Manfaat melakukan posisi duduk yang benar ketika makan sesuai sunah rosul

Discussion in 'Health & Medical' started by ichakhan, Nov 27, 2017.

Tags:
?

bagaimana posisi duduk anda ketika makan ?

  1. duduk melipat

    1 vote(s)
    100.0%
  2. duduk di kursi

    0 vote(s)
    0.0%
  1. ichakhan

    ichakhan Member

    Joined:
    Nov 3, 2017
    Messages:
    26
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Dalam islam ada beberapa adab yang mengatur tatacara melakukan berbagai hal, termasuk Adab ketik makan. Ketika makan pun dianjurkan mengikuti sunah rosul karena banyak membawa manfaat bagi kesehatan, antara lain :


    Menyehatkan pencernaan.
    Dalam hal ini Rosululloh sendiri pun tak pernah mencontohkan makan dan minum sambil berdiri. Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani mengatakan,” Makan dan minum sambil duduk akan lebih sehat, lebih selamat dan klebih sopan.” Coba anda cermati kata,”lebih sehat,lebih selamat” ada apa dibalik itu? Ternyata riset membuktikan makanan yang dimakan sambil duduk akan berjalan secara perlahan dan lembut menuju dinding usus.

    Lain halnya apabila makan dan minum dengan berdiri, makanan atau minuman yang dimakan akan jatuh secara keras kedasar usus serta menabraknya dengan keras. Dan apabila hal ini terjadi terus – menerus akan menyebabkan melarnya usus, dan resiko disfungsi pencernaan. Yaitu gangguan system pencernaan. Yaitu susahnya lambung dalam mencerna makanan.

    Menyehatkan ginjal.
    Ketika kita makan atau minum sambil duduk, cairan atau makanan yang kita telan, disaring terlebih dahulu oleh sfringer yang bisa terbuka atau tertutup sesuai dengan jalurnya. Bila kita minum sambil berdiri, cairan akan langsung menuju kandung kemih tanpa adanya penyaringan. Selain penyerapan cairan jadi tidak maksimal, kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah di ginjal. Makanan dan minuman terasa lebih nikmat dan sehat dengan cara duduk.

    Terhindar dari penyakit asam lambung.
    Dr. Ana Budi Rahayu, SpS, juga menjelaskan bahwa makan sambil berdiri akan menyebabkan terjadinya reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. Karena itu cara mencegah reflux asam lambung ini dengan makan sambil duduk.

    Terhindar dari dehidrasi.

    Tulang pun mengandung air sebanyak tiga puluh sampai empat puluh persen. Sebagian besar darah terdiri dari air dimana terdapat larutan bahan-bahan selain sel-sel darah. Akibatnya bilamana pembuangan air dari dalam tubuh lebih besar daripada pemasukannya, terjadilah dehidrasi yaitu kekurangan zat cair dalam tubuh. Begitu juga kadar air dalam jaringan tubuh diatur dengan tepat. Jika terdapat selisih sepuluh persen saja maka gejala-gejala serius akan timbul. Kalau selisih ini mencapai dua puluh persen maka orangnya akan mati. Oleh karena itu, dianjurkan memuntahkan air apabila terlanjur minum sambil berdiri seperti yang disebut dalam hadits di atas. Para ahli hikmah juga memberi jalan keluar bila terpaksa minum sambil berdiri yaitu menggerak-gerakan dua ibu jari kaki insya Allah akan dapat menolak efek-efek negatif seperti yang disebut di atas.

    Menyegarkan tubuh.
    Menurut Ibnul Qoyyim ada beberapa afat (akibat buruk) bila minum sambil berdiri. Apabila minum sambil berdiri, seperti pendapat Ibnul Qoyyim, maka di samping tidak dapat memberikan kesegaran pada tubuh secara optimal juga air yang masuk kedalam tubuh akan cepat turun ke organ tubuh bagian bawah. Hal ini dikarenakan air yang dikonsumsi tidak tertampung di dalam maiddah (lambung) yang nantinya akan dipompa oleh jantung untuk disalurkan keseluruh organ-organ tubuh. Dengan demikian air tidak akan menyebar ke organ-organ tubuh yang lain. Padahal menurut ilmu kedokteran tujuh puluh persen dari tubuh manusia terdiri dari zat cair

    Jadi adab makan dan minum dalam islamatau adab makan dan minum dalam agama islam ada dua cara duduk: berlutut (jongkok) atau melipat kaki kanan dan menduduki kaki kiri itulah contoh adab makan dan minum yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya semuanya. Semoga kita mampu mengamalkan dan menyampaika. Amin.

    Selayaknya kita pengikut Rasulullah untuk mengamalkan apa yang perintahkan oleh Rasulullah tentang adab makan dan minum dalam agama islam karna kita tidak mengetahui secara pasti apa yang terkandung dari apa yang telah di contoh-kannya. Karna pasti ada hikmah yang belum diketahui oleh manusia.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih sangat memberi pelajaran bagi yang membaca, dimana saat ini banyak terjadi saat pesta dengan pakaian yang serba wah kekinian dengan prasmanan ini bertentangan dengan apa yang diajarkan rosul untuk makan sambil duduk,
     
  3. ichakhan

    ichakhan Member

    Joined:
    Nov 3, 2017
    Messages:
    26
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    iya sama-sama, alhamdulillah jika informasi ini dapat bermanfaat. :)
     
Loading...

Share This Page