10 Makanan Terbaik untuk Energi

Discussion in 'Health & Medical' started by Adinhar, Aug 28, 2017.

  1. Adinhar

    Adinhar Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Ketika Anda bangun dari tidur badan terasa lelah atau ketika siang hari mengantuk bahkan jika Anda tidur di siang hari tersebut akan terasa nyenyak, maka Anda harus memperhatikan pola makan yang selama ini dijalankan, kondisi tersebut bisa terjadi mungkin mungkin karena pola makan yang salah. Gizi yang kurang juga gula dapat menyebabkan terjadinya kelelahan dan akan mengganggu kadar gula dalam darah sehingga badan Anda akan terasa cepat lelah dan tidak berenergi. Para pakar nutrisi dan gizi telah menyampaikan jenis-jenis makanan yang terbaik apa saja yang dapat meningkatkan energi Anda, serta bagaimana cara yang baik dalam mengkonsumsinya.

    1. Kacang Kedelai dari Jepang (Edamame)
    Edamame hijau dan tidak terlalu tua sangat baik untuk meningkatkan energi, menurut Rene Ficek, seorang ahli diet dan nutrisi dari Seattle Sutton's Healthy Eating. Edamame mengandung protein tinggi dan serat, yang membuat Anda merasa kenyang dalam jangka waktu lama sehingga jarak antara waktu makan menjadi lebih lama.

    Cara mengkonsumsinya bisa dibuat dalam bentuk sup, direbus lalu dicampur dengan salad atau dimakan sebagai makanan ringan dengan cara dipanggang terlebih dahulu.
    [​IMG]
    Edamame (Kacang kedelai Jepang)


    2. Biji Chia (Chia Seed)
    Biji Chia merupakan jenis biji-bijian kecil berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Di Indonesia sudah bisa didapatkan dan menjadi salah satu makanan organik yang cukup favorit.

    Biji Chia mengandung protein, omega-3 dan nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan energi Anda. Menurut Sara Vance, seorang ahli gizi dan penulis di The Perfect Metabolism Plan. "Serat Chia secara unik bersifat hidrofilik, sehingga mereka menyerap banyak air dan membentuk gel." Gel ini akan membantu Anda tetap terhidrasi atau tubuh tidak akan mengalami kekurangan cairan, memberikan energi yang lama, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu biji Chia juga mengandung mineral penting, seperti kalsium.

    Cara mengkonsumsinya dengan menambahkan satu sendok makan biji chia ke dalam oatmeal atau smoothi.
    [​IMG]
    Chia seed (Biji Chia)


    3. Minyak Kelapa
    Minyak kelapa sangat bagus untuk energi karena komposisi asam lemaknya yang unik, yang terdiri dari asam lemak rantai sedang. "Asam lemak jenis ini lebih mudah diubah menjadi energi dan cenderung tidak disimpan sebagai lemak," menurut Sara Vance.

    Cobalah mencampur minyak kelapa ke dalam kopi, teh atau smoothie Anda.
    [​IMG]
    Minyak Kelapa



    4. Kacang mete
    Kacang mete adalah makanan ringan yang bisa Anda makan saat dalam perjalanan. Dalam kacang mete terkandung mineral penting, seperti tembaga dan seng, yang dibutuhkan sel Anda untuk menghasilkan energi.

    Mengkonsumnya bisa dimakan secara langsung, atau sebagai susu alternatif. Cara membuatnya rendam kacang mete mentah di malam hari, kurang lebih 12 jam atau semalaman. Di pagi hari, buang air rendaman, kemudian tambahkan air segar ke dalam blender dan haluskan sampai halus, sekitar 60-90 detik, susu kacang mete siap di konsumsi.
    [​IMG]
    Kacang Mete


    5. Hummus dan Sayuran
    Hummus merupakan kuliner khas dari Timur Tengah, berupa pure, bubur, saus cocol, atau semacam selai gurih yang dibuat dari kacang Arab giling yang dicampur tahini, minyak zaitun, sari perasan limau, garam dan bawang putih. Memadukan hummus yang kaya protein dengan sayuran kaya serat akan membuat dorongan energi seimbang, demikian yang disampaikan oleh Karah Stanley, seorang ahli diet dari Pusat Manajemen Berat Badan St Elizabeth di Florence, Kentucky. Suplemen serat dan protein memberikan rasa kenyang, sehingga Anda akan memiliki energi yang cukup di antara waktu makan.

    Buncis yang terdapat di hummus mengandung zat besi, mineral yang digunakan sel untuk menghasilkan energi, sementara vitamin C dalam sayuran meningkatkan penyerapan zat besi. Gunakan irisan paprika merah atau tomat ceri sebagai sumber vitamin C yang kaya.
    [​IMG]
    Hummus dengan Sayur Bit



    6. Roti Gandum dan Mentega Almond
    Gunakan mentega almond pada roti panggang untuk sarapan pagi atau makanan ringan untuk sumber energi. "Roti gandum utuh menyediakan karbohidrat dan serat sehat yang dapat membuat rasa kenyang sehingga memberikan energi yang baik untuk tubuh.

    Pastikan Anda memilih roti yang dibuat dengan 100 persen whole grain, terutama jika Anda membutuhkan banyak energi. Varietas yang diberi label "roti gandum" mungkin masih mengandung tepung halus, yang bisa menyebabkan gula darah meningkat. Pilih mentega almond alami yang hanya mengandung almond dan garam, karena beberapa varietas telah menambahkan gula.
    [​IMG]
    Roti Gandum


    7. Quinoa
    Quinoa adalah spesies tanaman dari genus goosefoot (Chenopodium quinoa), yaitu tanaman biji-bijian yang bijinya dapat dimakan. Tanaman ini sudah ada sejak kurang lebih 5000 tahun yang lalu. Tanaman ini adalah tanaman asli dari wilayah Andean (pegunungan Andes) di Peru, Bolivia, Ekuador, dan Kolombia. Biji-bijian ini sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu.

    Menurut Stacy Goldberg ahli gizi pendiri Savorfull, Quinoa kaya akan protein dan sejumlah besar vitamin B kompleks, sehingga dapat sebagai sumber energi alami bagi tubuh. Quinoa juga mengandung mineral penting yang membantu sel untuk menghasilkan energi dan karbohidrat sehat serta serat yang dapat menjaga tingkat gula darah tetap stabil, yang sangat berguna untuk energi sepanjang hari.

    Quinoa dapat dikombinasikan dengan makanan yang kaya vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan zat besi. Anda bisa mencoba salad bayam yang diberi stroberi, kenari, quinoa dan salmon untuk makan siang sebagai sumber energi.
    [​IMG]
    Quinoa


    8. Ikan salmon
    Ikan Salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak dan protein sehat. Ikan ini adalah salah satu sumber terbaik untuk asam lemak omega-3, sebagai pendukung kesehatan otak, dan memperbaiki perasaan Anda.

    Seperti quinoa, salmon sarat dengan vitamin dan mineral B-kompleks, juga merupakan sumber vitamin D, nutrisi yang dibutuhkan oleh “mitokondria” sebagai "pembangkit listrik" sel Anda, sehingga dapat bekerja secara efisien untuk meningkatkan energi Anda.
    [​IMG]
    Ikan Salmon Teriyaki

    9. Sayur Bit
    Bit banyak mengandung senyawa bermanfaat yang disebut nitrat, di dalam tubuh akan berubah menjadi oksida nitrat sebagai penguat energi. "Oksida nitrat memperluas dinding sel darah, sehingga dapat memberikan kesempatan untuk menyerap lebih banyak oksigen dan menghasilkan lebih banyak energi," Demikian menurut Goldberg. Karbohidrat slow-releasing yang terdapat di dalam bit juga menjaga tingkat gula darah Anda tetap stabil, dan mencegah lonjakan.

    Tambahkan bit yang dipanggang atau dibakar kemudian diparut dan tambahkan ke dalam salad bayam, atau campurkan beberapa potong bit mentah yang dikupas ke dalam smoothie atau bit panggang bisa disajikan bersama hummus dengan sayuran sebagai camilan yang dapat memberikan energi bagi tubuh Anda.
    [​IMG]
    Sayur Bit

    10. Air
    Apabila terjadi dehidrasi maka tubuh Anda akan merasa lelah dan lesu, jadi pastikan untuk mendapatkan cukup air yang penting untuk energi Anda. Mulai dengan minum 64 ons 2liter air per hari, selanjutnya usahakan untuk memenuhinya sebanyak satu ons air untuk setiap kilogram berat badan. Jika berat badan 150 pons atau kurang lebih 68 kg maka minumlah air sebanyak 2liter lebih, sedangkan untuk berat tubuh 180 pons atau sekita 81,5 kg maka dibutuhkan sekitar 82 ons atau 2,4 liter air. Anda bisa tambahkan rasa mentimun, stroberi atau lemon, ketika akan meminumnya.

    [​IMG]
    Air Minum Ditambah Lemon

    By Sylvie Tremblay, MSc
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Selain air dan roti gandum, yang lainnya sulit di cari di Indonesia.
    Yang paling gampang sih telur, atau buah pisang dan apel.
     
  3. Rafiki

    Rafiki Member

    Joined:
    Jul 22, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    roti gandum mentega almond gan, enak tuh ama susu cair
     
  4. Adinhar

    Adinhar Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Betul gan hanya beberapa jenis makanan yang disebutkan di atas mudah untuk mencarinya, kita bisa ganti dengan yang mudah dan murah seperti pisang, apel dan telur
     
  5. Adinhar

    Adinhar Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Saya juga suka apalagi anak saya, hanya mentega almond tidak semua supermarket menyediakan, harus supermarket yang besar.
     
  6. Kembar

    Kembar New Member

    Joined:
    Apr 18, 2016
    Messages:
    19
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Wah ini tipsnya suruh kita ngopi campur minyak makan.. apa rasanya ya?? :D:D
     
  7. Adinhar

    Adinhar Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Yang jelas tekstur rasanya berbeda dengan biasanya gan, tapi pencampuran ini dapat membantu membakar kalori yang terjadi di dalam tubuh. Minyak yang digunakan bukan minyak sayur yang biasanya digunakan untuk menggoreng lho tapi minyak kelapa yang dibuat dari kelapa tua, kalau di tempat saya ada yang jual mbok-mbok. Kalau saya diantara makanan di atas paling sering mengkonsumsi air putih hangat divampur jeruk lemon yang diiris kalau nggak ada jeruk peras yang agak kecut, bagus membantu metabolisme tubuh badan jadi fit.
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ada yg gak ketulis nih, Teh Panas dan air putih panas, cobain deh, bikin melek lagi dijamin, tapi untuk teh sebaiknya jangan manis, secukupnya aja
     
  9. Adinhar

    Adinhar Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Iya betul gan teh juga bagus untuk energi selain itu mengandung serat sehingga memebri rasa kenyang cukup lama apalgi kandungan anti oksidannya juga tinggi banyak jenisnya dari teh ada teh hijau, teh hitam atau teh oolong. Air putih hangat sangat bagus untuntuk membantu metabolisme tubuh apalagi dengan bertambahnya usia metabolisme tubuh juga menurun. Trimakasih informasinya gan.
     
Loading...

Share This Page