Makanan Ini Ternyata Baik Juga Dikonsumsi Saat Terkena Pilek Dan Flu

Discussion in 'Health & Medical' started by Ani Nuraeni, Sep 23, 2017.

  1. Ani Nuraeni

    Ani Nuraeni Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    163
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Pilek adalah infeksi kecil pada hidung, saluran sinus, tenggorokan dan saluran pernafasan bagian atas oleh serangan virus. Pilek bisa dialami oleh siapa saja, dari anak-anak sampai orang dewasa, seseorang dengan gejala flu yang dingin seperti hidung tersumbat, sering bersin, batuk dan nafas yang sering tidak mulus dan suara menjadi serak, bahkan mengeluarkan ingus atau lendir lendir.

    Apa itu ingus ?

    Ingus adalah sejenis lendir lengket yang ada di rongga hidung, meski sering dianggap kotoran, namun perannya di hidung tidak bisa diremehkan. Karena hidung manusia memiliki kemampuan mengenali berbagai jenis bau dengan sangat baik karena adanya pertolongan dari lapisan cairan lengket ini. Snot juga memainkan peran penting dalam mendeteksi molekul bau dan menghubungkan lebih dari 100 reseptor bau di rongga hidung manusia. Kemudian partikel lendir, seperti debu, dan bubuk tanaman, dikumpulkan kemudian dilarutkan. Terkadang hidung kita menjadi sangat dingin, apalagi saat flu atau dingin, jadis acara ini konon menghasilkan hidung tersumbat.

    Daftar Makanan Yang Baik Bagi Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Untuk Melawan Flu dan Pilek, diantaranya yaitu :

    1. Sop Ayam

    Kedengarannya sangat klise, namun penelitian medis mengatakan bahwa sop ayam bisa menekan peradangan yang menyebabkan gejala flu dan flu. Sop ini mujarab juga bisa melelehkan lendir sehingga rasa mamper di hidung, dada dan leher atau tenggorokan akan berkurang.

    2. Teh Hijau

    Orang Cina sudah menggunakan teh hijau sebagai penangkal sakit selama ratusan tahun, dan sekarang penelitian mendukung gagasan mereka. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya menurunkan risiko terkena pilek dan flu, peminum teh hijau juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga sel dalam tubuh mereka dapat melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

    3. Bayam


    Sayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati flu karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh untuk memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, vitamin C, dan masih banyak lagi zat gizi yang terkandung dalam bayam. Bayam jangan dimasak terlalu lama karna zat gizinya akan hilang.

    4. Jahe

    Sejak dahulu jahe diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai pilek. Parutlah jahe, lalu masukkan dalam air hangat, dan tambahkan sedikit gula jawa.Buah yang Mengandung Vitamin C
    Vitamin C merupakan vitamin yang bermanfaat untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan flu. Buah yang banyak mengandung vitamin C di antaranya adalah jeruk, pepaya, strawberry, dan lainnya.

    5. Bawang Putih

    Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu dan batuk. Pengolahan bawang putih caranya sederhana yaitu dengan kupas bawang, potong dan biarkan 15-20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

    6. Buah yang Mengandung Vitamin C

    Vitamin C merupakan vitamin yang bermanfaat untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan flu. Buah yang banyak mengandung vitamin C di antaranya adalah jeruk, pepaya, strawberry, dan lainnya.

    Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tentang makanan yang baik di konsumsi untuk flu dan pilek, semoga bermanfaat dan menjadikan perantara kesembuhan anda.
     
    arief munandar likes this.
  2. rizky tasik

    rizky tasik Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Artikelnya sangat bermanfaat sekali, mantapp :D
     
  3. Ani Nuraeni

    Ani Nuraeni Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    163
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    alhm
    alhamdulilah mas jika bermanfat
     
  4. Warung d’pitiq

    Warung d’pitiq New Member

    Joined:
    Feb 20, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bermanfaat jeng artikel nya ;);)
     
Loading...

Share This Page