Tips Sukses Berbisnis E-Commerce

Discussion in 'General Business' started by Ikhlas, Nov 8, 2016.

  1. Ikhlas

    Ikhlas Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    119
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sekarang ini eCommerce adalah media yang paling banyak digunakan penjual dalam bisnis online. Karena relatif mudah, tanpa biaya dan siapa saja bisa berjualan di situs tersebut. Transaksi pun menjadi lebih mudah dengan beberapa klik. Biaya operasional pun tidak tinggi. Biaya operasionalnya hanya biaya internet dan pengiriman barang.

    Meskipun relatif mudah, faktanya masih banyak penjual yang tidak mengerti langkah-langkah cepat sukses berjualan di eCommerce, sehingga berdampak buruk pada angka penjualan produknya. Berikut ini Langkah mudah cepat sukses berjualan di eCommerce :

    1. Penulisan Judul Jangan Pendek-Pendek
    Penulisan judul berpengaruh pada pencarian di eCommerce. Semakin deskriptif judul yang dituliskan akan semakin mudah pencarian untuk produk yang Anda jual. Pastikan jangan hanya cuma "jersey” tapi harusnya lebih deskriptif lagi, misal “Jersey Arsenal” atau “Jersey Barcelona”.

    2. Penulisan Deskripsi Barang
    Penulisan deskripsi barang sebaiknya jelas, tidak terlalu panjang dan tidak asal copy paste dari deskripsi pabrik. Lebih baik membuat deskripsi produk dengan bahasa sendiri dengan lebih menonjolkan manfaat produk. Itu juga karena akan mudah ditemukan search engine.

    Gunakan bahasa yang mudah di mengerti dan sederhana agar konsumen bisa mengerti kegunaan dari barang yang Anda jual. Bagaimana pembeli mau melakukan pembelian jika informasinya tidak jelas. Deskripsi yang baik akan membuat pembeli menjadi tertarik untuk melakukan pembelian.

    3. Tampilkan Testimonial Positif
    Testimonial dari konsumen adalah aset bagi bisnis online Anda. Hal ini bisa mempengaruhi konsumen lain sebelum membeli. Tampilkan testimonial positif dari sebuah produk yang dijual di toko online. Testimonial juga bisa meningkatkan reputasi eCommerce. Produk tanpa testimonial positif akan diragukan oleh pembeli, maka carilah testimonial positif.

    4. Manfaatkan Fungsi Share
    Biasanya eCommerce memberikan fasilitas berbagi ke social media, email, dan blog. Bagikanlah situs eCommerce Anda melalui media sosial, misalnya lewat Facebook dan Twitter atau channel sosial media lainnya. Hal ini sama seperti mengundang calon konsumen untuk datang ke toko kita.

    Twitter dan Facebook masih menjadi media sosial yang paling diminati untuk berpromosi di Indonesia. Search engine akan memberi peringkat tinggi bagi konten dalam platform media sosial, aktiflah di media sosial maka Anda akan ‘ditemukan’. Social media bisa menyentuh masyarakat secara personal.

    Maka Anda juga harus memberikan konten yang menarik untuk media sosial agar bisa menjangkau banyak calon pembeli. Semakin banyak calon pembeli yang tertarik untuk melihat situs eCommerce Anda semakin besar kemungkinan produk Anda cepat laku. Anda bisa membagikan tentang testimonial positif, promo maupun deskripsi dari produk yang Anda jual.

    5. Sangat Penting Mempromosikan Toko Anda
    Maupun produk yang dijual bagus, semurah apapun harga produk yang ditawarkan, tanpa promosi tak akan berhasil menarik perhatian pelanggan. Banyak kanal promosi yang tersedia di dunia maya. Seperti, website pribadi, forum jual beli, buzzer social media, bahkan Google AdWords. Gunakanlah tiga media yang tersedia untuk mempromosikan situs eCommerce Anda.


    6. Berikan Pelayanan Yang Baik

    Konsumen akan memberikan testimonial positif bukan hanya karena produk yang Anda jual, tapi juga pelayanan yang Anda berikan. Dengan memberikan pelayanan yang baik, konsumen bisa melakukan pembelian berulang ke eCommerce Anda, dengan begitu Anda sudah membuat pembeli menjadi loyal.

    Memberikan pelayanan yang baik bisa dengan memberikan layanan customer service dan jaminan uang kembali. Dengan adanya customer service maka pembeli bisa menghubunginya ketika ada kesalahan dalam transaksi atau keterlambatan.

    Kredibilitas sebuah eCommerce akan meningkat ketika memberikan jaminan uang kembali jika barang cacat atau rusak. Tapi Anda harus memberikan prasyarat dan aturan yang jelas agar tidak merugikan salah satu pihak. (sumber)
     
  2. Safari

    Safari Member

    Joined:
    Oct 27, 2016
    Messages:
    124
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    e-commerse telah menjamur di lingkungan kita. semoga pelayanan dan kualitas tetap menjadi prioritas utama..
     
  3. obeyhungkul

    obeyhungkul Member

    Joined:
    Mar 15, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    iya tips anda benar gan saya juga sama seperti itu kalo berjualan di ecomers
     
  4. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    485
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    harga dan pelayanan akan sangat beririsan sekarang untuk hal ecommerce. Saya sendiri malah lebih sering di marketplace dari pada ecommerce
     
  5. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul banget gan, marketplace udah tumbuh semakin besar, pemerintah pun kabarnya akan segera menerapkan Pajak Khusus E-commerce
     
  6. Dede Kusrianto

    Dede Kusrianto Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    kita harus benar benar melihat keinginan pasar yang ada, tips di atas boleh di lakukan tapi dengan penyesuaian" karena keinginan customer cepet sekali berubah
     
Loading...

Share This Page