Kualitas Yang Baik Pada Daging

Discussion in 'Science' started by Linda Nur Wakidah, Oct 3, 2017.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    164
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Kualitas Yang Baik Pada Daging – Daging merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Daging juga ada dalam empat sehat lima sempurna. Mengonsumsi daging secara wajar dapat memenuhi kebutuhan tubuh.
    [​IMG]

    Kandungan yang ada di dalam daging sapi adalah Zat besi, protein, selenium, zinc, vitamin B kompleks serta omega 3. Kandungan zat besi pada daging dapat membantu mencegah anemia, yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah oleh zat besi.

    Protein pada daging dapat membantu meningkatkan kerja otak pada anak, selain itu protein juga membantu membentuk jaringan baru pada otot. Selenium yang terkandung dapan menjadi antioksidan dan mampu meningkatkan imunitas anak.

    Zinc bermanfaat bagi system kekebalan tubuh serta meningkatkan system kekebalan tubuh. Vitamin B kompleks dapat membantu kerja otak serta meningkatkan daya ingat pada otak. Selain itu, kandungan omega 3 dapat membantu fungsi hati, system saraf pusat dan juga jantung.

    Daging yang berkualitas akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena adanya kandungan diatas, namun perlu diteliti juga dalam pemilihan daging apakah masih segar atau sudah membusuk dan mengeluarkan air serta beberapa cacing didalamnya.

    Beberapa hal berikut merupakan factor yang mempengaruhi kualitas pada daging. Diantaranya :

    • Metode pelayuan

    Pada metode ini, daging yang sudah dipotong akan digantungkan atau disimpan dengan suhu -1,50 derjat Celsius. Hal ini bertujuan agar lapisan terluar daging kering dan menghindari kontaminasi mikroba pembusuk dari luar.

    Serta bertujuan agar darah dari dalam daging dapat keluar dengan sempurna. Hal ini juga dilakukan agar daging menjadi empuk.

    • Metode pemasakan

    Pada metode pemasakan ini, daging yang memiliki jaringan ikat sekdikit sebaiknya dimasak sampai kering seperti digoreng. Cara ini dilakukan untuk daging dengan jaringan ikat yang sedikit. Berbeda dengan daging yang memiliki jaringan ikat banyak.

    • Keasaman

    Tingkat keasaman daging pada hewan hidup adalah 7,0-7,2 sedangkan jika sudah dipotong, pH akan menurun menjadi 5,6-5,7. Tingkat keasaman pada danging mempengaruhi kualitasnya, untuk mengetahui berapa keasaman daging dapat diukur menggunakan alat ukur pH daging.

    • Bahan tambahan

    Dapat ditambahkan untuk memperoeh daging yang empuk namun menggunakan bahan yang alami.

    • Penyimpanan

    Daging dapat disimpan dengan awet jika dilakukan dalam pendingin.
     
  2. Kuncen

    Kuncen Member

    Joined:
    Nov 12, 2016
    Messages:
    164
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    kalau banyak lalat yang nemplok itu baru daging asli wkwkw
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Pernah mencoba bikin bakso dengan daging korban, hasilnya berbeda dengan daging beli di pasar yang biasanya kenyal dan terasa banget dagingnya
     
  4. IrfanCahayaPasundan

    IrfanCahayaPasundan Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kualitas Daging Kurban kenapa berbeda karena rata" daging kurban usianya tua"....
     
  5. Waaw boleh tuh konsumsi daging terus, tapi lama lama habis duit ane
     
Loading...

Share This Page