adalah syarat utama.

    • Kekurangannya

    1. Banyak diserang hama. Memang tidak semua, namun banyak hal ini bikin frustasi lho. solusinya, sementara ini yang paling efektif adalah direbus dengan cairan campuran obat anti hama dan air. Mati sampai anak cucu dan telur2nya hamanya.
    2. Kayu mahoni menurut kami cukup manja, di harus diperlakukan dengan baik, maksud kami menata di dalam ruangan oven harus baik, menyimpan papan2 harus baik, finishingnya juga tidak bisa main kasar2 dan hal kecil yang lain, memang bukan merupakan satu kekurangan mungkin namun menurut kami cukup merepotkan.

    • Kesimpulannya ?

    Apakah bagus kalau memakai kayu mahogany untuk mebel jepara ? tentu saja, masalah kerepotan2 hama dan lain lain biarkan jadi masalah kami. Yang pasti kayu mahogani adalah salah satu kayu berkelas didunia.
     

    Attached Files:

  2. yantigina

    yantigina New Member

    Joined:
    Oct 16, 2015
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    tidak banyak toko mebel menggunakan kayu mahogany
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Saya kira kayu mahogany itu berbeda dengan kayu mahoni
    ternyata ini satu jenis kayu tapi diberi nama berbeda begitu yah
    meman kelas sih kayu mahoni banyak yang suka
     
  4. ibnuakib furniture

    ibnuakib furniture New Member

    Joined:
    Mar 23, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    untuk kayu mahogany dan mahoni itu sama...
     
Loading...

Share This Page