Pilih Mana? Plafon Shunda / Gypsum?

Discussion in 'Arsitektur' started by akharisma, Nov 21, 2017.

  1. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    -Welcome To My Thread-
    Plafon-Shunda-Atau-Plafon-Gypsum.jpg
    Apakah agan sudah tahu perbedaan plafon shunda dengan plafon gypsum? Atau agan sedang ingin memasang plafon rumah? Tapi bingung karena banyaknya pilihan mengenai jenis plafon?

    Mungkin artikel dari saya berikut dapat membantu. Berikut akan dibahas mengenai plafon rumah modern yang sering dipakai yaitu plafon gybsum dan plafon shunda.

    Model plafon rumah yang paling sering dipakai juga bermacam-macam, tergantung bentuk rumah dan keinginan para pemiliknya. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari plafon shunda dan plafon gybsum.

    1. Ketahanan Terhadap Air
    Plafon shunda terbuat dari bahan pvc seperti pipa sehingga memiliki kelebihan tahan air. Jadi agan tidak perlu merasa takut akan adanya kebocoran plafon. Yang perlu dipastikan saat menggunakan plafon shunda adalah pemasangan atap yang benar agar menghindari kebocoran atap. Karena walaupun plafon shunda tahan air, tapi atap bocor tetap saja akan mengakibatkan kerusakan dalam waktu jangka panjang.

    Selain itu pemasangan baja ringan sebagai penahan plafon shunda harus diperhatikan penuh untuk menghindari kerusakan pada plafon shunda yang mungkin bisa “terluka” saat pemasangan.

    Sedangkan untuk plafon gypsum, bahan yang dipakai memang tahan air tetapi jika terjadi kebocoran atap dalam jangka panjang dapat memberikan noda kecoklatan pada plafon rumah agan. Segera perbaiki atap bocor ketika terjadi hal seperti ini. Perawatan plafon gybsum juga harus diperhatikan secara berkala. Karena ketika basah dapat membuat bahannya menjadi rapuh.

    2. Tahan Panas
    Baik plafon shunda maupun plafon gypsum sebenarnya tidak secara langsung tahan terhadap panas, tetapi dikarenakan saat pemasangan atap rumah modern biasanya akan dilapisi insulator panas (Heat Insulator).

    Tetapi plafon dengan bahan gypsum dan shunda juga memiliki peran penting disini, kedua plafon ini tidak menghantarkan panas sehingga saat panas mengenai insulator, panas yang diterima plafon gypsum dan plafon shunda berkurang. Kemudian plafon bukan penghantar panas hanya meresap sedikit panas. Jadi dapat dikatakan bahwa keduanya mampu mengurangi panas pada rumah agan.

    3. Kelenturan Bahan
    Jika membicarakan kelenturan bahan, maka plafon shunda adalah pemenangnya. Bahan dari PVC membuatnya lebih lentur daripada bahan plafon gypsum. Plafon shunda yang lentur berarti akan membuatnya mudah saat peremajaan. Bongkar pasang yang lebih mudah membuatnya menjadi salah satu plafon populer untuk rumah saat ini.

    Sedangkan untuk plafon gypsum sendiri, masih kalah jauh jika dibandingkan dengan plafon shunda. Tetapi semua kembali ke tangan dan selera masing-masing. Jika ingin tahu bagaiman perbedaan bahan ketika disentuh tentu saja plafon shunda lebih halus daripada plafon gybsum. Jika sejauh ini Anda sudah menilai plafon shunda lebih baik anda dapat melakukan pemesanan plafon shunda

    4. Ketahanan Terhadap Api

    Kebakaran merupakan resiko tertinggi yang ingin dihindari. Keuntungan plafon shunda dari plafon gybsum adalah plafon shunda tidak menyebarkan api. Hal ini berarti plafon shunda tidak terbakar dan tidak mampu menyebarkan api ke bagian bangunan lainnya. Dengan bahan PVC, jika terjadi kebakaran bahannya cenderung akan meleleh. Sedangkan plafon gybsum cenderung menyebarkan api dan dapat mengakibatkan kebakaran lebih besar.

    Setelah membaca perbandingan antara kedua plafon diatas, sudahkah agan menentukan plafon mana yang akan agan beli dan pakai?

    Sumber : Klik Disini
     
  2. jorucel

    jorucel Member

    Joined:
    May 8, 2014
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    hmmm masing-masing punya kelebihan kekurangan masing-masing jadi bingung mana yang lebih bagus :D
     
  3. ekselsior

    ekselsior Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    ane sih dulu pake shunda, bahkan baru denger ada yang gypsum....
     
  4. Fahmi Alfarizi

    Fahmi Alfarizi Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    272
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
  5. nyelenih

    nyelenih Member

    Joined:
    Nov 20, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
  6. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Info seperti ini wajib diketahui tukang / pemborong bangunan. Jadi kalau pemilik rumah tanya bagus mana plafon shunda sama gypsum, kita bisa menjelaskan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Saya malah tidak tahu, plafon rumah saya terbuat dari bahan apa
     
  7. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Iyaa kang harus dipertimbangkan dengan baik...:D
     
  8. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Iyaa kang, betul sekali. Seharusnya baik dari tukang maupun pemilik rumah harus tahu bahan material apa yang pas untuk rumahnya
     
  9. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    mana yg lebih murah itulah yg saya pilih :D
     
  10. 9capsokue

    9capsokue Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kalau disuruh milih berarti tergantung mau digunakan untuk bangunan jenis apa ya, kalau hanya untuk bangunan yang tidak terlalu sering dipakai seeprti bagian belakang rumah berarti pakai plafon yang shunda juga cukup. Tapi dari segi harga mahalan mana ya? Maklum lah kalau sudah masalah elemen konstuksi bangunan seperti ii harus pintar2 juga pilihnya.
     
Loading...

Share This Page