Ini Keunggulan Genset Diesel Dibandingkan Dengan Bensin

Discussion in 'General Discussion' started by davidrahman, Aug 30, 2017.

  1. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Keunggulan Genset Diesel Dibandingkan Dengan Bensin - Generator set atau sering kita sebut genset adalah sebuah alat yang dapat merubah energi mekanik menjadi energi listrik yang diperoleh dari mesin penggerak seperti turbin, mesin diesel, dan lain-lain. Prinsip kerja alat ini adalah merupakan sebuah mesin pembakaran baik dengan bahan bakar diesel atau bensin yang kemudian mengubah energi bahan bakar tersebut menjadi energi mekanik dan berikutnya oleh komponen generator dikonversi sehingga daya listrik dapat diproduksi.

    [​IMG]

    Ada dua tipe generator pada genset yaitu generator AC dan generator DC. Generator AC berfungsi memproduksi listrik bolak-balik, sementara generator DC berfungsi menghasilkan arus listrik searah.

    Kelebihan genset diesel

    Ada dua jenis genset di pasaran yang dibedakan dari bahan bakarnya yaitu yang menggunakan bensin dan yang menggunakan diesel. Ada beberapa keuntungan bila Anda memilih produk genset diesel tetapi sebelumnya perlu diketahui dulu apa fungsi genset.

    Secara umum alat ini digunakan untuk menghasilkan daya listrik cadangan misalnya saat daya listrik dari industry pembangkit listrik padam atau pada kondisi dimana sebuah daerah tak mempunyai pasokan listrik. Genset juga dibutuhkan saat diperlukan daya listrik tambahan.

    Genset dibutuhkan masyarakat saat terjadi pemadaman listrik dalam jangka waktu yang lama atau tempat-tempat seperti rumah sakit, bandara, pabrik-pabrik, dan lain-lain. Berhentinya produksi pada suatu pabrik karena tak ada pasokan listrik bisa berakibat kerugian bagi pengusaha karena jumlah produk yang ditargetkan tak bisa dicapai.

    Bila terjadi terus-menerus tentu bisa mengurangi penghasilan. Jadi, genset sangat berguna untuk menjamin aktivitas masih bisa berjalan sebagai penyuplai arus pada system kelistrikan. Karena kegunaanya yang terbilang penting, jadi tidak heran bila semakin banyak yang jual genset dengan berbagai merek dan berbagai kapasitas.

    Pada pembangkitan listrik generator terjadi prinsip induksi yaitu terjadi perpotongan medan magnet dengan penghantar sehingga gaya gerak listrik dapat diproduksi. Genset diesel menghasilkan tenaga listrik dengan menggunakan mesin diesel serta alternator.

    Dibutuhkan bahan bakar solar untuk mengoperasikan mesin ini. Kekuatan mesin dalam satuan RPM kemudian dikonversikan oleh alternator menjadi arus listrik yang kemudian disalurkan ke bangunan yang terkoneksi ke jaringan. Genset diesel juga berfungsi sebagai UPS atau Uninterruptible power supply sehingga saat jaringan listrik mengalami outage, generator dimungkinkan untuk memberikan redundansi daya pada saat kritis.

    Dibandingkan bensin harga minyak solar memang lebih tinggi tetapi solar mempunyai tingkat kepadatan energy yang lebih tinggi. Ini artinya energi yang dihasilkan oleh solar akan lebih banyak daripada bensin walaupun pada volume yang sama.

    Inilah sebabnya kendaraan yang menggunakan bahan bakar diesel bisa menempuh jarak yang lebih jauh bila dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar bensin. Diesel memang merupakan alternatif yang paling cocok sebagai sumber bahan bakar peralatan berat juga transportasi. Inilah beberapa keunggulan genset diesel sebagai referensi Anda.

    • Mesin diesel awet dan berusia panjang sehingga lebih dapat diandalkan dibandingkan mesin bensin. Ini karena mesin bensin lebih cepat panas bila dibandingkan mesin diesel.
    • Biaya perawatan lebih mudah dan sederhana karena tak ada busi serta kabel sehingga tak menimbulkan percikan api saat dioperasikan.
    • Biaya yang digunakan untuk memperoleh listrik per kilowatt memang lebih minim dibandingkan bensin yaitu sekitar 30% hingga 50% lebih rendah. Dengan demikian biaya produksi pada pabrik-pabrik bisa lebih hemat.

    Dahulu memang mesin diesel, termasuk genset diesel mempunyai beberapa kelemahan seperti lebih bising saat dioperasikan, biaya perawatan yang mahal, dan lain-lain. Tetapi kondisi demikian tak terjadi lagi pada mesin diesel modern sehingga Anda tak perlu khawatir. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya gedung perkantoran yang menggunakan genset kantor ketika listrik dipadamkan dari PLN.
     
  2. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Dengan diesel bahan bakarnya solar biasanya harganya lebih hemat daripada bensin
     
  3. Susilo

    Susilo New Member

    Joined:
    Sep 21, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Betul, sama-sama 1 liter bensin dan solar, energi yang dihasilkan lebih banyak solar. Dan lagi saat ini, premium sudah hilang dari peredaran, otomatis dari sisi harga bahan bakar lebih murah mesin diesel
     
Loading...

Share This Page