Gatal Dan Penyakit Kulit Lainnya Pada Bayi

Discussion in 'Health & Medical' started by ais elkiram, Nov 4, 2017.

?

Bermanfaatkah Tulisan Ini?

  1. Ya, Sangat Bermanfaat.

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Cukup Bermanfaat.

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Tidak.

    0 vote(s)
    0.0%
  1. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,296
    Likes Received:
    220
    Trophy Points:
    63
    Seorang anak balita atau bayi juga sering terkena penyakit kulit, gatal, dan penyakit kulit lainnya. Walau mungkin bukan penyakit berbahaya, namun alangkah baiknya jika ditangani dengan sebaik mungkin. Kulit anak-anak balita memang masih rentan dengan iritasi, dan hal-hal yang membuatnya mudah terkena penyakit kulit. Untuk itulah sebagai orang tua, kita harus pandai melakukan pencegahan dini agar anak tidak mudah terserang penyakit pada bayi anda.

    1. Pisahkan pakaian, dan keperluan lainnya seperti handuk, dll dengan milik orang dewasa untuk menghindari penyakit kulit.
    2. Jangan gunakan obat kulit, atau olesan apapun yang mengandung reseko tinggi alergi pada kulit anak.
    3. Hindari anak untuk memakan makanan yang kurang sehat.
    4. Tempatkan anak pada tempat yang bersih, dan bersihkan alat-alat kebutuhan anak setiap hari setelah digunakan.
    5. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak tentang obat atau vitamin yang akan diberikan kepada anak.
    Sebenarnya banyak jenis penyakit kulit pada anak, namun kebanyakan seperti gatal-gatal, bercak merak karena alergi, jamur, dll.

    Cacar Air.
    Cacar air adalah salah satu penyakit kulit yang juga banyak terjadi pada anak. 1-2 hari sebelum anak terkena penyakit cacar biasanya di awali dengan demam panas yang menimpa anak. Di susul dengan munculnya gelembung-gelumbung yang berisi air pada kulit anak, kemudian tidak selang beberapa lama gelembung itu akan pecah & meningggalkan bekas atau koreng.

    Cacar termasuk penyakit serius, karena itulah dianjurkan untuk mendapatkan vaksin cacar, apalagi cacar termasuk penyakit yang dapat menular. Penyebab cacar air adalah sebuah virus yang bernama varicella zoster virus.

    Biang Keringat.
    Selain cacar ada juga satu yang sering menyerang anak. Namanya biang keringat, walau bukan sebuah virus atau penyakit, namun gejala gatal yang terjadi kadang sangat mengganggu anak. Kadang itu juga membuat anak menjadi susah tidur karena gatal yang dihasilkan oleh biang keringat.

    Tidak ada penanganan khusus untuk biang keringat, karena di sebabkan oleh tersumbatnya sulurat keringat karena sel-sel kulit yang mati. Karena itu biang keringat sering terjadi dalam keadaan suasana panas.

    Untuk menghindarinya maka gunakan baju atau pakaian yang tidak mudah menyebabkan anak berkeringat, atau baju ketat. Gunakan baju yang sedikit longgar agar kulit bisa sedikit bisa leluasa. Beberapa ibu-ibu ada yang menggunakan pupur yang diberi air ke seluruh anak agar kulit anak menjadi dingin dan tidak mudah berkeringat basah.

    Kadas.
    Kadas adalah penyakit yang dikarenakan jamur yang tumbuh pada sel kulit mati. Gejela penyakit kadas yang ada pada anak adalah berupa munculnya lingkaran berwarna merah, bersisik serta nampak melepuh. Lama kelamaan lingkaran merah akan terus membesar.

    Untuk mengobatinya bisa dengan menggunakan obat saleb anti jamur, kalau jamur biasanya akan terasa gatal, namun kadas bisa terasa perih. Karena itu untuk mencegahnya bisa dengan menjaga kebersihan sekitar dan baju, pakaian atau handuk yang digunakan. Karena jamur biasanya termasuk penyakit menular. ( Kutipan : CukurHabis.Com )
     
  2. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    223
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kasihan sekali ya kalau sampe anak kita kena penyakit kulit tersebut, Apalagi Kadas dan Cacar Air, hmmm perihhhh banget itu mah
     
Loading...

Share This Page