Ternyata Robot Mudah Diretas Untuk Serang Pemiliknya

Discussion in 'Computer' started by Tirah Wawas, Aug 24, 2017.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    315
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Sebuah perusahaan keamanan siber telah membuktikan berhasil meretas robot – robot yang saat ini cukup popular. Termasuk salah satunya Pepper, robot humanoid yang dibuat oleh perusahaan asal Jepang, SoftBank.

    Walaupun penggunaan sebuah robot untuk membantu pekerjaan dirumah masih jauh dari sempurna, tetapi sebelum kita sampai di era robotik, kita harus pastikan mereka benar – benar aman.

    Seperti dilansir dari The Verge, para peneliti dari IOActive di Seatttle, memperlihatkan bagaimana robot – robot itu dapat dirubah manjadi perangkat mata – mata, mengirimkan video dan suara dari pemiliki mereka ke peretas dan bagaimana peretas dapat mengambil alih kontrol robot dari jarak jauh, sehingga dapat digunakan untuk menyakiti seseorang.

    Hal ini kita dapat saksikan pada video dibawah ini. Di dalam video tersebut diperlihatkan bagaimana Alpha 2 robot buatan UBTech Robotics asal Cina menyerang tomat dengan sebuah obeng.


    Memang robot seperti Alpha 2 tidak akan menyebabkan banyak kerusakan karena seseorang masih bisa menghindar. Namun, robot rumahan seperti ini nantinya akan berkembang kemampuannya dan seiring tumbuhnya teknologi, tentu mereka akan menjadi kuat. Disamping itu, IOActive juga telah membuktikan robot yang digunakan di industri pun tidak kebal terhadap serangan peretas.

    Sama halnya seperti Pepper, robot Alpha dan Nao (robot buatan Softbank), para peneliti berhasil meretas robot industri berbentuk tangan yang dibuat oleh Universal Robotics. Robot berbentuk tangan itu didesain untuk bekerja berdampingan dengan manusia, tapi para peneliti berhasil menghapus protokol keamanannya.

    Untuk melakukan hal tersebut, para peretas harus mendapatkan akses ke jaringan yang sama digunakan oleh robot atau mengaksesnya secara fisik. Dengan mendapatkan kontrol terhadap robot seperti itu, maka dampaknya tentu sangat besar.

    Seperti dijelaskan oleh IOActive kepada Bloomberg, robot buatan Universal Robotics sangat kuat. Jadi walau hanya dengan menggunakan kecepatan yang rendah, tenaga mereka dapat meremukkan tengkorak manusia.

    Laporan seperti ini dari sisi teknis memang tidak mengesankan atau mengejutkan. Namun, paling tidak mereka telah membuktikan bahwa keamanan tidak terlalu diperhatikan pada kebanyakan perangkat yang memiliki konektifitas.

    Tahun lalu sekelompok peretas berhasil meretas perangkat IoT, seperti kamera, lampu dan alat pengatur suhu yang dibentuk sebagai botnet dan digunakan untuk melumpuhkan koneksi internet. Kita bisa bayangkan apa yang dapat dilakukan oleh sebuah pasukan robot yang bersenjatakan obeng.

    Sumber
     
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    761
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    untung gak punya robot den :D
     
  3. Ardi Tri

    Ardi Tri Member

    Joined:
    Aug 18, 2017
    Messages:
    88
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
  4. Rip Neko

    Rip Neko Member

    Joined:
    Jun 22, 2017
    Messages:
    135
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Bhahaha kalw robotnya gk anti air tinggal siram aja gan, kejang-kejang tuh robot nantinya :D
     
  5. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Setiap perangkat yang punya alamat IP rentan diretas, seharusnya si pembuat melengkapinya dengan sistem keamanan yang canggih agar tidak mudah diretas.
     
  6. CV Berkah Tehnik

    CV Berkah Tehnik New Member

    Joined:
    Jun 5, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    untung AC robot cuma bisa nyerang pake hawa dingin*berkeringat*
     
  7. adido arg

    adido arg Member

    Joined:
    Oct 30, 2016
    Messages:
    139
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Wow... Cukup mengejutkan sich, yg lebih bahaya lagi klo jadi mata2, bayangin coba jika kita sedang melakukan sesuatu sama istri, jadi film donk hhaahaha
     
  8. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    mungkin di jaman mendatang mehkluk hidup di dominansi sama mesin robot yh,.,. kaya di film astro boy.,., ehehe
     
Loading...

Share This Page