Kenali 6 Material Kitchen Set Yang Populer

Discussion in 'Arsitektur' started by akharisma, Nov 23, 2017.

  1. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    -Welcome To My Thread-
    [​IMG]

    Dapur merupakan ruangan penting dalam suatu rumah, dapur menjadi tempat dimana segala kegiatan mengolah hingga menyiapkan makanan dilakukan. Dapur juga menjadi tempat untuk mencuci piring dan tempat untuk menaruh semua peralatan memasak. Memiliki dapur yang cantik, bersih dan rapi merupakan idaman semua ibu bahkan semua keluarga di dunia ini, karena suasana di dapur pastinya menentukan semangat dalam memasak.

    Nah, di era serba modern ini yang menuntut segalanya tampil modern, elegan dan minimalis. Hadirlah inovasi baru dalam dapur, yaitu kitchen set minimalis. Kitchen set minimalis adalah satu set perabot rumah tangga yang bisa digunakan tidak hanya untuk memasak, tetapi juga mencuci piring, dan juga untuk menata seluruh peralatan dapur dan peralatan makan dengan praktis dan kekinian. Kitchen set juga mampu membuat tampilan dapur Anda menjadi lebih elegan dan tentunya praktis.

    Sebelum memasang kitchen set dirumah, Anda harus tahu bahan / material pembuat kitchen set. Karena ada beragam material untuk kitchen set minimalis. Material lah yang membuat kitchen set Anda awet dan tahan lama. Inilah 6 Material Kitchen Set Yang Kami Rekomendasikan :

    1. Plywood / Multiplek
    [​IMG]
    Plywood merupakan jenis olahan kayu terkuat, bahan dasarnya dari kulit kayu berlapis yang dipress dengan tekanan tinggi.

    Kelebihan
    Plywood memiliki tekstur lapisan kayu yang begitu rapat. hal ini yang membuatnya lebih kokoh dan memiliki daya tahan terhadap air yang baik. Karena kelebihannya, plywood dinilai cocok digunakan sebagai material kitchen set minimalis, terutama untuk dapur yang basah

    Plywood terdiri dari kombinasi serat-serat kayu dan kulit kayu dimana permukaan luarnya lebih kuat dibandingkan dengan permukaan tengah, hal ini difungsikan agar multiplek tahan terhadap pemuaian dan tidak mudah ditekuk. Dengan pemakaian yang baik material ini mampu bertahan hingga 10 tahun.​
    Kekurangan
    Karena kelebihannya, plywood memiliki harga yang terbilang cukup mahal. Namun mahalnya harga terbayar oleh kualitasnya.

    2. Blockboard
    [​IMG]
    Blockboard memiliki kemiripan dengan plywood, hanya saja lapisan blockboard terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun secara horizontal, sedangkan lapisan multiplek disusun secara vertikal. Salah satu jenis kayu yang digunakan adalah sengon laut, salah satu jenis kayu yang kokoh dan tahan air.

    Kelebihan
    Blockboard memiliki ketahanan terhadap air, sehingga tidak salah jika digunakan sebagai material pembuat kitchen set minimalis. Blockboard memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan plywood, jadi bagi Anda yang hanya memiliki budget terbatas dapat memilih kitchen set minimalis dengan bahan dasar blockboard untuk memperindah tampilan dapur rumah Anda.

    Kekurangan
    Keawetan blockboard masih kalah dengan plywood, material plywood masih jauh lebih awet.

    3. MDF
    [​IMG]
    MDF atau Medium Density Fiberboard merupakan jenis kayu olahan yang terbut dari serbuk kayu yang dipress dengan tekanan tinggi. Material MDF juga banyak digunakan sebagai rangka pembuat furniture, salah satunya juga kitchen set minimalis.​

    Kelebihan
    Dalam segi harga, MDF memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding plywood dan blackboard, dan memiliki permukaan yang lebih halus. MDF juga memiliki ketebalan yang bagus, fleksibel dan lebih mudah ditekuk

    Kekurangan
    MDF tidak memiliki ketahanan terhadap air, Kami menyarankan MDF dipakai untuk dapur yang kering.

    4. HPL

    [​IMG]
    HPL atau High Pressure Laminate merupakan bahan pelapis berbentuk lembaran yang digunakan sebagai penutup paling atas suatu furniture atau mebel. HPL terbuat dari resin dan decorative paper yang memiliki corak dan warna yang beragam yang dapat kita gunakan guna dalam menambah kesan estetika kitchen set minimalis Anda.


    Kelebihan

    HPL sangat praktis untuk diaplikasikan, HPL juga memiliki warna dan corak yang beragam. Lembaran HPL sangat mudah untuk dibersihkan serta aman dan ramah lingkungan. Untuk harga, HPL memiliki harga yang terjangkau.

    Kekurangan

    Dari segi estetika, warna dan corak HPL masih kalah dari pelapis finishing lain seperti cat duco yang tampil jauh lebih menawan dan elegan.

    5. Decosheet

    [​IMG]
    Decosheet atau yang biasa disebut tacosheet. Pelapis lembaran ini terbuat dari bahan plastik yang lebih tipis dari HPL, karena bentuknya yang tipis decosheet sangat mudah untuk dibentuk. Decosheet merupakan pilihan yang baik untuk kitchen set minimalis, terutama untuk jenis dapur kering.

    Kelebihan
    Decosheet terbuat dari bahan yang tidak mudah mengelupas, dan fleksibel. Decosheet mampu mengikuti bentuk lengkungan dengan baik.

    Kekurangan
    Karena terbuat dari bahan yang tipis, jika tidak digunakan dengan baik maka bahan ini tidak akan bertahan lama. Selain itu bahan decosheet juga tidak tahan terhadap minyak dan panas.

    6. Cat Duco
    [​IMG]

    Yang terakhir ialah cat duco, cat duco merupakan tipe finishing yang paling mahal. Cat duco mampu membuat kitchen set minimalis tampil elegan dan menarik dengan pilihan warna dan corak yang beragam

    Cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahannya itu sendiri, sehingga untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan waktu yang cukup untuk proses pengerjaannya.

    Kelebihan
    Cat duco tersedia dalam 2 pilihan, untuk Anda yang menyukai warna mengkilap dalam menggunakan tipe glossy sedangkan bagi yang sebaliknya dapat menggunakan tipe doff atau semi glossy.
    Hasil inovasi terbaru saat ini terdapat cat duco dengan corak yang menyerupai marmer, motif batu-batu dan banyak pilihan warna dan corak lainnya.

    Kekurangan
    Cat duco adalah tipe finishing yang paling mahal dibandingkan dengan HPL dan decosheet, dan hal ini menjadi salah satu kekurangan dari tipe ini.
    Dibutuhkan budget yang lebih banyak jika ingin menggunakan cat duco sebagai bahan pelapis kitchen set Anda.

    Saran
    Pilihlah material kitchen set minimalis, sesuai kebutuhan dan budget agan. Jika ingin memakai bahan kayu, pilihlah plywood karena memiliki kelebihan lebih kokoh dan tahan air. Untuk finishing, pilihlah cat duco,karena cat duco mengedepankan kekuatan dari bahannya, serta saat ini telah terdapat berbagai pilihan dan corak yang agan dapat pilih.

    Sumber : Klik Disini
     
  2. jorucel

    jorucel Member

    Joined:
    May 8, 2014
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kalo pake hpl di dapur kayanya bisa membuat dapur berkesan lebih klasik :D
     
Loading...

Share This Page