11 Cara Terbukti untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Discussion in 'Health & Medical' started by wscbiolo, Nov 12, 2017.

  1. wscbiolo

    wscbiolo New Member

    Joined:
    Sep 27, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Olahraga memang adalah salah satu kunci dalam cara menurunkan berat badan, karena membantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh dan menyehatkan jantung sekaligus membentuk otot. Semakin banyak kalori yang terbakar, maka akan semakin banyak Anda menurunkan berat badan. Tapi itu bukanlah suatu keharusan. Bagaimana jika Anda tidak menyukai latihan? atau Anda tidak punya waktu untuk Olahraga, oleh karena kesibukan?

    Ini Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga. Ada beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Begini caranya:

    1) Kunyah makanan Anda secara pelan dan Perlahan

    Otak Anda butuh waktu untuk mengolah makanan yang sudah Anda makan. Mengunyah makanan Anda dengan maksimal membuat Anda makan lebih lambat, yang dikaitkan dengan penurunan asupan makanan, membuat Anda cepat merasa kenyang membuat porsi makan lebih kecil

    Seberapa cepat Anda menyelesaikan makanan Anda juga dapat mempengaruhi berat badan Anda.

    Sebuah tinjauan baru-baru ini terhadap 23 penelitian observasional melaporkan bahwa orang yang makan lebih cepat lebih cenderung menambah berat badan, dibandingkan dengan orang yang makan lebih perlahan. Orang yang makan cepat juga cenderung mengalami obesitas.

    Untuk mendapatkan kebiasaan makan lebih pelan, mungkin dengan menghitung berapa kali Anda mengunyah setiap gigitan dapat membantu.Mengonsumsi makanan Anda perlahan bisa membantu Anda merasa lebih kenyang dengan asupan kalori lebih sedikit. Ini adalah cara mudah menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan.

    2) Gunakan Piring Lebih Kecil untuk Makanan yang Tidak Sehat

    Piring makanan khas saat ini lebih besar daripada beberapa dekade yang lalu.Ini sangat disayangkan, karena menggunakan piring yang lebih kecil bisa membantu Anda makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat lebih besar.Pada saat bersamaan, piring yang lebih besar bisa membuat penyajian terlihat lebih kecil, menyebabkan Anda menambahkan lebih banyak makanan.

    Anda bisa menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan menyajikan makanan sehat di piring yang lebih besar dan makanan yang kurang sehat di piring yang lebih kecil. Piring yang lebih kecil bisa menipu otak Anda agar mengira Anda makan lebih banyak daripada sebenarnya. Karena itu, bijaklah mengkonsumsi makanan tidak sehat dari piring yang lebih kecil, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit.

    3) Makan Banyak Protein

    Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Hal ini dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Hal ini mungkin karena protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang.

    Satu studi menemukan bahwa meningkatkan asupan protein dari 15% sampai 30% membantu peserta mengkonsumsi 441 kalori lebih sedikit per hari dan menurunkan 5 kg dalam 12 minggu, tanpa sengaja membatasi makan apapun.

    Jika saat ini Anda makan sarapan berbasis nasi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan beralih ke pilihan makanan kaya protein, seperti telur.

    Dalam sebuah penelitian, wanita gemuk yang sarapan makan telur lebih sedikit kalori saat makan siang dibandingkan dengan mereka yang makan sarapan berbasis nasi.Terlebih lagi, mereka akhirnya makan lebih sedikit kalori sepanjang sisa hari dan selama 36 jam berikutnya.

    Beberapa contoh makanan kaya protein termasuk dada ayam, ikan, yogurt Yunani, kacang lentil, quinoa dan kacang almond.

    Menambahkan protein pada makanan Anda telah terbukti menyebabkan penurunan berat badan “otomatis”, tanpa pembatasan kalori secara sadar.

    4) Simpan Makanan yang Tidak Sehat di tempat yang tidak terlihat

    Menyimpan makanan yang tidak sehat di mana Anda bisa melihatnya dapat meningkatkan rasa lapar dan keinginan makan yang lebih, menyebabkan Anda makan lebih banyak.Hal ini juga terkait dengan penambahan berat badan.

    Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa jika makanan berkalori tinggi lebih terlihat di rumah, orang lebih cenderung menimbang lebih banyak, dibandingkan dengan orang yang hanya menyimpan semangkuk buah yang terlihat.

    Simpan makanan yang tidak sehat dari pandangan, seperti di lemari atau kulkas, sehingga cenderung tidak menarik perhatian saat Anda lapar.Di sisi lain, letakkan makanan sehat ditempat yang mudah terlihat

    Jika Anda meletakkan makanan yang tidak sehat di meja Anda, Anda cenderung ngemil ringan yang tidak direncanakan. Hal ini juga terkait dengan peningkatan berat badan dan obesitas. Lebih baik meletakkan makanan sehat, seperti buah-buahan secara terlihat.

    5) Makan Makanan Serat-Kaya

    Makan makanan kaya serat bisa meningkatkan rasa kenyang, dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

    Studi juga menunjukkan bahwa serat khusus, yang disebut serat kental, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Ini meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.

    Serat kental hanya ditemukan pada makanan nabati. Contohnya termasuk kacang-kacangan, sereal gandum, kubis Brussel, asparagus, jeruk dan biji rami.

    Serat kental sangat membantu dalam mengurangi nafsu makan dan asupan makanan. Serat ini membentuk gel yang memperlambat pencernaan.

    6) Minum Air secara teratur

    Minum air putih bisa membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika Anda meminumnya sebelum makan.

    Satu studi pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air, sekitar setengah jam sebelum makan, mengurangi rasa lapar dan membantu mereka makan lebih sedikit kalori.

    Peserta yang minum air sebelum makan menurunkan berat badan 44% lebih banyak selama periode 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

    Jika Anda mengganti minuman berkalori – seperti soda atau jus dengan air putih, Anda mungkin mengalami efek yang lebih besar. Minum air putih sebelum makan bisa membantu Anda mengurangi kalori. Mengganti minuman bergula dengan air sangat bermanfaat.

    7) Sajikan porsi yang lebih kecil

    Ukuran porsi telah meningkat selama beberapa dekade terakhir, terutama di restoran. Porsi makan yang besar mendorong orang untuk makan lebih banyak, dan dikaitkan dengan peningkatan penambahan berat badan dan obesitas

    Satu studi pada orang dewasa menemukan bahwa menggandakan ukuran makan malam meningkatkan asupan kalori sebesar 30%.

    Melayani diri sendiri sedikit kurang mungkin bisa membantu Anda makan makanan secara signifikan lebih sedikit. Dan Anda mungkin bahkan tidak akan memperhatikan perbedaannya.

    Ukuran porsi yang lebih besar telah dikaitkan dengan epidemi obesitas, dan dapat mendorong anak-anak dan orang dewasa untuk makan lebih banyak makanan.

    8) Makan Tanpa Gangguan Elektronik

    Memperhatikan makanan yang Anda makan bisa membantu Anda mengurangi kalori.Orang yang makan saat mereka menonton TV atau bermain gadget atau game mungkin tidak memperhatiakn berapa banyak yang telah mereka makan. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan makan berlebih.

    Satu artikel review melihat hasil dari 24 penelitian, menemukan bahwa orang-orang yang terganggu pada saat makan, akan makan sekitar 10% lebih banyak dalam waktu duduk itu.

    Namun, tidak memperhatikan saat makan sebenarnya memiliki pengaruh lebih besar pada asupan Anda di kemudian hari. Orang-orang yang terganggu pada makanan makan 25% lebih banyak kalori saat makan lebih banyak daripada orang-orang yang tidak terganggu.

    Jika Anda sering mengkonsumsi makanan menonton TV atau menggunakan komputer atau smartphone Anda, kalori ekstra ini dapat bertambah dan memberi dampak besar pada berat badan Anda dalam jangka panjang.

    Orang yang makan sambil nonton atau bermain gadget lebih cenderung makan berlebih. Memperhatikan makanan Anda dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan.

    9) Tidur nyenyak dan hindari stres

    Berbicara tetang kesehatan, tidur dan stres sering terbengkalai. Tapi sebenarnya, keduanya bisa memiliki efek kuat pada selera dan berat badan Anda. Kurang tidur bisa mengganggu hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Hormon lain, yang disebut kortisol, menjadi meningkat saat Anda stres.

    Setelah hormon ini terganggu dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan Anda akan makanan yang tidak sehat, menyebabkan asupan kalori lebih tinggi.

    Terlebih lagi, kekurangan tidur kronis dan stres dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas.

    Kurang tidur dan stres berlebih dapat mengganggu tingkat beberapa hormon pengatur nafsu makan yang penting, menyebabkan Anda makan lebih banyak.

    10) Hindari Minuman Manis

    Gula yang ditambahkan mungkin membuat minuman nikmat tetapi satu-satunya bahan terburuk dalam makanan saat ini. Minuman manis, seperti soda, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit Barat.

    Sangat mudah untuk mengkonsumsi sejumlah besar kalori berlebih dari minuman manis, karena kalori cair tidak mempengaruhi kekenyangan seperti makanan padat.

    Menghindari minuman ini sepenuhnya bisa memberi manfaat kesehatan jangka panjang yang besar. Namun, perhatikan bahwa Anda sebaiknya tidak mengganti minuman soda dengan jus buah, karena sama-sama mengandung gula.

    Minuman sehat untuk diminum malah termasuk air putih dan teh hijau.

    Minuman manis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penambahan berat badan dan banyak penyakit. Otak tidak mendaftarkan kalori cair seperti makanan padat, membuat Anda makan lebih banyak.

    11) Sajikan Makanan Tidak Sehat di Piring Merah

    Salah satu trik adalah menggunakan piring merah untuk membantu Anda makan lebih sedikit. Paling tidak, ini nampaknya bekerja dengan makanan ringan yang tidak sehat.

    Satu studi melaporkan bahwa sukarelawan makan sedikit dari piring merah, dibandingkan dengan piring putih atau biru.

    Penjelasannya mungkin karena kita mengasosiasikan warna merah dengan sinyal berhenti dan peringatan buatan manusia lainnya.

    12) Ada yang lain?

    Itulah tips Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga yang bisa Anda juga coba praktekkan. Ada banyak kebiasaan gaya hidup sederhana yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, beberapa di antaranya tidak ada hubungannya dengan diet konvensional atau program olahraga.

    Anda bisa menggunakan piring yang lebih kecil, makan lebih lambat, minum air putih dan hindari makan di depan TV atau komputer. Memprioritaskan makanan yang kaya protein dan serat kental juga bisa membantu.

    Namun, saya tidak akan mencoba semua hal ini sekaligus. Mulailah bereksperimen dengan satu tips untuk sementara, dan jika itu bekerja dengan baik dan berkelanjutan untuk Anda, cobalah yang lain.
    Beberapa perubahan sederhana bisa berdampak besar dalam jangka panjang.
     
  2. Lanjut Terus

    Lanjut Terus Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    84
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    kalo saya biasanya berhenti makan sebelum kenyang bakal efektif juga menurunkan berat badan :D
     
  3. Sangat bermanfaat tipsnya Sis't
     
  4. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Unik juga ya, tapi ada benernya, seperti menyimpan makanan tidak sehat ditempat yg tidak terlihat, apalagi mengandung lemak, gula atau berminyak, sangat sulit diet jadinya
     
  5. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    213
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
  6. Intan Wulandari

    Intan Wulandari Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kayanya perlu dicoba juga nih, karena kadang malas duluan kalau mau olahraga
     
Loading...

Share This Page