Pilih Mana? Plafon GRC Atau Plafon Gypsum?

Discussion in 'Arsitektur' started by akharisma, Sep 15, 2017.

  1. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    -Welcome To My Thread-
    pilih-mana-grc-atau-gypsum.jpg
    Papan GRC (GRC Board) dan Papan Gypsum (Gypsum Board) merupakan material plafon yang paling populer saat ini. Banyak orang yang menggunakan salah 1 dari material ini, baik itu papan GRC atau papan gypsum. Namun tak jarang juga yang bingung memilih ingin memasang plafon dengan material GRC atau gypsum. Disini saya akan paparkan informasi yang akan memperkaya wawasan agan agan sekalian.

    Plafon GRC (Glassfiber Reinforced Cement)
    [​IMG]
    Bahan utamanya adalah campuran dari serat semen dan keunggulan utamanya adalah kuat dan tahan bocor. Di segi harga, plafon GRC lebih mahal dibanding plafon gypsum namun mengingat masa pakainya yang lebih panjang daripada gypsum maka sebenarnya dapat dikatakan bahwa plafon GRC lebih murah. Penggunaan plafon GRC di Indonesia saat ini masih terbatas hanya untuk plafon saja, tidak seperti di luar negeri yang aplikasinya sangat luas, yaitu untuk siding dan pelapis lantai kamar mandi atau dapur. Sayangnya, pemasangan plafon GRC ini membutuhkan waktu yang lama, tenaga yang lebih banyak dan biaya yang lebih mahal.

    Plafon Gypsum
    [​IMG]

    Plafon gypsum memiliki beberapa kelebihan dalam hal pemasangan yang sangat mudah dan cepat. Selain itu gypsum memiliki sifat non-combustible (tahan api), sehingga jika terjadi kebakaran tidak cepat menyebar. Kombinasi dengan rangka metal menjadikan plafon gypsum sebagai struktur yang kokoh. Satu hal yang disukai oleh para arsitek atau desainer adalah kemudahan membentuk gypsum menjadi segala bentuk yang estetis, serta finishingnya yang rapi (sambungan tidak terlihat). Harga plafon gypsum lebih murah daripada plafon GRC. Kekurangan utamanya adalah sifatnya yang tidak tahan air, namun itu berlaku untuk plafon gypsum standard. Beberapa prabik gypsum memproduksi gypsum board yang tahan air (water resistant), memiliki lapisan anti air pada permukaannya dan biasanya digunakan untuk kamar mandi. Namun harganya relatif mahal.

    Perbandingan Plafon GRC & Gypsum
    Telah jelas bahwa kedua material plafon diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Konsumen yang bijak akan memilah dan memilihnya sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas namun ingin memiliki plafon rumah minimalis dengan model yang istimewa, kami sarankan untuk memilih plafon gypsum. Kekurangannya terhadap air dapat dengan mudah disiasati, antara lain dengan cara sebagai berikut :
    1. Pilih plafon gypsum yang berkualitas tinggi atau jika ada anggaran yang lebih, Anda dapat memilih plafon gypsum water resistant (hubungi aplikator plafon gypsum yang terpercaya untuk memudahkan proses ini) .
    2. Anda harus memastikan bahwa konstruksi atap rumah terpasang dengan baik dan bebas dari kebocoran. Apabila atap tersebut adalah dak beton, maka pastikan dak beton tersebut telah terlapisi oleh waterproofing dan telah teruji bebas bocor. Dan jika struktur atap menggunakan rangka kayu dan penutup genteng, tambahkan lapisan triplek atau aluminium foil sebagai penahan jika terjadi kebocoran.
    3. Terakhir, jangan terburu-buru memasang plafon gypsum sesaat setelah atap terpasang. Tunggu 1×24 jam untuk mengecek apakah ada kebocoran atau tidak. Hal ini berlaku untuk pembangunan rumah baru saja.
    Lihat Daftar Harga Pasang Plafon Murah : Disini
     
  2. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    281
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    keren keren tuh jadi bingung mau pilih grc atau gypsum,,mkasih informasinya om:)
     
  3. acep saepul

    acep saepul Member

    Joined:
    Jan 4, 2017
    Messages:
    74
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Jadi bingung disuguhkan pilihan yang sama sama bagus kualitasnya *bingung*
     
  4. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    GRC / Gypsum memang material yang paling populer untuk gypsum gan. Sama-sama gan:D
     
  5. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Iyaa gan, memang butuh perhitungan terlebih dahulu gan untuk memilihnyaa...:D
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Tapi kalau dari segi kekuatan bahan, GRC lebih kuat kayanya ya dari Gypsum, karena gypsum empuk" banget kalau dirumah hihii
     
  7. 9trayeri

    9trayeri New Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    65
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kalo saya sih lebih milih gypsum untuk pelengkap di sudut atap sih, atap jadi keliatan sejuk karna ada ukiran2 gitu kan
     
Loading...

Share This Page