Bahaya Flat Shoes Bagi Kesehatan Kaki Anda

Discussion in 'General Lifestyle' started by Aisy Nabilla, Nov 20, 2017.

  1. Aisy Nabilla

    Aisy Nabilla Member

    Joined:
    Sep 6, 2017
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Hingga saat ini, flat shoes masih menempati posisi kedua sebagai sepatu favorit yang paling sering digunakan, tepat di bawah high heels. Salah satu alasannya adalah permukaan flat shoes yang datar, sehingga dinilai tidak akan membuat kaki menjadi sakit dan terasa pegal apabila dipakai dalam jangka waktu yang lama serta mempermudah gerak dan memperkecil kemungkinan kaki mengalami cedera. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata pemakaian flat shoes sama besar risikonya dengan pemakaian high heels ?

    Bahaya flat shoes bagi kesehatan kaki
    Permukaan sepatu flat shoes yang datar ternyata tidak meringankan beban yang harus ditanggung oleh otot kaki menjadi lebih ringan, sebaliknya flat shoes membuat otot kaki harus menanggung 2-3 beban lebih banyak. Beban berat yang melebihi jumlah yang harus ditanggung oleh otot kaki inilah yang menjadi penyebab beberapa permasalahan pada kaki. Berikut adalah beberapa permasalahan pada kaki yang timbul akibat pemakaian sepatu flat shoes.

    1. Melukai tendon

    [​IMG]

    Tahukah Anda tentang tendon Achilles? Urat yang satu ini adalah tendon terbesar dalam tubuh yang letaknya membentang antara tulang tumit hingga otot betis. Salah satu fungsi tendon achilles yang dapat Anda lihat secara langsung adalah posisi jari kaki yang dapat secara langsung menyentuh lantai. Ketika Anda berjalan menggunakan flat shoes, secara berulang tendon harus menanggung beban 2-3 kali lipat lebih berat dari kemampuannya. Nah, beban berat yang terus-menerus ditanggung oleh tendon lama-kelamaan akan mencederainya. Akibatnya, akan terjadi pembengkakan di sekitar tempat tendon berada, serta rasa sakit dan nyeri ketika Anda melangkahkan kaki. Tidak nyaman, bukan?

    2. Kulit tumit menjadi pecah-pecah

    [​IMG]

    Tekanan secara terus-menerus yang terjadi pada telapak kaki lama-kelamaan akan membuat kulit di bagian telapak menjadi mengeras. Kulit kaki yang mengeras secara perlahan akan mengering sehingga menimbulkan retakan pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit dibagian tumit menjadi pecah-pecah.


    Lalu, bagaimana solusi yang tepat untuk mengindari bahaya flat shoes untuk kesehatan kaki
    Meskipun Anda tidak menghindari dampak buruk dari pemakaian flat shoes, namun bukan berarti Anda tidak bisa memperkecil dampak buruk yang harus ditanggung akibat pemakaian sepatu flat shoes.

    Menggunakan bantalan kaki atau orthotics adalah cara terbaik untuk mengurangi dampak buruk dari pemakaian flat shoes tanpa harus menghentikan pemakaiannya. Bantalan kaki mampu membantu dalam mengurangi beban yang harus ditanggung oleh tendon achilles, sehingga beban berat yang harus ditanggung oleh achilles tendon menjadi berkurang. Secara tidak langsung, hal ini juga akan mengurangi beban pada otot Anda.

    Berkurangnya beban yang harus ditanggung oleh otot kaki ini, ternyata secara tidak langsung juga akan membantu mengurangi permasalahan kulit tumit yang pecah-pecah. Pecahnya kulit tumit secara otomatis akan berkurang secara perlahan ketika beban berat yang harus ditanggung oleh tumit berkurang. Cara lain untuk mengatasi? Gunakanlah pelembap khusus untuk kaki sehingga menjaga kulit kaki terutama kulit dibagian tumit menjadi lembap sehingga mengurangi kulit tumit menjadi pecah-pecah.

    Nah, itu tadi bahaya flat shoes untuk kesehatan kaki Anda dan cara mengurangi bahaya dari pemakaian flat shoes itu sendiri. Semoga bermanfaat!
     
  2. sehatd

    sehatd New Member

    Joined:
    Nov 20, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalau begitu pakek sandal jepit aja lebih aman
     
  3. 9capsokue

    9capsokue Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Waduh, padahal flatshoes pakenya ga terlalu susah tapi malah bikin kaki sakit :(
     
  4. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
  5. The sole studio

    The sole studio New Member

    Joined:
    Apr 19, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    pemakaian bantalan kaki atau orthotics memang sangat membantu penyuka flat shoes terhindar dari efek negatif flat shoes
     
Loading...

Share This Page