Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Discussion in 'Education' started by Mujaini, Jul 14, 2017.

  1. Mujaini

    Mujaini New Member

    Joined:
    Nov 17, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Percaya diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. dimana ia merasa memiliki kompetensi, yakin, mampu dan percaya bahwa dia bisa karena didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang realistik terhadap diri sendiri.


    Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya.


    Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87), percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri.


    Percaya diri dapat diartikan bahwa suatu kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki dapat di manfaatkan secara tepat. Psikolog W.H.Miskell di tahun 1939 telah mendefinisikan arti percaya diri dalam bukunya yang bertuliskan “ Percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.” Tak lain halnya psikolog ultra kondang maslow yang berkata “Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan aktualitas diri.


    Dengan percaya diri orang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri. Sementara itu, kurangnya percaya diri akan menghambat pengembangan potensi diri. Jadi orang yang kurang percaya diri akan menjadi seseorang yang pesimis dalam menghadapi tantangan, takut dan ragu-ragu untuk menyampaikan gagasan, serta bimbang dalam menentukan pilihan dan sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain”. Percaya diri dapat berlaku dalam semua aspek kehidupan, seperti bersosialisasi, bisnis, berpolitik, berkarir dan lain sebagainya. Adapun cara untuk menumbuhkan kepercayaan diri adalah :


    1. Rileks


    Bersikaplah rileks jangan terlalu formal, jika terlalu formal maka akan menyempitkan pemikiran anda dan akan membuat kaku suasana. Dengan bersikap rileks, apa yang sedang dihadapi ataupun dikerjakan akan berjalan dengan suasana santai dan tenang tanpa ketegangan.


    2. Lupakan standar yang ditetapkan orang lain


    Lakukanlah sesuatu sesaui dengan standar yang kita miliki, jangan mengikuti standar orang lain. Orang lain memiliki nilai yang berbeda, dan sekeras apa pun mencoba, kita tidak pernah bisa memuaskan semua orang. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut kita gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, ataupun sebutan lainya. Bertahanlah pada standar yang kita miliki, bukan pada standar yang dimiliki oleh orang lain. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita kecil tapi lincah dan cerdas, gendut tapi pintar, membosankan tapi kreatif dan lain sebagainya.


    3. Memperbaiki penampilan


    Perbaikilah penampilan, memang yang sebenarnya dilihat oleh orang lain untuk pengenalan lebih lanjut adalah sikap dan kepribadian diri, tapi penampilan juga perlu untuk ditunjukkan yang lebih baik agar orang bisa tertarik melihat penampilan kita. Jagalah penampilan yang menarik bukan norak dan berlebihan, potonglah rambut sesuai dengan selera tapi tidak aneh, pakailah baju yang pas tidak disobek-sobek (he he he jangan terlalu serius), dan pakailah atribut lain sewajarnya saja.


    4. Memperbaiki diri


    Perbaikilah diri kita, baik dari segi kepribadian, sikap, karakter dan lain sebagainya. Demikian pula menggali bakat, skill dan kemampuan agar menjadi manusia yang hebat. Dengan perbaikan tersebut seseorang akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi, selain itu akan menumbuhan rasa percaya diri.


    5. Selalu Berpikir Positif


    Dengan berpikir positif kita akan melakukan sesuatu tanpa beban pikiran, akan tumbuh rasa percaya diri. Oleh karena itu hilangkanlah pemikiran-pemikiran negatif yang ada pada diri. Kembangkan pikiran-pikiran positif yang akan mempengaruhi tindakan untuk menjadi pribadi lebih baik lagi.


    6. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan


    Janganlah minder jika melihat orang lain mempunyai kelebihan, karena dibalik kelebihannya dia pasti mempunyai kekurangan. Begitupun sebaliknya jangan minder dengan kekurangan anda karena dibalik itu anda mempunyai kelebihan. Lakukan saja apa yang bisa anda lakukan dan kerjakan yang terbaik.


    7. Coba dan lakukan


    Coba saja apa yang ingin anda lakukan, dan lakukan apa yang mesti anda lakukan. Siapa tahu anda mendapatkan apa yang anda inginkan. Jika gagal berarti anda adalah orang yang berani untuk mencoba, berbeda dari orang lain yang hanya menjadi penonton. Lakukan yang terbaik menurut anda, selama itu memang pekerjaan yang baik maka anda tidak perlu khawatirkan apapun, tindakan yang baik tidak akan membahayakan siapapun termasuk diri anda sendiri.


    8. Tempatkanlah malu pada tempatnya


    Jangan salah dalam menempatkan malu pada tempatnya, jika mencuri tidak merasa malu, jika melanggar aturan dikatakan hebat, tapi jika melakukan kebaikan kita merasa malu seperti membuka bisnis dan berbuat kebaikan yang lainnya. Jika tidak bisa menempatkan malu pada tempatnya maka kita akan minder dalam melakukan hal-hal yang baik.


    9. Menjadi diri sendiri


    Setiap orang sudah diberikan oleh Tuhan kebaikan dan kelebihan, tidak perlu minder dengan kekurangan diri. Jadilah diri sendiri dengan melakukan yang terbaik, karena orang lain belum tentu lebih baik dari kita. Kita yang tahu apa yang terbaik untuk kita, oleh karena itu lakukan yang terbaik dan perbaiki diri serta mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik.


    10. Tonjolkan kelebihan


    Untuk meningkatkan kepercayaan diri maka tonjolkan kelebihan yang dimiliki, karena dengan demikian, kita akan percaya dengan kemampuan diri sendiri. Tidak merasa minder karena kita juga mempunyai kelebihan seperti orang lain yang mempunyai kelebihan.


    11. Berteman dengan orang yang PD (Percaya Diri)


    Perbanyaklah berteman dengan orang yang percaya diri kita akan tertular olehnya, karena tingkah laku yang baik biasanya menular pada orang lain. Begitu juga sebaliknya, tingkah laku yang buruk juga akan menular. Ambil hal-hal yang positif dari mereka dan saling bertukar pikiran dan nasehat yang baik.


    12. Bebas berpikir dan berekspresi


    Janganlah kungkung pemikiran anda dengan pemikiran-pemikiran yang tidak berguna, berpikirlah positif dan hal yang baik-baik. Begitupun kerjakan sesuatu sesuai dengan keinginan anda selama tidak melanggar aturan, anda bebas untuk berekspresi selama tidak merugikan orang lain dan melanggar aturan.


    13. Belajarlah dari kesalahan


    Belajarlah dari kesalahan, agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. perbaikilah diri karena hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri. Rasa percaya diri anda mungkin tertutup oleh ketakutan untuk mengulang kesalahan yang pernah anda lakukan di masa lalu. Untuk mengatasi hal ini, anda justru harus mempelajari lagi kesalahan-kesalahan tersebut sehingga tidak akan terulang lagi di masa depan.


    14. Bersyukur atas apa yang Anda miliki


    Minder dengan kekurangan hanya akan menghancurkan kepercayaan pada diri sendiri, bersyukurlah atas apa yang telah Tuhan berikan. Tidak ada yang sempurna didunia ini, yang perlu dilakukan adalah melakukan yang terbaik untuk diri kita dan terus mengembangkan kemampuan yang ada pada diri kita.


    Demikeianlah ulasan tentang Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri, agar yakin dan berani dalam menghadapi suatu hal dan resiko yang ada.


    Sumber : Mujee.in
     
  2. Terimakasih yah gan infonya, sekarang aku lebih percaya diri lagi*senang*
     
  3. Mujaini

    Mujaini New Member

    Joined:
    Nov 17, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    oke sama2 mudah2han bermanfaat
     
  4. AyuRahmawati

    AyuRahmawati Member

    Joined:
    Nov 2, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Yang paling susah ialah tempatkan malu pada tempatnya, kadang kita kalah dengan malu atau sungkan tersebut, nah kalau dicoba semua tips nya pasti bisa, apalagi kalau udah penampilan diperbaikin
     
  5. Mujaini

    Mujaini New Member

    Joined:
    Nov 17, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Oke gan sama2... mudah2han bermanfaat
     
  6. Mujaini

    Mujaini New Member

    Joined:
    Nov 17, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    memng untuk menempatkan malu pada tempatnya susah... yang terpenting kita memkai jurus berpikir positif ketika menempatkan malu pada tempatnya
     
  7. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    setalah baca artikel ini, semoga percaya diri saya semakin bertambah
     
  8. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Bener tuh, setuju banget, jadi jangan berlebihan malunya ya
     
  9. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Wah makasih gan infonya sangat bermanfaat buat ane yang suka kurang perca diri :)
     
Loading...

Share This Page