Rangka Kayu / Baja Ringan, Pilih Mana?

Discussion in 'Arsitektur' started by akharisma, Nov 4, 2017.

  1. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    -Welcome T0 My Thread-
    [​IMG]

    Mengapa rangka atap baja ringan harus dibandingkan rangka kayu? tentu saja karena popularitas keduanya seimbang, walaupun kayu lebih dulu muncul. Pada kenyataannya, akan selalu ada kontraktor spesialis kayu maupun kontraktor spesialis baja ringan yang menangani pekerjaan pemasangan atap pada semua tipe bangunan. Mengapa sebagian menggunakan kayu? dan mengapa sebagian lagi menggunakan baja ringan?

    Dalam dunia konstruksi, keakuratan pekerjaan adalah hal yang mutlak. Hal tersebut melibatkan standard keamanan (K3), memenuhi persyaratan kode bangunan dan prosedur-prosedur penting lainnya. Merujuk kepada hal tersebut, maka baja ringan adalah pilihan yang tepat, khususnya untuk bangunan komersial, dimana bangunan komersial adalah bangunan yang membutuhkan perpaduan antara fungsi dan keamanan. Sementara kayu lebih sering digunakan untuk rumah tinggal. Ketika hendak memutuskan memilih baja ringan atau kayu, penting untuk memahami cara kerja, kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    Rangka Atap Kayu
    Sebelum ilegal logging makin gencar dilakukan, harga kayu justru lebih murah daripada baja ringan. Faktor ekonomis inilah yang menyebabkan fenomena kecenderungan memilih rangka atap baja ringan. Lepas dari hal tersebut, kelebihan dari kayu cukup banyak. Balok kayu lebih tahan api daripada balok baja tanpa proteksi, dimana kayu tidak dapat menyalakan api sebelum suhunya lebih dari 250 derajat. Sebaliknya, baja tanpa proteksi dapat melemah pada suhu 230 derajat.

    Kelemahan rangka atap kayu utamanya dalam hal kestabilan bentuk. Kayu mudah melengkung, beresiko terhadap kerusakan rangka atap, bahkan keruntuhan. Selain itu, kayu tanpa proteksi dapat dengan mudah membusuk akibat perubahan cuaca dan serangan rayap.

    Rangka Atap Baja Ringan
    Baja ringan memiliki bentang yang lebih panjang daripada kayu dan dapat diproduksi dengan ukuran standard. Selain itu bobotnya yang ringan memberikan keuntungan dalam hal pengiriman material ke dalam site, lebih cepat daripada distribusi kayu. Baja ringan lebih tahan api daripada kayu, hampir tidak memiliki nilai muai dan susut, tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan serangga. Hampir semua model atap dapat diakomodasi oleh baja ringan. Rangka atap baja ringan juga dapat didaur ulang dengan sistem yang ramah lingkungan.

    Dari sisi tenaga kerja yang dibutuhkan, memang pemasangan baja ringan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja, namun hal tersebut tidak menjadi masalah, mengingat waktu tempuh pengerjaan rangka atap baja ringan yang jauh lebih singkat daripada kayu. Secara nilai ekonomis, pemilihan rangka atap baja ringan serupa dengan proyek investasi jangka panjang. Harga baja ringan saat ini lebih murah daripada kayu dan tidak dibutuhkan biaya perawatan yang tinggi, karena baja ringan minim perawatan.

    Namun, rangka atap baja ringan memiliki kekurangan dalam hal insulasi panas dan transmisi suara. Dalam hal pemasangan rangka atap baja ringan, perlu diperhatikan ketika terjadi pemotongan, pengeboran, pengelasan atau tergores, maka permukaan yang terkena akan mudah terkena karat, sehingga perlu penanganan lebih lanjut.

    Pada dasarnya, memilih rangka atap haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dasar. Pada wilayah yang beriklim lembab, rangka atap kayu lebih baik. Sedangkan untuk kebutuhan komersial, rangka atap baja ringan adalah pilihan yang tepat. Namun khusus di Indonesia, dimana pembalakan liar sudah makin menjadi-jadi, rangka atap baja ringan merupakan alternatif terbaik sebagai upaya mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan dan mengurangi pemanasan global. Ditambah lagi, harga baja ringan dan harga pemasangan baja ringan yang lebih ekonomis membuat baja ringan tidak hanya populer untuk bangunan komersial saja, tapi mulai merambah ke rumah tinggal.

    Demikian informasi seputar perbandingan rangka atap baja ringan dengan rangka atap kayu. Apabila Anda telah memutuskan untuk memilih atap baja ringan untuk rumah Anda, sebaiknya Anda menghubungi jasa konstruksi baja ringan atau aplikator baja ringan yang dapat membantu Anda mulai dari proses desain hingga pembangunan selesai.
     
  2. Sifanurfadilah

    Sifanurfadilah Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Kayanya lebih tahan lama Rangka Baja Ringan ya, dan Lebih Go Green, jadi kalau Kayu" banyak gak laku lagi kan penebang pohon ilegal itu bingung mau jual kemana
     
    HanyaSatu likes this.
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Tapi kayu jatohnya lebih murah tuh, bisa beda 30% an lah dengan yg baja ringan kualitas tebal
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kalau dikampung ane penggunaan baja ringan masih jarang dan kebanyakan menggunakan kayu karena masih banyak kayu tersedia, tapi kalau than lama mungkin baja ringan yang lebih baik, hanya mungkin kalau ada angin besar lebih ringkih
     
  5. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Iya murah sih murah, tapi bener tuh, bisa habis kalau orang hanya mengandalkan kayu saja, jaman udah makin canggih ko, perbedaan harganya semakin tipis lah, ke awetan juga baja ringan kan anti Rayap tuh
     
  6. 9capsokue

    9capsokue Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kayu itu elastisitasya lebih rendah dari baja kan? otomatis kalo buat rangka bangunan lebih bagus baja cuman tergantung proyenya juga untuk apa, kalau untuk proyek gedung besar dan dihuni banyak orang jelas lebih aman pakai rangka baja. Lagian sekarang kualitas kontraktor bangunan udah bagus-bagus dan profesional, pemasangan baja ringan pun bisa cepet selesai meski butuh lebih banyak tenaga kerja.
     
Loading...

Share This Page