Hukum Doa Iftitah Dalam Sholat Wajib Menurut Hadits

Discussion in 'Education' started by Bella10, Oct 31, 2017.

  1. Bella10

    Bella10 New Member

    Joined:
    Mar 21, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Pengertian tentang Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat adalah salah satu Bacaan Doa yang bisa dibacakan atau diamalkan oleh Setiap Muslim – Muslimah baik di Sholat Wajib Lima Waktu maupun dibacakan di saat mengerjakan Sholat Sunnah. Dan Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat ini dibacakan setelah Seorang Muslim – Muslimah melakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram yang dibarengi dengan membaca Takbir (Allahu Akbar), setelah Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram tersebut maka Bacaan Doa Iftitah dalam Sholat tersebut dibacakan (Sebelum Membaca Surat Al Fatihah) disaat Rakaat Pertama.

    [​IMG]

    Kemudian perlu kalian ketahui juga sebagai Pembaca Muslim di Forum Bersosial bahwa didalam Keutamaan Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat sangatlah banyak sehingga sangat dianjurkan sekali bagi kalian Setiap Muslim – Muslimah untuk membaca (mengamalkan) Bacaan Doa Iftitah tersebut ketika kalian mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya. Dan disini saya akan memberikan penjelasan tentang Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat bagi kalian Pembaca Muslim di Forum Bersosial ini karena tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana pasti masih banyak Pembaca Muslim yang belum begitu memahami tentang Hukum Doa Iftitah Dalam Sholat ini.

    Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat

    Dan langsung saja bahwa Hukum Membaca Doa Iftitah Saat Mengerjakan Sholat adalah Sunnah, dan dalam hal ini lebih tepatnya Sunnah Haiat yakni Amalan – Amalan Sunnah didalam Sholat, jika ditinggalkan baik secara sengaja maupun tidak disengaja itu tidak apa – apa dan tidak diharuskan untuk melakukan Sujud Sahwi. Oleh karena itu jika kalian tidak membaca (tidak mengamalkan) Bacaan Doa Iftitah didalam mengerjakan Sholat Wajib, maka kalian tidak berdosa dan hal itu tidak membatalkan Sholat Wajib karena sekali lagi Hukum Doa Iftitah Saat Sholat adalah Sunnah, Bukan Rukun Sholat.

    Hanya saja sangat disayangkan sekali jika kalian tidak membaca Doa Iftitah ini karena selain telah dianjurkan dan disunnahkan untuk dibacakan ketika saat mengerjakan sholat, Keutamaan Membaca Doa Iftitah juga sangatlah banyak sehingga sangat dianjurkan sekali bagi kalian umat muslim untuk membaca Doa Iftitah Dalam Sholat Wajib. Mungkin dalam hal ini bisa kalian Hadits Shahih dari Ali bin Abi Thalib RA berkata bahwa : ‘’ Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam apabila Sholat, Beliau membaca Doa Iftitah..... ‘’.

    Kemudian Bagaimana mana kalau Seorang Imam Sholat tidak membaca Doa Iftitah dan langsung membaca Suratan Al Fatihah, apakah makmum tetap membaca doa iftitah tersebut ?. Maka jawabannya boleh, dan dalam hal ini bisa kalian lihat penjelasan dari Ulama (Madzhab) Syafi'i mengatakan bahwa : '' Disunnahkan bagi Makmum Sholat untuk membaca Doa Iftitah walaupun seorang imam sudah mengeraskan bacaan suratnya dan makmum mendengarkannya ''.

    Demikianlah pembahasan tentang Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat dan semoga ulasan sederhana ini bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim di Forum Bersosial. Lalu sebagai tambahan informasi saja bahwa jika kalian ingin memahami tentang Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Benar Sesuai Hadits dan pembahasan tentang Hukum Doa Iftitah Sholat Sunnah, maka bisa langsung kalian menuju ke Tautan tersebut karena disitu telah dibahas secara lebih detail tentang Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat.
     
  2. jamutetes

    jamutetes Member

    Joined:
    Nov 26, 2017
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    betul, jangan menyepelekan hal-hal yang menurut fiqih sunnat, ada banyak fidilah di dalamnya
     
  3. Diah Fitriani

    Diah Fitriani New Member

    Joined:
    Jan 9, 2018
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Berarti bisa ditarik kesimpulan doa iftitah ini sangat" dianjurkan yaa, makasih infonya
     
  4. Firman Maulana

    Firman Maulana New Member

    Joined:
    Jan 31, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Berarti Jika sunnah, ketika kita membacanya akan mendapat pahala sholat wajib dan bacaan iftitah yaa, jadi makin semangat...
     
  5. Tony Gunawan

    Tony Gunawan New Member

    Joined:
    Feb 6, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bener banget mas Firman, bagus nya sih yaa, kita lakukan aja, toh mending dapat pahala lebih kan
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul mba diah, lebih baik di amalkan agar mendapatkan nilai pahala yang lebih, agar timbangan amal kebaikan kita bertambah berat
     
  7. Wanto25

    Wanto25 Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Selama ini ane belum pernah tahu hadistnya Doa iftitah....terimakasih gan.
     
Loading...

Share This Page