Manfaat Sabun Cair

Discussion in 'Science' started by Linda Nur Wakidah, Oct 16, 2017.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    164
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Manfaat Sabun Cair – Sabun cair merupakan jenis sabun yang berbentuk cairan. Biasanya sabun cair memiliki banyak varian dan memiliki berbagai kandungan yang ada didalamnya.
    [​IMG]

    Sabun cair memiliki teksur yang cair namun tetap kental, kekentalan sabun cair juga mempengaruhi kualitas sabun yang dapat memperikan beberapa efek baik bagi penggunanya.

    Sabun cair memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sabun batang yang biasa digunakan. Beberapa keunggulannya adalah, sebagai berikut :

    · Lebih praktis untuk dibawa kemana saja. Karena sabun cair tidak memerlukan banyak wadah yang digunakan untuk menempatkan sabun. Sabun cair hanya memerlukan botol kecil saja untuk menampungnya. Selain itu, sabun cair praktis untuk digunakan.

    · Lebih banyak glycerin yang ada dalam sabun cair. Glycerin sendiri memiliki berbagai manfaat, glycerin merupakan suatu bahan yang dapat melembabkan kulit, dan memiliki wangi yang tahan lama. Hal itu dikarenakan glycerin menghasilkan liotin tubuh.

    · Saat memandikan bayi, sabun cair sangat praktis untuk digunakan. Sabun cair tidak memerlukan gosokan yang berlebihan. Karena dengan meneteskan sedikit saja pada tangan lalu mengusapkannya perlahan, busa akan banyak dihasilkan.

    · Tersedia berbagai varian yang terdapat pada sabun cair. Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

    Banyak orang yang menggunakan sabun cair untuk mandi maupun mencuci piring atau juga mencuci baju. Banyak pula produsen yang menghasilkan sabun cair dan tidak sedikit yang memiliki kualitas buruk.

    Beberapa ciri ciri berikut ini merupakan ciri dari sabun cair berkualitas :

    1. Memiliki fisik yang jernih dan tidak memiliki endapan. Karena jika ada endapan menandakan adanya campuran lain yang tidak larut air. Serta keadaan fisik yang jernih.

    2. Memiliki warna yang bagus serta tidak luntur. Warna sabun cair biasanya tidak terlalu mencolok dan tidak pula terlalu tua.

    3. Aroma pada sabun cair memiliki ciri yang tidak luntur atau tahan lama. Seperti yang telah dibahas sebelumnya.

    4. Sabun cair memiliki kekentalan yang bagus, dan tidak terlalu cair. Sabun cair biasanya akan dipalsukan, ukur kekentalan sabun dapat menggunakan viscometer.

    5. Busa yang banayak terdapat dalam sabun cair, hal ini dikarenakan kandungan surfactant dalam sabun cair.

    6. Memberi efek lembut dan lembab, serta tidak licin di tangan.

    7. Tidak menimbulkan bekas di peralatan makan.
     
    Last edited: Oct 16, 2017
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. dodolperak

    dodolperak Member

    Joined:
    Aug 25, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    yap sabun cair emang lebih praktis
     
  3. Sabun suka tuh pakai sabun cair dari pada sabun batangan
     
Loading...

Share This Page