Cara Mengatasi Sinyal Hilang Karena Kartu SIM Tidak Terbaca Di Android

Discussion in 'Android' started by aditya_gil, Jul 18, 2017.

  1. aditya_gil

    aditya_gil Member

    Joined:
    Jul 18, 2017
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Sinyal hp android sering hilang - Bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak terbaca pada hp android ? Sebagai pengguna hp android tentu anda pernah mengalami kejadian dimana tiba - tiba kartu sim tidak terbaca di android yang mengakibatkan sinyal ponsel android tersebut menjadi menghilang secara total dan hp android muncul panggilan darurat. Munculnya suatu notifikasi seperti "Insert SIM Card", "SIM Not Accepted" atau "SIM Not Valid" itu sebenarnya adalah merupakan akibat dari hp android tidak bisa mendeteksi kartu sim namun perlu untuk anda ketahui juga terkadang kartu sim tidak terbaca setelah root ponsel android tersebut. Lemahnya suatu sinyal memang sering dialami para pengguna smartphone, namun adakah cara mengatasi sinyal hp tidak stabil padahal sudah menggunakan kartu sim 3g ataupun 4g.

    [​IMG]

    Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca pada hp android maupun tablet :

    1. Tukar Kartu dan Ponsel

    • Jika hal diatas masih juga belum dapat mengatasi kartu sim tidak terbaca, bisa dengan memasukkan kartu SIM lain ke dalam ponsel.
    • Jika terbaca artinya kartu SIM anda yang rusak. Atau lakukan sebaliknya, masukkan kartu SIM anda ke HP atau Tablet lain, jika terbaca berarti konektor pada hp anda yang rusak, jika sama tidak terbaca berarti perlu ganti kartu SIM.
    • Solusinya datang ke Galeri(indosat) atau Grapari(telkomsel) sesuai provider anda dan minta kartu baru. Jangan lupa membawa KTP, akan diganti dengan kartu baru namun dengan nomor yang sama.

    2. Periksa Konektor pada Tempat Kartu SIM

    • Langkah pertama adalah mengecek konektor dengan cara membersihkan.
    • Gosok perlahan pada ujung-ujung konektor dan periksa apakah masih normal secara visual ( tidak ada yang bengkok atau aus).
    • Kemudian periksa sambil dibersihkan secara perlahan agar kotoran atau kerak yang menempel dapat hilang. Untuk membersihkan dapat menggunakan larutan minyak kayu putih yang diteteskan pada ujung cotton bud.

    3. Periksa Pada Kartu SIM

    • Biasanya pada kartu SIM yang sudah terlalu lama akan timbul titik-titik bekas konektor, kemudian lakukan pembersihan seperti cara diatas pada chip kartu SIM anda. Bersihkan pada bagian chip kartu sim karena kerak yang menempel menjadi penyebab menutup koneksi ke Ponsel. Setelah itu pasang kembali.

    Jika dari ketiga cara diatas masih saja belum berhasil ada kemungkinan sinyal hp android anda hilang berasal dari konektor antena handphone anda. Maka dari itu kami akan coba berikan sebuah cara memperkuat sinyal hp android anda agar dapat memperkuat sinyal / jaringan ponsel android anda yang hilang, berikut tutorialnya :

    Langkah pengecekan

    1. Coba periksa terlebih dahulu komponen antena dan konektor antena.

    Pastikan tidak ada yang terputus. Apalagi bila ponsel anda merupakan ponsel dengan antena dalam, berhubungan dengan PCB atau mainboard melalui dua pointer kontak yang elastis. Bila kedua pointer kontak ini mengalami kontak yang jelek, masalah yang muncul adalah tidak adanya jaringan (no network) dan penerimaan sinyal yang jelek bahkan sinyal hilang (no signal). Khususnya dengan mesin yang terbentur atau jatuh ke dalam air, kontak yang jelek dan oksidasi akan terjadi pada pointer kontak. Saklar antena adalah satu-satunya jalan untuk rnenerima dan mengirim sinyal, jika rusak atau penyolderan pin-nya rusak, akan muncul masalah tidak adanya network atau transmisi.

    2. Coba cari jaringan pada ponsel dengan metode manual.

    Jika dengan metode manual ini gagal dalam mencari jaringan, jadi kita bisa pastikan ada masalah dalam IC RF (HAGAR), gantilah IC RF (HAGAR) ini maka masalah akan selesai.
    Jika mencari jaringan dengan metode manual pada ponsel kita hanya mendapatkan 1 (satu) operator/penyedia jasa layanan selular saja, maka ada masalah dengan IC VCO, gantilah IC VCO ini maka masalah akan selesai.
    Jaringan dapat dicari dengan metode manual tetapi kadang-kadang gagal, bahkan tidak dapat terhubung juga dengan jaringan. Gejala ini disebabkan masalah IC RF (HAGAR), IC AUDIO (COBBA). Jika modul COBBA menampakkan adanya kesalahan, kemungkinan besar memang disebabkan oleh penyolderan BGA-nya dan unit-unit di sekitarnya yang buruk, atau kekurangan arus, sedangkan kebanyakan masalah HAGAR dikarenakan unit-unitnya buruk.

    3. Apabila tidak ada masalah dengan metode manual, periksalah jalur arus dari battery ke IC PA.

    Jika tidak ada masalah dengan jalur selanjutnya kita periksa apakah komponen IC PA berfungsi dengan baik. Kita bisa gunakan multitester untuk menguji IC PA, jika ternyata IC PA tidak berfungsi dengan baik, kita ganti IC PA ini maka masalah akan selesai.

    Setelah pengujian dan perbaikan pada hardware yang telah kita lakukan namun sinyal tetap tidak ada / hilang, maka kita beranjak pada softwarenya. Kita flash ponsel sesuai dengan jenis ponsel dan versi software ponsel sebelumnya ataupun dengan versi software yang lebih baru ( upgrade). Masalah sinyal yang tidak stabil / hp tidak ada sinyal terkadang bisa memusingkan kita tatkala sedang membutuhkan fungsi ponsel untuk melakukan panggilan yang terhitung penting. Sesungguhnya terdapat 2 penyebab sinyal hp tidak mau muncul, yaitu :

    1. Kualitas sinyal dari BTS operator yang lemah dan kondisi ponsel itu sendiri yang memang memiliki masalah di dalamnya.
    2. Jika pancaran sinyal BTS memang tidak memiliki masalah sama sekali maka bisa dipastikan, masalah yang terjadi disebabkan oleh ponsel.

    Pentingnya suatu sinyal pada hp android agar kita tetap bisa terkoneksi pada jaringan internet ataupun hanya digunakan untuk sms dan telpon membuat kita harus segera mengatasi masalah hp android hilang sinyal tersebut. Terlebih lagi jika smartphone android kita gunakan untuk mendukung pekerjaan kita, sebagai contoh pekerjaan kita adalah supir gojek. Semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
     
  2. Hissham Nur Hurairah

    Hissham Nur Hurairah Member

    Joined:
    Jun 27, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    thanks hu, sangat bermanfaat postingannya
     
  3. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    110
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Bener banget artikel ini sangat bermanfaat, apalagi bagi kita yg menggunakan smartphone jadul :(:(:(:(
     
  4. dudung86

    dudung86 Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Panjang banget threadnya gan, tapi bermanfaat banget :):):)
     
    Last edited: Oct 1, 2017
  5. neymar

    neymar Member

    Joined:
    Oct 9, 2017
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kebetulan sekali nih gan ane lagi terkena masalah seperti itu, terima kasih gan atas infonya
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Nah bagus nih untuk dicoba biar jangan sampai hp nya yg dibanding ya, kan kasihan hihii
     
  7. Benben

    Benben New Member

    Joined:
    Oct 2, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Mantap nii artikelnya , terima kasih gan untuk infonya . . . Kadang banyak orang yang mengalami masalah hilangnya sinyal . . . dengan postingan ini bisa menambah pengetahuan untuk diri sendiri dan bisa digunakan untuk membantu orang lain yang sedang mengalami sinyal di samrtphone nya hilang. . . .
     
  8. EuisTea

    EuisTea Member

    Joined:
    May 28, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    jaringan sering hilang....kalau di pelosok desa gan...pengen nyoba ah caranya...thankz
     
  9. Gibraners

    Gibraners Member

    Joined:
    Mar 28, 2017
    Messages:
    127
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Klo yang sering ane alami sih klo ga SIM yang pas sama dudukanya, coba restart ulang aja.
     
  10. gusgustian

    gusgustian New Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    thanks manta atas triknya, semoga aja sih kejadian SIM ga terbaca ga menimpa ane
     
    aditya_gil likes this.
Loading...

Share This Page