Tidur Berkualitas Kunci Kesuksesan

Discussion in 'General Lifestyle' started by AndaiKatacom, Jul 1, 2014.

  1. AndaiKatacom

    AndaiKatacom Member

    Joined:
    Sep 14, 2013
    Messages:
    143
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    AndaiKata.com | Sadarkah Anda, untuk menghasilkan performa puncak, Anda harus sepenuhnya waspada, dinamis, energik, dalam suasana hati yang baik, dan memiliki pemikiran yang tajam. Anda juga harus dapat berkonsentrasi, mengingat, membuat keputusan penting dan kreatif, berkomunikasi secara persuasif, dan menjadi produktif sepanjang hari.

    Semua hal tersebut dapat Anda hasilkan dengan tidur berkualitas. Kualitas tidur yang sehat telah terbukti menjadi penentu yang paling penting dalam memprediksi kesuksesan seseorang.

    Budaya modern telah menjadi penyebab utama kekurangan waktu tidur. Penggunaan gadget berlebih, internetan di malam hari, menonton televisi atau menerima telpon sebelum tidur, sering menjadi penunda waktu tidur tanpa Anda sadari.

    Sudah saatnya kita belajar untuk menghargai waktu tidur dan memahami bahwa tidur yang berkualitas mempengaruhi kesehatan, kebahagiaan dan kinerja. Lalu bagaimana cara agar bisa mendapatkan tidur berkualitas? Praktekanlah hal berikut.

    Tidur dengan durasi 6-9 Jam per malam
    Hasil penelitian yang dilakukan Cleveland Clinic Sleep Disorders Center, Ohio, AS ini menunjukkan kalau mereka yang tidur secara normal dengan durasi 6-9 jam per malam memiliki nilai yang tinggi terkait dengan kualitas hidup. Tidur normal dengan durasi 6-9 jam itu juga memiliki nilai yang rendah pada masalah depresi dibandingkan dengan mereka yang tidur sebentar atau dalam jangka waktu yang lama. Di antara para pasien dengan kondisi sehat, mereka yang tidur dalam durasi normal persentasinya lebih tinggi.

    Tidur lebih awal.
    Biasakan tidur sebelum jam 23.00, karena kebanyakan sel-sel tubuh melakukan fungsi perbaikan dan pemulihan pada jam 23.00 – 01.00 WIB. Misalnya, empedu menetralkan racun selama periode ini. Jika Anda terbangun, maka racun akan kembali ke hati, yang kemudian akan dialirkan kembali ke dalam sistem peredaran darah.

    Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.
    Hal ini dapat memenuhi kebutuhan L-triptofan untuk memproduksi melatonin dan serotonin. Mengkonsumsi buah-buahan juga dapat membantu triptofan melancarkan aliran darah ke otak.

    Hindari nonton TV sebelum tidur.
    Bahkan lebih baik lagi tidak menempatkan TV di kamar tidur. Tayangan TV merangsang ke otak, yang mengganggu kelenjar pineal, sehingga dapat menyebabkan sulit untuk tidur atau tidur dengan kualitas baik. Hal yang sama berlaku untuk menghindari kebiasaan membaca bacaan berat sebelum tidur. Jika Anda memiliki kebiasaan membaca sebelum tidur, pilihlah bacaan yang santai.

    Jangan gunakan alarm yang keras untuk membangunkan Anda di pagi hari
    Hal ini bisa membuat badan Anda sangat stres karena terbangun secara tiba-tiba. Idealnya, Anda harus tidur sampai tubuh Anda secara alami terbangun. Untuk lebih bijak jika kita menciptakan kebiasaan bangun tidur pada jadwal yang sama setiap pagi hari nya.

    Demikian hal-hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, selamat mencoba dan rasakan perbedaannya jika Anda selama ini bermasalah dengan tidur.



    Sumber : http://www.andaikata.com/inovasi/tidur-berkualitas-kunci-kesuksesan.html#ixzz36EhcCmR0
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,243
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Saya termasuk orang yang melakukan tidur berkualitas nih. Karena saya tidak pernah menonton TV sebelum tidur. Kalau nonton film di laptop sampai ketiduran sih sering.
    *pahlawan*
     
  3. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    hindari nonton tv sebelum tidur itu agak repot.. sampai kadang tv nya yang menonton kita tidur
     
  4. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    tapi banyak yang bilang jangan tidur malam lebih dari 5 jam.. gak tau juga sih kenapa alasannya.. *peace*
     
  5. retado

    retado Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Jadi ingat salah satu pebicara di program TEDx pernah ada yang bilang : kalau mau sukses, perbanyaklah jam tidur.
    Kayaknya sih itu ada benarnya ya haha tapi kalau masih mengalami sulit tidur sih harus dipertanyakan lagi apakah bisa sukses atau tidak nantinya wwkwk
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kebanyakan lebih rela habiskan waktu depan tv yaa, mending tidur lah agar ketika kerja tubuh dan otak benar" FIT
     
Loading...

Share This Page