Pergi Ke Jogja Tetapi Belum Mampir Ke Tempat-Tempat Ini, Berarti Belum Ke Jogja

Discussion in 'Tourism' started by syahidelhawk, Nov 2, 2015.

  1. syahidelhawk

    syahidelhawk New Member

    Joined:
    Oct 5, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    Siapa yang tidak kenal dengan daerah yang sangat istimewa yaitu Jogja? Jogja merupakan sapaan yang umum dikalangan masyarakat Indonesia, nama asli daerah provinsinya adalah Yogyakarta atau DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Begitu banyak obyek-obyek yang sangat merugikan jika melewatkannya ketika mampir ke Jogja, mulai dari pusat kotanya hingga ujung selatannya terdapat banyak sekali tempat-tempat yang sangat menarik.

    Hampir setiap destinasi tempat tujuan wisata budaya yang berada di daerah Jogja memiliki aset wisata budaya masih terjaga dan terpelihara dengan baik. Ini tebukti dengan masih mudahnya menemukan peninggalam sejarah masa lalu pada pusat kotanya. Banyak orang yang kangen mampir ke Jogja karena Keasrian dan keaslian dari budaya yang terjaga hingga sekarang, kuliner yang tetap terwarisi dengan baik dan Keindahan objek wisatanya.

    Ini dia beberapa objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi:

    Tugu Jogja
    [​IMG]
    Tugu Jogja merupakan sebuah Icon bagi kota Jogja, keberadaaannya yang berada di tengah-tengah kota akan membuat mudah akses menuju tempat ini dan hal yang pertama kali harus dikunjungi. Sebenarnya tempat ini biasa saja, tetapi bagi para penduduk sekitar dan para pengunjung yang pernah mampir ke Jogja menyebutkan bahwa inilah yang akan bangunan paling dikenang dari Jogja. Maka sudah menjadi hal biasa jika banyak melihat orang-orang yang kesini hanya sekedar untuk berfoto.

    Malioboro
    [​IMG]
    Jika mampir ke Jogja, pastinya hal yang paling sering terdetik dalam pikiran adalah mampir ke Malioboro. Malioboro adalah nama sebuah jalan di Jogja yang kini dijadikan pusat Ekonomi Jogja. Malioboro sendiri banyak yang menjadikan sebagai tempat tujuan utama dalam berwisata ke Jogja.

    Malioboro juga merupakan tempat terbaik di Indonesia bagi orang-orang yang suka berjalan-jalan sambil jalan kaki, karena akses untuk dapat masuk ke Malioboro cukup susah jika menggunakan kendaraan apalagi mobil, karena tempat ini cukup ramai oleh wisatawan dan penduduk sekitar.

    Di sepanjang jalan Malioboro terdapat berbagai macam ruko yang menjual berbagai macam barang, mulai dari kuliner, pernak-pernik, kaos oblong bertemakan Jogja dan masih banyak lagi barang menarik di tempat ini. Tempat juga menjadi tempat para pengamen jalanan yang kreatif yang memeriahkan daerah tersebut. Ujung jalan dari Mailoboro adalah titik nol kilometer yang cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

    Keraton Jogja
    [​IMG]
    Jika ingin mencari dimana Keraton Jogja berada, jika kuat berjalan kaki cukuplah berjalan dari malioboro ke arah titik nol kilometer ke selatan lagi, maka sudah dipastikan akan menemukan sebuah alun-alun Jogja yang cukup luas, disitulah Keraton Jogja berada. Di Keraton sendiri terkenal dengan keaslian dari budaya dan arsitektur bangunan yang masih terjaga. Jika ingin merasakan bagaimana kondisi Jogja pada zaman dahulu atau ketika masa penjajahan, cobalah mampir ke Keraton maka akan ditemukan sensasi yang berbeda dari dunia luar sekarang.

    Yang bisa dikunjungi dari keraton adalah museum beserta pendoponya. Disinilah tempat yang budaya dan suasana zaman dahulu masih terasa dan terjaga dengan baik.

    Benteng Vredeburg
    [​IMG]
    Benteng Vredeburg merupakan tempat wisata di Jogja yang tidak terlalu jauh dari Malioboro dan Keraton Jogja. Tempat wisata ini juga termasuk yang masih terjaga keaslian sejak pertama dibangun. Dengan warna bangunan yang khas berwarna putih, menjadikan benteng ini adalah saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan.

    Sama dengan Keraton Jogja, tempat ini juga terdapat museum yang memperlihatkan barang-barang antik peninggalan zaman penjajahan. Sebagaimana diketahui bahwa Jogja tidak luput dari tempat penjajahan perjuangan para pejuangnya.

    Kampung Wijilan
    [​IMG]
    Kampung ini mejadi wakil dari Jogja sebagai tempat wisata kuliner. Jika ingin mencicipi setiap makanan yang ada disini tidak cukuplah dengan waktu seminggu, karena jumlah warungnya yang cukup banyak. Tetapi dari berbagai macam kulinernya yang paling terkenal adalah gudeg Jogja.

    Karena tempat ini merupakan sentra dari kuliner Jogja, maka tidak hanya gudeg yang dapat ditemukan di Kampung Wijilan ini, tetapi masih banyak lagi kuliner yang ditemukan disana.

    Pasar Beringharjo
    [​IMG]
    Setelah mampir ke Jogja, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh ke rumah masing-masing. Nah tempat yang paling bersahabat untuk mencari oleh-oleh khas Jogja adalah pasar Beringharjo. Pasar ini merupakan salah satu pasar yang tertua di Jogja dan menjadi salah satu pusat ekonomi Jogja.

    Jika pintar dalam menawar dalam membeli, sudah dapat dipastikan akan mendapatkan barang dengan harga yang sangat miring dan menggiurkan. Pasar beringharjo adalah tempat terbaik dalam memilih oleh-oleh yang berkualitas dengan harga yang bersahabat.

    Gembira Loka Zoo
    [​IMG]
    Jangan sampai salah, di Jogja juga ada kebun binatangnya. Walaupun tidak jauh berbeda dengan kebun binatang-kebun binatang lainnya yang ada di kota-kota di Indonesia, kebun binatang ini ada di pusat kota Jogja, sehingga akan mudah dalam mengaksesnya jika tidak macet. Selain memiliki fauna yang cukup beragam, disana juga memiliki fasilitas yang tidak kalah menarik dan mengasyikkan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

    Raminten
    [​IMG]
    Sederhana, tradisional,unik tetapi luar biasa, itulah yang pantas disebutkan untuk rumah makan raminten. Dengan berbagai macam masakan kuliner khas Jogja dan minuman-minuman yang menarik untuk dicicipi menjadikan raminten merupakan tumah makan sederhana yang istimewa. Rumah makan ini dapat dijadikan rujukan bagi yang ingin bersantai di tengah sibuknya kota Jogja.

    Kaliurang
    [​IMG]
    Jika di Jogja merupakan kota dengan seribu pesona, maka jika ke arah selatan akan ditemukan daerah pegunungan bernama Kaliurang. Denga keindahan alam dan kesejukan khas pegunungan dapat dinikmati disini. Tempat ini di fasilitasi dengan berbagai macam permainan untuk laki-laki maupun perempuan.

    Candi Prambanan
    [​IMG]
    Candi Prambanan berada di daerah utara Jogja yang merupakan salah satu Icon daerah ini. Candi Prambanan tidak pernah luput dari wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Candi ini memiliki corak Hindu yang terbesar di Asia Tenggara memiliki rangkaian candi yang berukuran raksasa yang berada di tengah-tengah komplek Candi Prambanan.

    Istana Ratu Boko
    [​IMG]
    Sekitar 2 km ke arah timur dari Candi Prambanan terdapat bangunan bersejarah lainnya yang tentunya harus dikunjungi. Tempat tersebut biasa disebut dengan Istana Ratu Boko. Di tempat ini adalah salah satu tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan sunset. Pemandangan sunset yang cukup menawan adalah salah satu andalannya.

    Pantai Parangtritis
    [​IMG]
    Pantai selatan tidak pernah luput dari hal mistisnya karena pantai selatan selalu identik dengan ratu Kidul. Walaupun terdengar mistis, tetapi pantai-pantai selatan daerah Jogja tidak pernah sepi dari pengunjung salah satu yang paling dikenal adalah pantai parangtritis. Walaupun di Jogja masih ada pantai-pantai lainnya yang tak kalah bagus, pantai parangtritislah yang paling mudah diakses dari jauh.

    Karena menjadi salah satu pantai yang paling sering dikunjungi, pihak pengelolanya telah menyediakan wahana yang cukup lengkap, mulai dari dokar hingga ATV, bermain layang-layang dan aktivitas-aktivitas lainnya yang menyenangkan.

    Penutup

    Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata menarik di Jogja, tetapi masih belum terdengar umum dikalangan wisatawan amatir dan masyarakat Jogja itu sendiri. Dengan berwisata ke Jogja temukanlah keunikan-keunikannya yang pasti akan membuat ingin mampir ke Jogja lagi dan lagi.

    Sumber: Santrigaul.net
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    sy udah pernah, waktu jalan jalan/wisata ke jogja lengkap :D
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko tidak termasuk Yogya loh.. Klaten, Jawa Tengah. :D
     
  4. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,563
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    mestinya judulnya
    "pergi ke jogja belum lengkap kalau tidak mengunjungi tempat-tempat ini"

    itu menurut saya
     
    Last edited: Nov 2, 2015
  5. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    761
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    keren itu waktu masih utuh tulisan pantai parangtritis nya..sekarang dah pada ilang beberapa huruf.. :(
     
  6. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,201
    Likes Received:
    175
    Trophy Points:
    63
    Maaf kang, berhubung saya asli jogja saya akan menerangkan secara singkat menurut pengalaman saya:

    Candi prambanan dibagi dua (adanya gapura yang besar di jalan yogy-solo yang membatasi wilayah: Barat Sleman yogya, Timur Klaten jateng). Ini seperti Dieng yang terbagi 2 kabupaten.

    Untuk Candi Ratu Boko. Letaknya di sleman yogya dan tidak ada pembagian. Dan tentunya full yogya :)
     
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Batasnya bukan kali opak? Memang perbatasan, menurut perpusnas.go.id masuk candi di Jawa tengah tapi ditulis lokasinya di Bokoharjo - sleman
     
  8. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,201
    Likes Received:
    175
    Trophy Points:
    63
    Maksudnya yang ini bang? http://candi.perpusnas.go.id/temples/deskripsi-jawa_tengah-candi_prambanan

    Kalau iya, silakan baca paragraf pertama dibagian akhir. Disitu tertulis "Sebagian dari kawasan wisata yang yang terletak pada ketinggian 154 m di atas permukaan laut ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. sedangkan sebagian lagi masuk dalam wilayah Klaten." :)

    Kalau masih kurang, silakan cek google map hehe :D
     
  9. lavezzi

    lavezzi Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    91
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    yep.. bener banget gan... tapi itu permulaan aja, masih banyak destinasi wisata jogja yang lain yang sangat elok
     
  10. Wah berarti saya belum pernah ke Jogja :D
     
  11. maslatip

    maslatip Member

    Joined:
    Nov 14, 2015
    Messages:
    170
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Goa Pindul beserta jejeran pantai di gunung kidul berpasir putih juga wajib dikunjungi karena asyik dan seru... :D
     
  12. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    560
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    Saya belum pernah ke pantai parangritis... :D
     
  13. pras towo

    pras towo New Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    belom pernah ke kaliurang, padahal kampungnya di jogja hehe. paling sering ke malioboro beli kaos sama bakpia
     
Loading...

Share This Page