Sepeda Motor Listrik Perlu Dukungan Pemerintah

Discussion in 'Otomotif' started by MariBicara, Feb 21, 2018.

  1. MariBicara

    MariBicara Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    51
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Sepeda motor listrik selama ini bukan menjadi kendaran utama khususnya di negara berkembang seperti Indonesia.

    Mengapa demikian? Hal ini karena sepeda motor listrik di Indonesia masih memerlukan dukungan lebih lanjut khususnya dari pemerintah dalam hal penyediaan fasilitas pengisian daya.

    Di negara maju yang populasi kendaraan bertenaga listriknya sudah cukup baik, fasilitas pengisian daya sudah disediakan baik dari pemerintah atau dari pihak swasta ditempat tempat umum dan strategis.

    Hal ini untuk memudahkan para pengguna jika sewaktu waktu kehabisan daya pada kendaraannya. Fasilitas ini belum bisa disediakan di Indonesia karena beberapa hal.

    [​IMG]

    Salah satunya adalah pemerintah merasa belum perlu untuk membangun fasilitas yang biayanya tidak sedikit ini mengingat populasi kendaraan bertenaga listrik di Indonesia belum banyak.

    Dengan kenyataan ini sebenarnya kita juga akan kesulitan dalam menggunakan sepeda motor bertenaga listrik.

    Kendaraan bertenaga listrik ini memiliki keterbatasan jangkauan sehingga harus kembali diisi dayanya. Terlebih untuk motor yang memiliki dimensi yang kecil sehingga ruang penyimpanan baterainya cukup terbatas.

    Selain belum adanya fasilitas pengisian daya, kendaraan bertenaga listrik di Indonesia harganya masih sangat mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah.

    Beberapa merek lokal memang sudah memproduksi motor listrik, tetapi performanya dan kualitasnya belum dapat disamakan dengan motor konfensional sehingga tidak menjadi pilihan utama.

    Karena hal inilah pada akhirnya sepeda motor listrik indonesia hanya menjadi kendaraan sampingan. Para pemiliknya biasanya hanya menggunakannya untuk kesenangan saja atau untuk berpergian dalam jarak yang pendek.

    Hal ini sebenarnya cukup disayakan karena bisa saja sepeda motor bertenaga listrik tersebut membantu kita untuk mengurangi polusi udaran dan juga polusi suara di Indonesia.

    Sudah semestinya pemerintah membangun fasilitas pengisian daya di tempat umum. Mungkin juga dapat dimulai dikota kota besar sebagai permulaannya.

    Pemerintah juga bisa memberi subsidi pada sepeda motor listrik agar harganya lebih terjangkau oleh semua kalangan.

    Dengan adanya bantuan dari pemerintah maka populasi kendaraan bertenaga listrik ini diharapkan akan semakin banyak.
     
  2. Dede Kusrianto

    Dede Kusrianto Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Mutlak perlu, harus banyak kajian lagi. motor listrik adalah solusi untuk masa depan
     
  3. Ridwan Ramadhan

    Ridwan Ramadhan New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kan udah ada sepeda listrik itu gan, berarti aman" aja kan? tinggak desainnya aja di oke in dan kecepatan serta daya jangkaunya di kembangin
     
Loading...

Share This Page