Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca Di Handphone (Sd Card Error / Rusak)

Discussion in 'Android' started by aditya_gil, Aug 18, 2017.

  1. aditya_gil

    aditya_gil Member

    Joined:
    Jul 18, 2017
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Microsd tidak terbaca - Untuk menemukan cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca oleh suatu handphone langkah apakah yang harus kita lakukan ? Memory card tidak terbaca sesungguhnya tidak terlalu sulit untuk mengatasinya jika kita sudah mengetahui penyebab dan kerusakan dari Micro SD Card itu sendiri. Kartu memory tidak bisa terdeteksi oleh hp android itu sebenarnya merupakan masalah yang seing terjadi bagi pengguna handphone. Maka dari itu akan lebih baik jika kita mengenali faktor yang menjadi penyebab masalah micro sd error tidak tampil di ponsel android, sebelum kita kebingungan ketika kita membuka file manager namun isi pada kartu memory card menjadi kosong karena tidak dapat dibaca oleh perangkat smartphone.

    Tanpa kita sadari terlalu sering memindah - mindah kartu sd dari satu hp menuju ke hp yang lain merupakan suatu hal yang menjadi salah satu mengapa sd card tidak terbaca oleh hanphone. Meskipun menjadi perbuatan yang sepele, memory card sering dipindah - pindah dapat mengakibatkan kerusakan yang berasal dari goresan pada kuning - kuning microsd sehingga ponsel android tidak begitu baik membaca kartu sd tersebut. Lalu bagaimana cara memperbaiki kartu sd yang rusak pada semua handphone baik itu android, blackberry, iphone maupun microsoft ?

    Walaupun kita mengetahui cara memperbaiki kartu memori yang error, tidak semua masalah sd card tidak terbaca dapat kita selesaikan secara total. Sebagai contoh jika kartu memori rusak karena terlipat, terpotong, terkena panas yang memiliki suhu tinggi itu akan tidak mungkin untuk mengembalikannya kembali. Oleh karena itu pada postingan kami kali ini akan mecoba berbagi tips mengenai cara memperbaiki kartu memori yang error tidak dapat terbaca oleh handphone.

    Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca Di Handphone (Sd Card Error / Rusak)

    Sebelum kami membahas lebih jauh tentang bagaimana kartu memori tidak terbaca, ada baiknya jika kita juga mengetahui penyebab dari memory card rusak tersebut yang telah kami ulas selengkapnya dibawah ini :

    Beberapa kemungkinan penyebab kerusakan pada memory card

    1. Terlalu sering memindah - mindah memory card

    Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, karena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru. Kartu microsd sebenarnya tidak perlu sering dipindah kecuali jika kita membeli ponsel baru. Kalau hanya untuk mengcopy file, ada banyak pilihan cara memindahkan file antar HP dengan aman, melalui koneksi Bluetooth atau WiFi, atau kabel data jika ke laptop.

    2. Cara memindahkan microsd yang salah

    Matikan HP terlebih dahulu kemudian tunggu 10 samapi 20 detik setelah itu baru cabut kartu memory anda merupakan cara yang benar. Meskipun anda dalam keadaan terburu-buru, cobalah untuk bersabar ketika terpaksa mencabut kartu memory dari HP dan memindahkannya ke card reader atau HP lain.

    3. Bekerja terlalu keras dalam waktu lama

    Memaksa kartu memory bekerja ekstra keras ketika menyimpan karena aliran data yang sangat besar dalam waktu yang singkat dapat menyebabkan memory card error. Jika HP anda masih menggunakan aplikasi standar, bukan yang sudah di tweak sampai maksimal, masih aman-lah dari kerusakan karena penyebab ini. Tapi kalau anda sudah melakukan tweaking berat, seperti mengubah setting penyimpanan video, hasilnya memang luar biasa, seperti yang saya gunakan pada Xperia Ray dengan menggunakan modding camera dari mastah Rizal, merekam video 18 menit saja file hasilnya bisa sampai 580 MB.

    4. Terkena Minyak atau kotoran

    Pastikan tangan anda bersih dari kotoran atau minyak ketika memegang kartu memory. Kotoran akan membuatnya tidak bisa terhubung dengan baik dengan pembaca di HP atau card reader.

    5. Magnet

    Inilah musuh utama segala jenis media penyimpanan berbasis magnet. Data di kartu memory ditulis dan dibaca menggunakan magnet, tentu tidak sesederhana itu penjelasannya. Mulai dari sejak jaman kaset dengan pita dahulu, magnet bisa merusak susunan data yang tersimpan sampai acak kacau balau. Maka, tipsnya cuman satu: hindarkan HP atau kartu memory dari sumber magnet atau medan magnet seperti speaker, pesawat TV berlayar CRT, kumparan motor listrik, dan sebagainya.

    6. Terkena suatu virus

    Virus-virus jaman sekarang bekerja lebih kejam, mereka tidak lagi menhancurkan, tapi mencuri dan justru berupaya supaya HP anda bisa bekerja maksimal, supaya aksi penucrian mereka bisa terus berlangsung. Beberapa virus bisa membuat kartu memory anda lumpuh, meskipun trend untuk virus-virus baru tidak lagi seperti itu. Pastikan laptop atau HP dari mana anda mengambil file aman dari virus. Juga ketika anda download file dari internet, pastikan anda hanya download dari situs-situs yang aman. Khususnya ketika kita sedang download file apk aplikasi atau game bisanya sering terjangkitnya virus pada proses tesebut.

    Kita tetap harus menjaga kesehatan kartu memory / microsd dan juga membackup data di dalamnya secara rutin karena mereka tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri meskipun kita sudah membeli sd card bermerk dan berjenis paling baik. Membackup file yang ada pada memory card dapat menggunakan laptop maupun google could.

    Langkah yang harus dilakukan sebagai cara memperbaiki sd card / memory card yang tidak terbaca

    1. Membersihkan memori card

    • Langkah pertama untuk mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi oleh handphone android adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kamu sudah mematikan hp android anda terlebih dahulu.
    • Lalu bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) menggunakan penghapus pensil. Gosok secara perlahan hingga bersih.
    • Setelah anda merasa yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori ponsel kemudian periksa kondisi sd card sudah terbaca atau belum.

    2. Melakukan format menggunakan hp android

    • Pertama - tama masuk ke menu Setting lalu pilih Storage.
    • Kemudian di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru. Namun sebelum anda menghapus kartu memori pastikan bahwa anda sudah membackup file yang ada di dalamnya agar kita kehilangan file tersebut secara permanen.

    3. Lakukan pengecheckan error melalui PC

    • Langkah pertama sambungkan android ke laptop atau PC menggunakan kabel data.
    • Lalu pastikan hp android anda sudah terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
    • Kemudian buka Windows Explorer setelah itu klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties >> Tools >> Error Checking dan tunggu hingga semua proses selesai.
    • Langkah terakhir eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

    4. Format memory card dari PC

    Langkah ini dilakukan apabila kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer akan tetapi masih belum terbaca di smartphone android anda. Lakukan dengan cara berikut :

    • Pertama - tama buat folder baru di HardDisk, beri nama terserah anda karena folder ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi.
    • Copy semua isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang telah anda buat sebelumnya.
    • Kemudian jika anda sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
    • Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang telah di format tadi.
    • Langkah terakhir adalah melakukan pengecheckan kartu sd tersebut sudah terbaca oleh handphone apa belum.

    Demikian postingan kami kali ini yang telah membahas tentang cara memperbaiki microsd yang rusak sehingga tidak dapat terbaca oleh ponsel maupun tablet. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat agar anda yang sedang mengalami masalah sd card error tidak bisa dibuka dapat segera teratasi, sekian dan terima kasih ..
     
  2. Prabu

    Prabu Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Oh, terkena magnet juga bisa rusak ya den? baru tau den.
    Makasih infonya :D
     
  3. jafar indo

    jafar indo New Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalo ak she kebanyakn memory aku rusk terken virus.. Langsung blank aja nga mau ke baca mintanya formatdisk melulu...
     
  4. acep saepul

    acep saepul Member

    Joined:
    Jan 4, 2017
    Messages:
    74
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  5. Dzkry Kun

    Dzkry Kun Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    117
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Kalo gw kadang-kadang nih, tiap beberapa bulan ada gejala rusak. tapi abis di format aman sih.. alhamdulillah udah 6 tahun lebih masih aman
     
  6. Gibraners

    Gibraners Member

    Joined:
    Mar 28, 2017
    Messages:
    127
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    biasanya sih kalo ane tuh memory karena kotor, dan bisa di bersihkan atau di tiup aja an coba jalanin lagi deh
     
  7. EuisTea

    EuisTea Member

    Joined:
    May 28, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    mau nambahahin...mungkin juga di bagian konektor sim card bisa jadi kotor...
     
  8. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Dulu aku juga pernah ngalamin kena virus, alhamdulilllah di komputer sih kebaca, akhirnya di move ke komputer datanya, dan di format biar bersih deh baru pindahkan lagi
     
Loading...

Share This Page