Tips Jitu Berjualan Online (TERBUKTI)

Discussion in 'Online Business' started by imamfahmi, Apr 7, 2016.

  1. imamfahmi

    imamfahmi New Member

    Joined:
    Jan 6, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    pagi agan dan sista di forum bersosial ini, saya akan posting artikel tentang tips cara berjualan online yang saya terapkan dan alhamdulillah terbukti dan berhasil. Mungkin bagi agan dan sista bisa dicoba juga.

    Tips jualan online
    Maraknya dan mudahnya penggunaan internet di kalangan masyarakat secara tidak langsung merubah gaya hidup dan pola pikir penggunanya. Kemudahan mengakses internet berarti kita dapat dengan mudah medapatkan informasi dari manapun dan apapun, termasuk cara dan gaya seseorang dalam membeli atau menjual barang-barangnya.

    Maraknya bisnis online yang berbasis internet mampu memberikan peluang dan kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk memasarkan barang daganganny dan mempermudah orang lain untuk membeli barang yang diinginkannya. Peluang usaha ini dapat dijadikan alternatif untuk memberikan tambahan bahkan sampai menjadi lahan bisnis utama kita asal menggunakan cara-cara yang tepat.

    Beberapa tips berjualan online yang bisa menjadi faktor keberhasilan toko online kita:


    1. Hindari sistem pembayaran yang menyusahkan
    Tujuan utama dari belanja online adalah menginginkan kemudahan dalam berbelanja tanpa perlu harus keluar rumah mendatangi toko untuk berbelanja yang cukup menyita waktu dan tenaga. Psikologis pembeli online adalah mereka mengingikan proses belanja yang mudah, cepat dan terpercaya tanpa ribet dengan berbagai macam syarat. Ribet dalam artian harus klik sana sini dalam proses pembeliannya.
    Beberapa contoh sistem yang bikin ribet di toko online adalah penggunaan sistem "add to cart" atau took online yang harus mendaftarkan email dahulu bahkan ada juga yang mengharuskan memasukkan nomor kartu kredit terlebih dahulu. Aduhhh...ribet banget ya padahal tujuan belanja online adalah ingin kemudahan berbelanja.
    Mudahkan sistem pembelanjaan sukup dengan mencantumkan nomor handphone dengan fasilitas sms,whatsapp, BBM ataupun fasilitas komunikasi lain yang sifatnya quick respons dari kita, apalagi jika kita bersedia menerima telepon langsung. Sebagian besar calon pembeli online akan lebih senang bila mereka bisa langsung berkomunikasi dengan pembeli semata-mata hanya untuk membuat mereka yakin.

    2. Gunakan Foto produk yag berkualitas tinggi

    Faktor pendukung yang penting dalam toko online adalah adanya foto produk yang berfungsi untuk mempermudah pembeli melihat produk secara detail karena foto produk merupakan satu-satunya interaksi visual antara calon pembeli dengan barang yang akan dibeli. Jadi pasanglah foto yang berkualitas bagus dengan memajang foto dari berbagai sisi produk. Hal ini untuk menghindari kekecewaan pembeli karena barang yang dibelinya tidak sesuai dengan foto produk yang dipajang.

    3. quick respons
    pelayanan yang cepat tanggap merupakan tips yang lainnya, calon pembeli merasa dihargai ketika pertanyaan mengenai produk yang akan dibelinya mendapatkan jawaban yang cepat. Jangan biarkan calon pembeli kelamaan menunggu jawaban sms, whatsapp, BBM maupun chat yang lainnya, jika hal ini terjadi akan mengurangi minat pembeli bahkan hilang minatnya hanya karena respon anda yang lama.

    4. Jalin kemitraan
    Jika sudah memiliki produk yang akan dijual, buatlah jaringan seluas-luasnya untuk mencari agen atau reseller yang akan membantu penjualan produk kita. Tawarkan diskon yang menarik kepada calon reseller kita dan langkah selanjutnya jalinlah hubungan yang baik dengan reseller kita.

    5. Kuasai Internet marketing
    Karena toko online menggunakan internet maka kita harus memiliki pengetahuan mengenai internet dan internet marketing. Internet marketing adalah cara untuk memperkenalkan bisnis kita kepada para pengguna internet di seluruh dunia. Penggunaan internet marketing dalam dunia online sangat penting karena internet marketing akan mendatangkan para pengunjung internet ke toko kita, semkain banyak pengunjung ke toko online kita maka kesempatan terjadinya penjualan akan semakin tinggi. Karena toko online yang bagus tapi sepi pengunjung seperti kita memiliki sebuah minimarket tetapi letaknya di tengah-tengah kuburan, ga bakalan ada orang yang datang atau membeli. Internet marketing yang biasa digunakan oleh toko online adalah SEO (search Engine Optimization), SEO adalah cara menampilkan toko online kita di halam pertama google untuk meningkatkan datangnya pengunjung dan pembeli.

    Itulah lima tips yang saya bagikan....semoga bermanfaat
     
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    761
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    kalau jualan online ane lebih suka pakai fanspage den, ketimbang web..
    saat jualan online itu yang dicari adalah closing-nya, tinggal kita iklanin..kasih copywriting yang susah ditolak..laku dah :D
    mungkin web cuma sebagai katalog produk saja
     
  3. putra bungsu

    putra bungsu Member

    Joined:
    Feb 21, 2016
    Messages:
    353
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    ikut belajar den siapatau saya berminat untuk bisnis online
     
  4. AmriMF

    AmriMF Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    425
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalo masalah proses pembelian saya pakai 22nya.
    Pakai shopping cart gak masalah justru terlihat profesional, sedangkan yang belum terbiasa diberi opsi untuk beli manual via BBM/fanspage.
     
  5. sukmadinata

    sukmadinata Member

    Joined:
    Apr 4, 2016
    Messages:
    62
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    pelayanan yang cepat tanggap dan juga ramah itu selalu ane tekanin dalam bisnis online, soalnya bagi ane konsumen itu adalah raja yang harus diberikan pelayanan sebaik - baiknya. apalagi kalo kita adalah pemula dalam bisnis online , jangan pernah mengecewakan konsumen dengan pelayanan yang lambat dan juga jutek sama konsumen, karena sekalinya kita melayani konsumen dengan buruk, akan berakibat cukup fatal buat bisnis online yang kita jalankan, yaitu hilangnya kepercayaan konsumen kepada kita
     
  6. JejakKita

    JejakKita Member

    Joined:
    Apr 25, 2016
    Messages:
    27
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    nice share , cukup bermanfaat artikel yang ente share , terimakasih
     
  7. Faura

    Faura New Member

    Joined:
    Dec 1, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terima kasih atas tipsnya bro. Semangat dan konsisten untuk menerapkan tip-tip tersebut yang harus dilakukan akan memberikan hasil, walaupun awalnya sedikit tapi seiring dengan waktu mudah-mudahan akan bertambah banyak order yang masuk. Pelayanan yang cepat, meyakinkan dan perhatian terhadap konsumen akan membuahkan order. Apalagi bila ada konsumen yang berkenan memberikan testimoni yang baik terhadap produk maupun pelayanan kita akan menambah nilai plus dan memberikan keyakinan kepada konsumen baru. Semangat dan salam sukses buat semuanya:)
     
  8. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Fanspage ini menggunakan jejaring sosial bukan yah,
    saya melihat banyak juga artis jualan lewat jejaring sosial dengan memposting produk mereka
     
  9. ahmad Fahrudin(Mcbho)

    ahmad Fahrudin(Mcbho) Member

    Joined:
    Dec 22, 2016
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    sekarang juga banyak penipuan online tugan,,,, apa lagi di bidang ane banyak sekali konsumen yang ketipu puluhan juta,,, nah tu bagaiman ya cara menghilangkan para penipu2 ini
     
  10. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Didunia online maupun diunia nyata, orang" atau sampah" penipu tidak akan pernah bisa dihilangkan, paling dicegah, dan edukasi pembeli maupun penjual juga perlu digalakan agar tidak banyak yg kena tipu
     
  11. ecallica

    ecallica Member

    Joined:
    Dec 15, 2015
    Messages:
    81
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    tips detailnya di share dong om ke kita" yang pemula ini. hehe
     
  12. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Lah justru saya sebagai pembeli add to chart malah penting tuan, kita tinggal pilih2 barang, masukin ke chart, trus langsung bayar via e-banking atau kartu kredit. Cuma butuh beberapa kali klik transaksi beres, ga perlu lagi ke atm buat transfernya.
     
  13. D2R ORIGINAL

    D2R ORIGINAL Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    yg paling mudah dengan website s.e.o .. tinggal nunggu konsumen masuk... dan nelayani
     
  14. mahadanafx

    mahadanafx New Member

    Joined:
    Oct 4, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wah bagus ya, kalo saya prefer dengan SEO
     
Loading...

Share This Page