Sobat Blogger, Begini Caranya Agar Blog Mu Makin Berkah

Discussion in 'General Internet' started by aswar21, Oct 21, 2017.

Tags:
  1. aswar21

    aswar21 New Member

    Joined:
    Oct 20, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Bismillahirrahmaanirrahim-Salam kenal semuanya, saya baru di forum bersosial ini. Sebagai artikel perkenalan saya ingin berbagi tulisan yang saya post di blog baru sobatilmu. Artikel ini sebetulnya merupakan kelanjutan dari artikel yang pernah saya post di blog , “5 Cara Populer Dapat Uang dari Blog”. Nah agar gak melulu tentang dunia jadi muncullah artikel ini.. hehe
    Ingat ya sob blog bisa kita jadikan sebagai sarana untuk mengejar dunia dan akhirat, mengingat waktu di dunia ini singkat sekali, maka sudah selayaknya waktu yang kita gunakan untuk mengelola blog atau website kita jadikan sebagai ladang pahala.

    Oke lanjutin bacanya...

    Terinspirasi dari sebuah ceramah di youtube yang berjudul Agen Berkah oleh Ustadz Abdullah Zaen, bahwa dimanapun kita berada, kita dapat menjadi agen berkah yang menebarkan kebaikan-kebaikan. Seperti di rumah, di tempat kerja, di tempat pengajian, atau di masyarakat.

    Tanpa terkecuali kita sebagai blogger, jadikan blog kita sebagai agen berkah.

    Kita pahami dahulu, apa yang dimaksud dengan berkah

    Dalam Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti: arti ke 1 tumbuh, berkembang, atau bertambah; dan arti ke2 kebaikan yang berkesinambungan. Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “Kebaikan yang banyak dan abadi”.

    Jadi mau kah kita, menjadi orang yang dimanapun kita berada selalu menebar kebaikan untuk orang lain dan lingkungan di sekitar kita?

    Siapa sih yang tidak mau?

    Siapapun bisa menjadi agen berkah, bahkan seorang blogger sekalipun. Apalagi di era sekarang, yang sudah sekian banyak aktivitas manusia terhubung dengan internet. Sepertinya internet sudah jadi kebutuhan pokok. Benar gak?

    Baiklah sobat, sekali lagi kita bisa kok menjadi agen berkah lewat blog. Menjadikan blog yang kita miliki sebagai sumber pahala bukan sumber dosa.

    Caranya dengan mengamalkan apa yang terkandung di dalam surat Al-Ashr (Demi Masa) yaitu tentang berilmu, beramal, berdakwah, dan bersabar.

    1. Berilmu
    Setiap artikel blog yang kita tulis pasti akan dihisab di akhirat kelak, oleh karenanya artikel yang kita posting harus bisa dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat. Tulislah yang bermanfaat saja, tidak melanggar syariat islam seperti artikel hoax, ilmu hitam, penebar kebencian, dan semacamnya.

    Sebagai blogger diuntungkan sekali nih, karena ketika akan menulis artikel, kita dituntut untuk mencari ilmu atau info-info lain terlebih dahulu, sebagai referensi bahan artikel.

    Sebagai contoh ketika saya akan membuat artikel “tentang siwak” sekurang-kurangnya dituntut untuk:

    1. Membaca artikel atau buku tentang siwak
    2. Mendengarkan ceramah ulama atau ustadz
    3. Menulis artikel dengan beberapa kali revisi
    Itu kalau 1 artikel, bagaimana kalau puluhan bahkan ratusan artikel. Pastinya lebih banyak lagi ilmu yang insya Allah bisa kita dapatkan. Pokoknya semangat dan lakukan saja sedikit demi sedikit biar tidak terasa berat.

    Dan tentunya artikel yang kita buat harus ikhlas karena Allah agar menjadi sebuah amal ibadah. Karena sudah barang tentu, kalau tidak ikhlas maka amal pun tertolak oleh Allah Subahanahu wata’ala.

    2. Beramal
    Selanjutnya adalah berusaha mengamalkan ilmu yang telah kita pelajari. Ini adalah langkah ideal diantara dua hal ; ilmu dan amal. Dimana seorang yang berilmu ia perlu mengamalkannya, dan orang yang akan beramal perlu mencari ilmunya terlebih dahulu.

    Kalau ia beramal tapi tidak mempunyai ilmunya maka dikhawatirkan ia terjerumus dalam kesesatan.

    Seorang blogger pun bisa beramal lewat blog nya. Amalnya bisa tercermin seperti contoh di bawah ini :

    a. Bantu Jualin Produk Saudara kita

    Tidak semua penjual bisa mengakses dunia online loh, masih banyak yang gaptek. Kalau kita mampu memasarkan produknya melalui blog kita, maka lakukanlah. Insya Allah mereka akan senang apabila ada orang yang membantunya.

    Contoh konkrit nya bisa anda buatkan review produk yang menarik kemudian pasang di blog anda atau buatkan banner kemudian pasang di sidebar blog.

    Sebenarnya cara ini bisa dibuat berbayar atau istilahnya orang lain pasang iklan. Tapi sedekahin aja 1 space iklan buat saudara kita daripada kosong?

    b.Melakukan Blogger Walking
    Buat para blogger tentunya sudah akrab dengan istilah Blogger Walking? Yaitu istilah para blogger untuk mengunjungi dan kemudian membaca blog milik orang lain. Bagi saya kalau blog saya dikunjungi orang lain perasaannya senang sekali, apalagi kalau meninggalkan komentar dan menshare artikel kita.

    Sama hal nya dengan pemilik blog lain tentu mereka senang apabila blog nya dikunjungi dan berkomentar atau menshare, tentu senang sekali.

    Maka dari sekarang jangan pelit untuk melakukan dua hal tadi ya (komentar dan share).

    c. Dan Contoh Lainnya..
    Pahami ya, beramal yang saya maksud tidak hanya yang sifatnya memberi bantuan saja tetapi mempraktikkan ilmu yang kita miliki juga termasuk beramal. Seperti mengamalkan tidak memposting artikel hoax, menyebarkan cara-cara kotor, memaki orang lain, menyebarkan gambar atau video por**, dan sebagainya.

    3. Berdakwah
    Inilah tujuan utama memilki website atau blog yaitu ingin berbagi atau menginformasikan sesuatu.

    Bisakah ikut berdakwah kalau blog yang kita buat bukan blog islami? Tentu bisa. Misalkan blog tentang traveling, bisa anda sisipkan nasehat ‘jangan lupa sholat ya walau sedang liburan’ atau ‘sungguh besar Allah yang menciptakan alam ini’ dan nasehat-nasehat lain agar kita selalu ingat kepada-Nya.

    Blog tentang politik, teknologi, pertanian, bisnis, dan semuanya bisa dijadikan media untuk berdakwah. Kenapa saya bilang bergitu? Karena islam itu sudah mengatur semua bidang. Dan semua bidang itu harus patuh pada aturan islam. Tidak benar kalau ada yang mengatakan, “inikan lagi bahas politik, jangan bawa-bawa agama deh”. Sekali lagi itu pemikiran yang tidak benar..

    Cuman sayang, banyak diantara kita yang semangat berdakwah tapi malas mencari ilmu syar’i. Semangat berdakwahnya mengalahkan semangat menuntut ilmu.

    Kalau seseorang ingin berdakwah hendaklah ia tidak meloncat-loncat ingin langsung berdakwah, tapi harus melalui dua fase sebelumnya yaitu berilmu dan beramal.

    Karena kalau demikian, dikhawatirkan orang yang berdakwah itu menjadi orang yang sesat dan menyesatkan atau menjadi seseorang yang dibenci oleh Allah Subhanahu wata’ala. Bagaimana ia tahu informasi yang diposting di blog nya adalah benar tidak melanggar aturan Allah ta’ala kalau ia sendiri tidak berilmu tentang apa yang ia sebarkan.

    4. Bersabar
    Saat kita mencari ilmu kemudian mengamalkannya dan mendakwahkannya, perlu tahu bahwa setiap hal tersebut perlu yang namanya sabar, karena ke tiga hal tersebut tidaklah ringan dan penuh godaan.

    Terkadang saat ingin membuat sebuah tulisan, ada aja godaan dan rintangannya. Malas kah, sibuk kah, ngantuk, sinyal jelek, dan macam-macam. Pokoknya yang namanya sabar perlu dihadirkan disetiap aktivitas kita termasuk mengelola blog atau website.

    Mengelola blog sebagai agen berkah tidaklah mudah, sudah pasti perlu pikiran, tenaga, waktu, dan biaya yang tidak sedikit. Jangan kalah dengan sebagian orang yang ngeblog hanya untuk mengejar dunia tanpa membatasinya dengan aturan agama.

    Penutup
    Jadikan blog sebagai sarana untuk berdakwah menyampaikan kebaikan-kebaikan. Semoga Allah ta’ala melimpahkan taufik-Nya kepada kita semua.

    Ayo jadi blogger agen berkah !

    Semoga bermanfaat

    Sumber : sobatilmu.com
     
    ngeblogasyikk likes this.
  2. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Beeeuh bagus inspirasi pagi ini , saya setuju dengan artikel ini (berbagi,dakwah = Pahala mengalir )
     
  3. aswar21

    aswar21 New Member

    Joined:
    Oct 20, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  4. RanggaGunawan

    RanggaGunawan Member

    Joined:
    Oct 31, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Setuju tuh, apalagi jika dalam blog tersebut makin besar trafficnya, kan lama" akan bisa menghasilkan juga lewat adsense atau lainnya, jadi manfaatnya double
     
  5. compzone08

    compzone08 Member

    Joined:
    Feb 26, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Sepakat, blog jadi ajang untuk mencari amal jariyah, selain mendapatkan penghasilan
     
Loading...

Share This Page