Penyebab & Cara Mengatasi Motor Cepat Panas

Discussion in 'Otomotif' started by isamhisyam, Mar 10, 2018.

  1. isamhisyam

    isamhisyam Guest

    Penyebab & Cara Mengatasi Motor Cepat Panas – Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang terbilang menjadi favorit, karena selain praktis, irit, motor juga sangat mudah untuk dapat dikendarai. Namun ternyata, sama seperti berbagai macam kendaraan bermotor lainnya, motor juga memiliki potensi mesin yang cepat mengalami panas. Lalu apa saja sih yang menjadi penyebab motor cepat panas?? Dan lalu bagaimana untuk dapat mengatasi motor yang cepat panas??

    Penyebab Motor Cepat Panas
    Nah berikut ini ialah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan juga cara mengatasi motor cepat panas sebagai berikut:

    Pendingin Mesin Mengalami Masalah
    Hal yang pertama yang dapat menyebabkan motor menjadi cepat panas ialah sistem pendinginan mesin yang kemungkinan mengalami masalah. Ya motor diciptakan dengan menggunakan beberapa jenis sistem pendinginan. Berikut ini ialah beberapa jenis sistem pendinginan mesin yang bisa terdapat pada mesin motor yaitu:
    • Sistem pendingin cairan atau air cooled
      Sering kita kenal dengan istilah radiator, sistem pendinginan ini menggunakan cairan atau liquid yang dimasukkan ke dalam semacam reservoir yang nantinya bertujuan untuk mendinginkan mesin ketika sudah mencapai suhu tertentu yang sehingga tidak mengalami overheat.
    • Sistem pendinginan oli mesin atau oil cooled
      Mirip seperti cara kerja radiator, hanya saja, oil cooled bekerja tanpa menggunakan cairan dan berfungsi hanya untuk membantu mempercepat proses pendinginan yang dilakukan oleh oli mesin. Sistem oil cooled ini memungkinkan oli mesin mengalami pendinginan dengan menggunakan udara saja.
    • Sistem pendingin udara atau air cooled
    Air cooled merupakan sistem pendinginan mesin paling sederhana, karena hanya memanfaatkan arus aerodinamis dari udara yang melewati bagian mesin ketika motor tersebut berjalan. Udara akan bergerak melewati sirip-sirip yang sengaja didesain khusus pada blok mesin, sehingga membantu mempercepat proses pendinginan pada bagian blok mesin.

    Beberapa kondisi dimana motor menjadi cepat panas disebabkan karena adanya kerusakan pada komponen ini. Pada motor yang menggunakan sistem pendingin cairan ada kemungkinan kerusakan terjadi karena cairan atau air radiator habis dan juga bocor, sehingga tidak mampu mendinginkan secara optimal. Pada air cooled dan juga oil cooled system, biasanya jarang terjadi kerusakan dan lebih banyak terjadi pada motor yang menggunakan sistem pendingin cairan. Namun demikian biasanya motor yang menggunakan sistem pendingin oli dan juga udara cenderung lebih panas dibandingkan dengan motor yang menggunakan sistem pendinginan cairan.

    Boring Yang Sudah Mengalami Oversize
    Boring merupakan komponen dari blok mesin, yang dimana terjadi gesekan antara piston, ring piston dengan liner. Gesekan seperti kita ketahui merupakan salah satu penyumbang panas utama pada berbagai macam benda, termasuk mesin kendaraan seperti motor dan juga mobil.

    Panas yang muncul ini memang terjadi ketika mesin mulai menyala dan terjadi gesekkan antara piston “seher” dengan liner didalam boring. Nah semakin tebal liner dan juga boring, maka semakin sedikit atau semakin kecil potensi munculnya panas pada mesin. Sebaliknya semakin tipis liner dan juga boring, maka panas akibat gesekkan piston dengan boring akan semakin terasa.

    Liner dan juga boring ialah produk campuran aluminium dan juga besi yang lama kelamaan akan mengalami keausan apabila sering mengalami gesekkan, keausan ini kemudian disiasati dengan cara memperbesas boring yang tentu saja akan membuat liner menjadi tipis yang dikenal dengan istilah oversize. Oversize pada mesin motor tentu saja dapat menyebabkan gesekan menjadi lebih tinggi dan mesin menjadi lebih panas.

    Untuk mencegah munculnya panas berlebihan, dan juga motor menjadi cepat panas akibat oversize, kalian bisa mencoba menyiasatinya dengan hal berikut ini:
    • Memodifikasi motor kalian dengan sistem pendingin yang lebih baik misalnya dengan penambahan radiator dan penambahan air scope untuk memaksimalkan udara yang dapat membantu mendinginkan mesin motor kalian.
    • Tidak membawa atau mengendarai motor yang sudah mengalami oversize hingga diatas 300 dalam jarak tempuh yang jauh.
    • Ganti boring kalian dengan yang masih menggunakan os 0.
    Terlalu Menahan Para Saat RPM Tinggi
    Apakah kalian seorang tipe pengendara motor yang sering menggeber-geber motor kalian pada kecepatan dan juga RPM yang tinggi?? kalau begitu selamat, hal ini karena kalian sudah memaksa motor kalian bekerja terlalu keras yang sehingga menyebabkan mesin motor kalian pun menjadi cepat panas. Ya menahan RPM pada level RPM tinggi misalnya diatas 5000 hingga diatas 7000 sangat potensial dalam meningkatkan suhu motor kalian.

    Dengan kondisi RPM yang tinggi seperti itu, maka gesekkan yang terjadi antara piston dengan liner akan menjadi semakin tinggi dan tidak peduli seberapa tebalnya liner dan juga boring motor kalian makan akan tetap menjadi sangat panas mesin motor kalian nantinya. Cara terbaik untuk mencegah hal ini ialah dengan selalu memvariasikan putaran gas dan juga putaran mesin kalian, motor yang digeber secara stagnen mulai dari RPM 700 hingga maksimal dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengalami kondisi panas yang berlebih. Apalagi memungkinkan turunkan RPM motor kalian sampai maksimal 5000 rpm selama beberapa kilometer, untuk menjaga agar suhu mesin tidak meningkat drastic karena beban kerja yang terlalu berat.

    Motor Selalu Dibawa Jauh Dalam Kecepatan Tinggi
    Kecepatan tinggi merupakan salah satu kontinum yang berbanding lurus dengan RPM tinggi ya ketika kalian berkendara dalam kecepatan tinggi dan dalam jarak tempuh yang jauh, serta waktu yang lama maka hal ini akan berdampak buruk pada motor kalian, karena akan menyebabkan motor kalian menjadi sangat panas mesinnya. Terlebih lagi, apabila motor kalian tidak menggunakan sistem pendingin yang mumpuni dan memang tidak didesain khusus untuk kecepatan tinggi.

    Apabila kalian harus berkendara jarak jauh dengan menggunakan motor maka cara terbaik yang dapat kalian lakukan ialah memanage waktu tempuh dan juga jarak tempuh kendaraan kalian. Kalian harus beristirahat setelah beberapa kilometer, karena pada dasarnya motor yang kalian gunakan juga membutuhkan istirahat. Motor juga memiliki keterbatasan sehingga dibutuhkan beberapa waktu untuk menjaga agar suhu mesin motor kalian menjadi optimal dan layak untuk digunakan berpergian lagi.

    Oli Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Mesin
    Hal yang selanjutnya yang menjadi penyebab motor cepat panas ialah penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Hal ini juga dapat berdampak pada motor keluar asap yang sangat mengejutkan. Banyak pengguna sepeda motor yang belum paham mengenai kegunaan oli mesin untuk motor mereka, kebanyakan orang hanya melihat dari harga oli yang murah akan digunakan padahal belum tentu oli yang murah ataupun mahal cocok dengan kondisi motor kalian.

    Maka dari itu sesuaikanlah nilai standar dari oli yang kalian gunakan dengan buku petunjuk dan juga buku panduan pengguna, perhatikan nilai SAE dan juga nilai rating dari setiap oli. Perlu diingat tidak semua oli cocok dengan semua karakteristik mesin. Misalnya mesin dengan CC kecil, cocok menggunakan oli yang agak kental, sedangkan mesin dengan CC besar, belum tentu cocok dengan oli yang kental, kembalikan lagi ini semua kepada spesifikasi standar bawaan pabrik.

    Cara Lain Untuk Mencegah Motor Panas
    Untuk mengatasi atau mencegah kondisi mesin motor yang panas kalian juga bisa melakukan beberapa hal lainnya. Salah satu hal yang wajib kalian lakukan ialah dengan melakukan service secara berkala. Servis berkala ditujukan untuk melihat apakah mesin motor kalian mengalami masalah yang dapat menyebabkan motor menjadi mudah dan cepat panas, serta untuk mengecek komponen-komponen lainnya yang berfungsi untuk mengoptimalkan sistem pendinginan mesin motor kalian.

    Dan dalam melakuakn servis yang terpenting ialah pengecekan keseluruhan sistem motor. Apabila motor kalian sudah menerapkan teknologi injeksi menggunakan ECU maka carilah bengkel yang memiliki peralatan scan dan juga diagnostic tools, untuk memastikan bahwa seluruh sistem yang ada didalam motor kalian berjalan dengan baik dan juga optimal saat dikendarai.

    Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab & Cara Mengatasi Motor Cepat Panas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kayanya perlu diservice juga motor dirumah, masalahnya sama, cepet banget panas tuh mesin
     
  3. mandore

    mandore Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    53
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  4. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Service rutin dan mengecek keseluruhan komponen kerja motor sampe busi itu penting banget yaa, jangan sampe overheat dan merusak jadinya
     
  5. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    281
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    motor saya kalo pagi-pagi susah banget di nyalain,,itu penyebabnya apa ya?,,tapi kalo udah di panasin gampang nyalainnya
     
  6. Roby Ramadhan

    Roby Ramadhan Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    124
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Biasakan manasin motor di pagi hari dengan cara di engkol..
     
Loading...

Share This Page