Belajar bela diri mempunyai banyak manfaat

Discussion in 'General Sports' started by Nobu Martial Arts, Aug 19, 2017.

Tags:
  1. Nobu Martial Arts

    Nobu Martial Arts New Member

    Joined:
    Aug 19, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Belajar beladiri memang mempunyai banyak manfaat. Baik bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak jenis aliran beladiri yang dapat kita temui di dalam masyarakat kita, seperti: Kung Fu, Wingchun, Muay Thai, Boxing, Brazilian Jiujitsu, Pencak Silat, dan lain-lain. Nah berikut ini adalah manfaat berlatih beladiri yang jarang kita ketahui selama ini, apa sajakah itu :
    1. Melatih Kesabaran dan Pengendalian Diri
    Banyak orang mengira bahwa orang yang berlatih beladiri cenderung arogan, tidak mau kalah dan mudah emosi. Pernyataan tersebut memang ada benarnya. Kenapa kebanyakan orang yang berlatih beladiri mudah tersulut emosi dan main pukul? Ya, jelas karena mereka merasa bahwa dirinya memiliki teknik bertarung daripada orang awam yang tidak berlatih beladiri.
    Tetapi jika kita berlatih beladiri secara BENAR, dengan niat dan tujuan awal yang baik maka beladiri dapat menjadi ilmu pengendalian diri. Mengapa beladiri justru dapat melatih sabar dan pengendalian diri ?
    yang pertama, beladiri mengajarkan bahwa saat kita bertarung agar tidak mudah terpancing emosi, belajar memancing emosi lawan tetapi jangan sampai emosi sendiri terpancing, juga belajar sabar untuk menunggu sampai pertahanan lawan benar benar terbongkar baru melancarkan serangan pamungkas. Yang kedua, karena beladiri yang benar selain mengajarkan teknik-teknik dalam bertarung, bertahan, dan melumpuhkan lawan, beladiri yang BENAR juga mengajarkan budi perkerti, filosofi dan moral. Sehingga orang yang berlatih beladiri dengan benar akan tidak mudah menjadi orang yang fanatik, berpikiran sempit dan radikal terhadap aliran beladirinya sendiri. Tetapi juga menghargai dan menghormati aliran beladiri lain. Itulah prinsip utama belajar beladiri, yaitu setiap murid HARUS memiliki rasa HORMAT dan RESPEK terhadap sesama murid, pelatih maupun aliran beladiri lain.
    Praktisi beladiri yang sudah berpengalaman akan mampu mengatur dan menguasai diri. Praktisi beladiri mampu membuat dirinya tidak terlalu percaya diri secara berlebihan dan juga tidak merasa rendah diri. Praktisi beladiri tidak akan pernah terbawa emosi karena dia mampu menguasai diri. Praktisi beladiri tahu bahwa emosi adalah awal dari pancingan untuk lepas kendali diri hingga tidak mampu menguasai diri.
    2. Dapat Melatih Menahan Pressure / Tekanan
    Seorang praktisi beladiri tidak menyerah begitu saja ketika menghadapi suatu tekanan. Seorang praktisi beladiri sudah terbiasa menahan tekanan atau serangan lawan yang bertubi tubi. Seorang praktisi beladiri mampu bertahan dan menguasai lawan ketika menerima serangan yang beringas.
    Hal ini juga disebabkan karena seorang praktisi beladiri sudah faham bahwa ketika penguasaannya belum sempurna terhadap suatu teknik beladiri, maka dia akan terus berlatih ribuan kali mengulang-ngulang teknik tersebut tanpa henti hingga sempurna. Oleh karena itulah seorang praktisi beladiri akan memahami bahwa setiap tekanan pasti ada jalan keluarnya dan bisa dilalui bila semangat pantang menyerah terus dikobarkan. Filosofi pantang menyerah yang dimiliki oleh praktisi beladiri inilah yang mampu membawa mereka secara sukses mengarungi secara gagah berani badai kehidupan yang siap menerpa.
    3. Berlatih Beladiri Secara Rutin Dapat Membuat Awet Muda.
    Berlatih beladiri secara rutin dapat meningkatkan kualitas otot dan jantung, selain itu juga dapat merefresh pikiran dari segala macam bentuk kejenuhan dan polemik permasalahan hidup. Ketika kita mendapatkan kualitas hidup yang baik dan sehat lewat berlatih beladiri maka kitapun akan terlihat lebih awet muda, segar dan bersemangat. Usia tidak dihitung dari bertambahnya tahun, tetapi lebih akurat dihitung dari keadaan fisik, pikiran, kebugaran dan daya tahan tubuh kita.
    Nah, demikianlah beberapa manfaat berlatih beladiri yang mungkin jarang kita katahui. Pesan Kami yang terakhir adalah teruslah berlatih dan tetap semangat.​

    [​IMG]
     
    Rifa Firmansyah and wali like this.
  2. Nobu Martial Arts

    Nobu Martial Arts New Member

    Joined:
    Aug 19, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    @wali : no problem gan, yang penting bermanfaat juga, yaitu bisa untuk kesehatan dan menghilangkan stress.. betul ga gan ? hehe
     
    wali likes this.
  3. Nobu Martial Arts

    Nobu Martial Arts New Member

    Joined:
    Aug 19, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    wakakakaka.. bisa aza ente gan..
     
    wali likes this.
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul banget, manfaat doble, bisa sehat bisa melindungi diri kalau kepepet
     
  5. Gak nyangka ??. Ternyata bela diri juga membuat awet muda.
     
  6. sfidn

    sfidn Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    bisa buat lawan begal gan. mantap.
     
  7. Semantas

    Semantas Member

    Joined:
    Jan 24, 2018
    Messages:
    50
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kamu sebaiknya tau gimana cara membela dirimu sendiri. Ada banyak keterampilan bela diri yang bisa dipelajari. Ada Karate, Jujitsu, Kung Fu, dll. Selain bela diri, keahlian ini bisa bantu kamu punya gaya hidup yg aktif. Coba dulu aja.
     
Loading...

Share This Page