Saingi Google, Bill Gates Bangun Smart City Masa Depan

Discussion in 'Science' started by Tirah Wawas, Nov 16, 2017.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    315
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Apabila kita ingin benar – benar merubah cara hidup kita, maka yang paling masuk akal kita harus merubah tempat dimana kita ingin tinggal. Masalahnya melakukan perubahan pada sebuah kota memerlukan biaya yang sangat besar. Sebuah proyek untuk membuat kota modern dan membawanya ke masa depan hanya dapat dilakukan oleh orang terkaya di dunia ini. Nah, itulah yang akan dilakukan oleh Bill Gates. Ia akan membangun sebuah kota pintar masa depan.

    Saat ini banyak sekali bentuk teknologi yang telah menyatu dalam kehidupan kita. Namun, kita juga tidak bisa melupakan bahwa pondasi dimana kita hidup saat ini merupakan hasil dari perubahan dari abad ke abad.

    Seperti dilansir dari The Verge, Bill Gates pada tahun 2017 ini masih dianggap sebagai salah orang terkaya di dunia. Walaupun Jeff Bezos dari Amazon berhasil melampuinya. Untungnya bagi dunia ini, Bill Gates bukanlah seseorang yang senang menikmati uang. Malah sepanjang hidupnya ia selalu memulai bermacam – macam proyek.

    Belmont Partners merupakan salah satunya, sebuah perusahaan properti yang telah menginvestasikan dana sebesar 80 juta dolar Amerika untuk membeli tanah seluas 10,117 hektar. Tanah ini terletak di sebelah barat kota Phoenix, di negara bagian Arizona.


    Komunitas yang nantinya lahir di wilayah tersebut akan disebut dengan Belmont yang ditargetkan untuk menjadi sebuah kota pintar (smart city). Proyek ini akan sangat berbeda dengan proyek properti pada umumnya. Ini disebabkan oleh fokusnya yang melihat masa depan yang sebagai tujuannya. Penerapan segala bentuk teknologi akan menjadi tujuan utama, dimulai dengan integrasi dengan jaringan berkecepatan tinggi berikut data center di dalam infrastrukturnya.

    Metode pembangunan yang digunakan juga baru, jalan – jalan akan didesain untuk penggunaan mobil tanpa pengemudi. Selain itu akan tersedia pusat logistik otonom untuk mendistribusikan barang – barang secara otomatis.

    Tanah seluas 1,500 hektar akan didedikasikan untuk ruang komersial dan perkantoran. Sementara 190 hektar untuk sekolah dan secara total diharapkan akan dapat dibangun sebanyak 80,000 rumah.

    Kota pintar milik Bill Gates ini bukanlah satu – satunya yang sedang dalam persiapan. Seperti kita ketahui Google pun tengah tertarik untuk membangun sebuah kota. Sebuah kota yang berdasarkan filosofi mereka dan teknologi yang mereka miliki. Namun, saat ini semua itu masih berupa tanah kosong.

    Sumber
     
    lasealwin likes this.
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Persaingan bisnis antara google vs microsoft sepertinya akan makin seru. Menggabungkan konsep bisnis IT dan properti membuat generasi masa depan akan berbisik... aku ingin pindah ke "Belmont-karta..."
     
  3. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Sebuah kota pintar ya....
    Lalu haruskah kita merebut energi secara paksa untuk mensuplai kota pintar terebut?
    Salam kesederhanaan.
     
Loading...

Share This Page