10 Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Secara Alami

Discussion in 'General Lifestyle' started by flady, Aug 10, 2017.

Tags:
  1. flady

    flady Member

    Joined:
    Oct 12, 2013
    Messages:
    50
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    10 Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Secara Alami - Nafsu makan rendah bisa menjadi masalah bagi orang-orang yang kekurangan berat badan, atau kehilangan berat badan saat mereka tidak mau. Sulit untuk menambah berat badan jika tidak lapar, makanan tidak enak, atau sulit untuk memasak makanan. Tidak peduli apa alasannya, mendapatkan nutrisi yang cukup setiap hari dapat membuat perbedaan besar dalam bagaimana tubuh anda bekerja dan bagaimana perasaan anda. Mengonsumsi cukup kalori, protein, lemak, vitamin dan mineral membantu menjaga otot tetap kuat dan sehat dan otak anda bekerja pada tingkat optimal.


    [​IMG]



    Oleh sebab itu, penting sekali untuk memliki nafsu makan yang baik. Artinya tidak berlebihan apalagi kurang. Berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan nafsu makan anda secara alami dan pastikan anda mendapatkan nutrisi yang anda butuhkan.



    10 Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Secara Alami


    1. Pilihlah Makanan yang Kaya Nutrisi



    [​IMG]





    Semakin sedikit yang anda bisa makan, semakin padat nutrisi makanan yang anda butuhkan. Ini berarti memusatkan perhatian pada protein, lemak sehat, whole grain, buah dan sayuran. Batasi kalori kosong seperti keripik, makanan panggang, minuman manis dan permen gula, karena mereka tidak memberi nutrisi apa pun kepada anda. Intinya anda boleh makan sedikit asalakan kandungan nutrisinya tetap mencukupi.


    2. Makanlah Makanan Terbesar Saat Anda Merasa Sangat Lapar



    [​IMG]





    Kelaparan saat pertama kali bangun tidur? Ini mungkin berarti sarapan adalah makanan yang lebih besar, sementara makan malam lebih kecil. Merasa lapar setelah makan siang? Buatlah makan siang menjadi makanan yang lebih besar. Artinya setiap kali anda merasa sangat kelaparan, anda bisa memakan makanan berat lalu untuk berikutnya bisa lebih ringan.



    3. Ngemil Lebih Sering



    [​IMG]





    Bila nafsu makan anda rendah, anda bisa berhenti mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Alih-alih tiga kali makan makanan porsi besar, ganti ini menjadi lima atau enam makanan porsi kecil/ngemil sepanjang hari.



    4. Batasi Minuman Saat Makan



    [​IMG]





    Hindari mengisi cairan sebelum anda selesai makan. Fokus pada makanan terlebih dahulu, kemudian minum air putih, kopi, teh, dll setelah selesai. Anda ingin memastikan untuk mendapatkan semua nutrisi dari makanan anda terlebih dahulu, sebelum meminum minuman yang kurang padat nutrisi.



    5. Jadwalkan Waktu Makan



    [​IMG]





    Jika anda tidak pernah merasa lapar, mengandalkan nafsu makan anda bukanlah isyarat terbaik untuk makan. Sebagai gantinya, rencanakan waktu makan anda agar anda ingat untuk makan. Jika anda memiliki hari yang sibuk, ada baiknya untuk memberi pengingat di kalender atau smartphone anda sehingga anda tidak melewatkan jadwal makan.



    6. Selalu Bawa Makanan Ringan Berkalori / Perprotein Tinggi



    [​IMG]





    Selalu sedia makanan ringan kemanapun anda pergi sehingga jika anda merasa lapar, anda memiliki sesuatu yang tersedia untuk dimakan. Cobalah makanan ringan berkalori tinggi dan tinggi protein seperti keripik buah dan kacang-kacangan, keripik dengan selai kacang, keju lembut (seperti choki-choki), Yogurt Yunani, keju dengan biskuit, atau yang sering kita lihat di TV seperti Fitbar.



    7. Bereksperimen dengan Makanan



    [​IMG]





    Jika selera anda telah berubah, makanan favorit anda mungkin tidak terasa enak lagi. Cobalah makanan dengan tekstur dan rasa yang berbeda. Anda mungkin menemukan makanan favorit baru. Buat makanan kreasi anda sendiri dan mungkin anda akan lebih berselera.



    8. Berolahraga untuk Meningkatkan Nafsu Makan



    [​IMG]





    Aktivitas fisik bisa membantu membuat anda merasa lapar. Bahkan berjalan-jalan di sekitar blok, dikombinasikan dengan udara segar, bisa merangsang nafsu makan anda.



    9. Makan dengan Orang Lain



    [​IMG]





    Anda pasti kenal dengan istilah “Makan gak Makan yang Penting Kumpul”. Mari memodifikasinya menjadi makan sambil berkumpul. Seringkali nafsu makan bisa meningkat saat anda sedang makan bersama orang lain. Jika anda sering makan sendirian saja, carilah lebih banyak kesempatan untuk makan bersama orang lain. Mintalah keluarga atau teman untuk makan, atau bergabunglah dengan kelompok sosial tempat orang berkumpul untuk makan. Bisa juga dengan gebetan anda sebagai sarana modus yang efektif. Bagi laki-laki yang hendak mengajak perempuan makan bersama, disrankan mentraktir. Namun, bagi kaum perempuan juga jangan terlalu berharap untuk ditraktir, sekali-kali anda harus mengeluarkan modal.



    10. Minum Kalori Anda



    [​IMG]





    Jika nampaknya lebih mudah minum daripada makan, pilihlah minuman berkalori tinggi, minuman protein tinggi untuk membantu anda memenuhi kebutuhan gizi anda. Siapkan susu, milkshake, smoothies, sup, atau suplemen nutrisi berkalori tinggi dan protein. Contoh produk yang telah mengglobal dan sudah terbukti adalah Herbalife.



    Demikian artikel tentang 10 Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Secara Alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



    Created By : Alvin Fatkurrochman
     
    Last edited by a moderator: Aug 10, 2017
  2. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Contohnya makanan apa saja kang.
     
  3. Rima

    Rima Guest

    ah kebanyakan seringnya makan makanan jalanan makanya tubuhnya gak sehat..
     
  4. vivi

    vivi New Member

    Joined:
    Jan 1, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    ada yang bilang makan pakai tangan langsung ( tanpa sendok ) menambah kenikmatan makan
     
  5. anggigi190

    anggigi190 Member

    Joined:
    Sep 1, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  6. flady

    flady Member

    Joined:
    Oct 12, 2013
    Messages:
    50
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Makanan sayur n buah2an kang

    Sent from my X9009 using Tapatalk
     
  7. flady

    flady Member

    Joined:
    Oct 12, 2013
    Messages:
    50
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Makanannya sama temen den jangan sendirian hhhh

    Sent from my X9009 using Tapatalk
     
Loading...

Share This Page