Mengenal Gonore, Salah Satu Penyakit Menular Seksual yang Menyerang Kaum Muda

Discussion in 'Cooking' started by melisa, Jul 21, 2017.

  1. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Mungkin teman-teman masih asing jika mendengar penyakit gonore, lalu apa sih gonore itu? Gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menulari pria dan wanita, sehingga hal ini dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, rektum, dan tenggorokan dan penyakit ini adalah infeksi yang sangat umum terjadi terutama di kalangan anak muda di usia 15-24 tahun.

    Lalu, Bagaimanakah Gonore Bisa Menyebar?

    Seseorang bisa terkena gonore dengan melakukan hubungan seks seperti seks vagina, seks anal, atau seks oral dengan seseorang yang telah menderita gonore tanpa menggunakan kondom, bahkan pada seorang wanita hamil dengan gonore dapat menurunkan infeksi pada bayinya saat melahirkan.

    Sehingga, aika Anda aktif secara seksual, berdiskusi jujur dan terbuka dengan dokter Anda dan tanyakan apakah Anda harus menjalani tes gonore atau PMS lain.

    Jika Anda adalah pria yang aktif secara seksual dengan berganti-ganti pasangan maka Anda harus diuji untuk tes gonore setiap tahunnya, selain itu jika Anda adalah wanita yang aktif secara seksual dan berusia lebih muda dari 25 tahun atau wanita yang lebih tua dengan banyak pasangan seks maka Anda juga harus diuji untuk tes gonore setiap tahunnya.

    Gejala-Gejala Gonore Ini Perlu Anda Waspadai

    Beberapa pria yang mengalami gonore mungkin tidak memiliki gejala sama sekali, namun mungkin terdapat gejala gonore pada pria diantaranya:

    - Sensasi terbakar saat buang air kecil

    - Keluaran cairan putih, kuning, atau hijau dari Mr P

    - Anus terasa gatal dan sakit

    - Nyeri saat buang air besar

    - Testis membengkak meskipun ini kurang umum terjadi

    Selain itu kebanyakan wanita yang mengalami gonore tidak memiliki gejala apapun. Bahkan ketika seorang wanita memiliki gejala tersebut seringkali ringan dan gejala-gejala gonore
    pada wanita bisa meliputi:

    - Rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil

    - Meningkatnya keputihan

    - Perdarahan pada Miss V antar menstruasi.

    - Anus terasa gatal dan sakit

    - Nyeri buang air besar

    Sehingga ada baiknya Anda harus diperiksa oleh dokter Anda jika Anda melihat gejala-gejala ini atau jika pasangan Anda mengalami PMS atau gejala PMS, seperti sakit yang tidak biasa, air urin yang berbau busuk, rasa terbakar saat kencing, atau perdarahan di antara periode menstruasi.

    Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Menderita Gonore?

    Sebagian besar waktu, urin bisa digunakan untuk tes gonore. Namun, jika Anda aktif dalam hubungan seks oral dan seks anal, maka biasanya dokter akan mengumpulkan sampel dari tenggorokan atau rektum Anda. Dalam beberapa kasus, swab dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari uretra pria (saluran kencing) atau serviks wanita.

    Bisakah Gonore Disembuhkan?

    Ya, gonore bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, dan penting agar Anda untuk meminum semua obat yang diresepkan dokter untuk menyembuhkan infeksi Anda. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa obat dari dokter akan menghentikan infeksi akan tetapi obat ini tidak akan membatalkan kerusakan permanen yang disebabkan oleh penyakit ini.

    Jika gejala Anda berlanjut lebih dari beberapa hari setelah menerima perawatan, maka Anda harus kembali ke penyedia layanan kesehatan untuk diperiksa kembali.

    Saya Dirawat Karena Gonore, Kapan Saya Bisa Berhubungan Seks Lagi?

    Anda harus menunggu tujuh hari setelah menyelesaikan semua pengobatan sebelum berhubungan seks dan untuk menghindari terinfeksi gonore lagi atau menyebarkan gonore ke pasangan Anda maka ada baiknya Anda menghindari dari segala macam hubungan seks sampai Anda menyelesaikan setiap perawatan.

    Karena jika Anda pernah menderita gonore dan minum obat di masa lalu, Anda masih bisa terinfeksi lagi jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan orang yang menderita gonore.

    Apa yang Terjadi Jika Gonore Tidak Diobati?

    Gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan serius dan permanen baik pada pria maupun wanita.
    Pada wanita, gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID) . Beberapa komplikasi PID adalah

    - Pembentukan jaringan parut yang memblok tuba falopi

    - Mengalami kehamilan ektopik ataupun kehamilan di luar rahim

    - Mengalami masalah Infertilitas atau ketidakmampuan untuk hamil

    - Nyeri panggul dalam jangka panjang

    Pada pria, gonore dapat menyebabkan kondisi yang menyakitkan pada tabung yang menempel pada testikel. Dalam kasus yang jarang terjadi hal ini bisa menyebabkan seseorang pria kesulitan untuk menjadi ayah selain itu ada hal lain yang tak kalah menyeramkan karena gonore yang tidak diobati juga bisa menyebar ke darah atau persendian dan kondisi ini bisa mengancam nyawa.

    Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai penyakit gonore yang pada intinya penyakit ini sangat menular dan berbahaya yah teman-teman sehingga ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter Anda jika mengalami hal tersebut dan semoga saja artikel ini bermanfaat untuk Anda.
     
  2. mifkamarset

    mifkamarset Member

    Joined:
    May 18, 2017
    Messages:
    28
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
  3. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Iya gan Miris banget, ya makannya itu jangan sampe kita berhubungan seks bebas gan
     
Loading...

Share This Page