Ini Dia Trik Membuat Susu Kedelai Anti Langu, Coba Yuk

Discussion in 'Cooking' started by wariorseiya, Apr 10, 2018.

  1. wariorseiya

    wariorseiya Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    219
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Cara membuat susu kedelai

    Susu kedelai adalah minuman yang di buat dari sari kacang kedelai,beraroma khas dan berwarna putih kekuningan serta mempunyai manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh. Bisa dibilang minuman yang satu ini memang tidak sepopuler minuman olahan lain seperti susu, teh atau kopi. Tetapi yang harus anda ketahui, susu kedelai menyimpan banyak potensi gizi,preotei dan manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita.

    [​IMG]

    Seperti yang kita tahu, kacang kedelai mengandung Sembilan asam amino esensial dan antibody kekebalan penyakit yang positif untuk tubuh manusia. Tidak hanya sampai di situ, kacang kedelai juga mempunyai fungsi penting untuk membentuk struktur jarinagan dan enzim, dimana hal tersebut dapat membantu sel-sel tubuh menghasilkan energi baru yang mudah di serap oleh tubuh anda.

    Gak hanya kandungan protein dan gizinya yang kaya lho, sari susu kedelai sendiri banyak mengandung vitamin dan mineral yang cukup bermanfaat seperti :

    1. Kalsium
    2. Zat Besi
    3. Riboflavin
    4. Vitamin B12

    Asal Usul Susu Kedelai

    Susu kedelai telah di temukan ribuan tahun lalu oleh masyarakat tiongkok, china. Minuman berumur 1900 tahun itu tercatat merupakan minuman para raja pada zaman Dinasti Han. Hal ini di perkuat dari sejumlah sumber yang menyatakan, dahulu kala Raja Huainan, Liu An mempunyai seorang ibu yang tidak bisa mengunyah makanan bertekstur keras. Sang raja pun mencari jalan alternative lain agar sang ibu bisa tetap mengkonsumsi makanan lembut namun tetap bergizi dan bernutrisi.

    Maka saat itu di temukanlah metode penggilingan kacang kuning yang telah di rendam selama beberapa jam hingga menjadi cairan berwarna putih kekuningan yang kini kita kenal dengan sebutan Sari Susu Kacang Kedelai. Gak hanya gemar mengkonsumsi minuman perasan kacang kedelai tersebut. Sang ibu raja Huainan pun merasa minuman tersebut mampu membuat penyakit organ dalam yang di deritanya berangsur-angsur membaik

    Nah dari penggalan cerita inilah akhirnya manfaat positif dari perasan sari kacang kedelai tersebut menyebar luas ke seantero masyarakat china, dan di jadikan salah satu minuman kesehatan favorit yang cocok di konsumsi sepanjang tahun.

    Masyarakat tionghoa percaya, bahwasanya Sari Susu Kedelai mengandung banyak sekali manfaat bagus untuk kesehatan, baik itu mencegah atau mengobati. Beberapa kandungan manfaat yang terdapat dalam susu kedelai meliputi :

    Zat Anti Oksidan

    Kacang Kedelai mengandung senyawa murni Isoflavon, senyawa ini di percaya mampu memperbaiki sel yang terganggu, dan mencegal sel rusak yang di sebabkan oleh polusi dan Sinar UV

    Mencegah Risiko Penyakit Jantung

    Selain mampu mencegah perusakan sel tubuh, senyawa isoflavone dan kandungan protein dalam kacang kedelai juga dapat mengurangi tingkat kolestrerol jahat dalam darah. Hal ini tentunya berimbas pada berkurangnya resiko penyakit jantung dan stroke, yang dimana penyebabnya terjadi di karenakan kolesterol LDL sudah meleibihi ambang batas yang mampu di terima oleh tubuh manusia normal.

    Mencegah Kanker

    Selain dapat mencegah resioko penyakit jantung, zat isoflavone sendiri di percaya dapat sebagai anti kanker dalam tubuh seperti Kanker Hormon, Kanker Rahim, Kanker Payudara, juga Kanker Prostat

    Mengurani dan Membailikan Efek Endometriosis

    Kacang kedelai di percaya juga bisa membantu menunda aksi estrogen alami yang ada pada tubuh manusia, terlebih pada wanita. Efeknya zat ini mampu mengurangi dan mencegah rasa sakit berlebih selama priode menstruasi berlangsung.

    Mencegah Osteoporisis


    Selain bermanfaat untuk organ dan sel tubuh, kandungan sari kacang kedelai ternyata juga bagus untuk tulang lho. Hal ini di karenakan kacang kedelai mengandung kalsium dan protein positif yang mampu di serap oleh tulang. Sehingga kerusakan terhadap struktur lapisan tulang dapat di minimalisir dan di perlambat agar tidak terjadi pengeroposan

    Menjaga berat badan

    Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan / diet.

    Well jika di tinjau dari sisi kandungan dan manfaat, maka bisa dibilang sari kacang kedelai ini memang merupakan sarana kesehatan herbal yang amat bagus untuk di konsumsi. Terlebih lagi dalam cara pengolan dan pembuatannya pun tergolong tidak begitu rumit.

    Anda bisa mencoba untuk membuat sari susu kedelai sendiri di rumah, berbekal peralatan sederhana dan seadanya, maka susu kedelai murni ala rumahan pun bisa anda produksi sendiri. Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat susu kedelai sendiri di rumah, berikut ini akan di berikan resep dan langkah bagaimana cara membuat susu kedelai mulai dari tahap awal hinga akhir. Yuk di simak :

    Bahan yang diperlukan Membuat Susu Kedelai

    • ½ kg kacang kedelai
    • 1 bungkus vanili
    • Gula pasir secukupnya
    • Garam secukupnya

    Alat yang digunakan

    • Kompor
    • Blender
    • Panci
    • Saringan

    Langkah-langkah membuat Susu Kedelai
    • Siapkan kedelai yang akan diolah, cuci bersih dengan menggunakan air mengalir
    • Rebus kedelai kurang lebih 15 menit
    • Angkat rebusan kedelai lalu rendam menggunakan air bersih selama kurang lebih 11 jam supaya lunak dan kulit arinya mengelupas
    • Cuci bersih sambil kelupas kulit yang masih tersisa. Tiriskan
    • Blender dengan ditambahkan air secukupnya
    • Tuang kedelai yang sudah diblender ke dalam sebuah wadah, tuangkan air mendidih secukupnya.
    • Saring untuk memisahkan ampas

    Susu kedelai buatan anda telah jadi. Namun untuk mengkonsumsinya, caranya harus memasaknya hingga mendidih untuk menghilangkan bakteri-bakteri jahat penyebab kuman dan tentunya untuk menghilangkan bau khas kedelai yang mungkin tidak anda sukai

    Setelah rebusan susu kedelai mendidih, kecilkan api sambil terus mengaduk susu kedelai hingga kurang lebih 15 menit. Poin ini sangat penting supaya sari-sari yang dimiliki kedelai tidak mengendap, selain itu juga untuk membuat susu kedelai buatan anda tahan lama
    • Tambahkan garam dan gula sesuai dengan selera anda
    • Untuk menambah aroma lezat, masukkan vanili.
    • Susu kedelai siap untuk dinikmati

    Nah jika melihat dari proses cara membuat susu kedelai di atas, maka bisa di simpulkan caranya cukup mudah. Namun jangan gembira dulu, karena banyak diantaranya begitu mencoba pertama kali membuat susu kedelai, hasilnya adalah GAGAL.

    Ya gagal, dalam artian hasilnya kurang maksimal. Paling banyak mengeluhkan adalah bau langu yang di hasilkan sesaat setelah susu kedelai di sajikan. Ada banyak cara sebenarnya untuk membuat hasil susu kedelai yang di olah jadi tidak beraroma langu.

    Hal paling mudah yang bisa anda lakukan adalan dengan pemanasan filtrat, atau yang lebih di kenal metode penyaringan. Caranya cukup sederhana, ketika prses pemanasan terjadi maka yang harus anda lakukan adalah mengaduk terus menerus perasa susu dengan di tambah gula atau essen. Nah pada tahapannya anda dapat menambahkan bahan kimia Na3p04

    Tujuan di tambahkan bahan kimia tersebut agar kandungan gula juga perasa dapat hancur secara merata serta lebih halus dan filtrat tidak mendidih. Karena secara teori, apabila filtrat mencapai titik didih tertentu maka secara teknis protein yang terkandung di dalamnya akan rusak (pecah).

    Hal ini akan menyebabkan penggumpalan pada bagian perasa sari kedelai, efeknya?? Daya tahan susu jadi lebih singkat,rasanya menjadi aneh dan yang paling mudah di kenali adalah bau langu yang cukup menyengat bisa kita rasakan saat itu juga.

    Owh ya untuk membuat susu kedelai sendiri sebenarnya ada acara yang jauh lebih mudah dari pada metode konvensional yang anda lakukan di atas. Cara paling mudah membuat sari perasan kacang kedelai adalah dengan menggunakan mesin susu kedelai modern.

    Mesin susu kedelai sendiri di bagi dalam beberapa jenis seperti manual, semi otomatis dan full otomatis. 3 jenis mesin tersebut tentunya di sesuaikan dengan kebutuhan penggunannya. Dari sisi harga tentunya bisa dibilang cukup terjangkau di kelas UKM, terlebih lagi jika anda ingin mempunyai bisnis di bidang produksi susu kedelai. Maka sudah barang tentu mesin-mesin tersebut haruslah anda miliki.

    Nah sekarang pilihan di tangan anda, jika ingin coba hidup sehat dan lebih bermanfaat, maka tak ada salahnya anda mengkonsumsi minuman susu kedelai sekali dalam sepekan. Oke semoga artikel ini berguna untuk anda.
     
    Damar and lasealwin like this.
  2. w1s2t3

    w1s2t3 Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Alhamdulillah kalau saya bikin gak pernah langu :)
     
    Damar likes this.
  3. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
  4. edi sugianto

    edi sugianto Member

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    104
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Dari dulu suka sih susu kedelai memng
     
    Damar and Asep ilyas mulyadi like this.
  5. fuahofficial

    fuahofficial New Member

    Joined:
    Mar 26, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Susu favorit saya ini..
     
    Damar and Asep ilyas mulyadi like this.
  6. Muhammad Tamyiz

    Muhammad Tamyiz Member

    Joined:
    Jun 6, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    minuman pagi yang cocok ya cuman susu hehhee
     
    Damar likes this.
  7. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    312
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Kemaren saya dikasih susu kedele sma temen cuma sebotol, dimasukin kulkas. baru semalem dikulkas malah asem :confused:
    Kedelai nya juga udah mulai menggumpal kaya tahu gitu :D
     
    Damar likes this.
  8. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    aduh jadi udah banyak susu di wrung jadi kayaknya gak bikin,, kecuali dikasih:D:D
     
    Damar likes this.
  9. Mokimaru

    Mokimaru Member

    Joined:
    Nov 9, 2014
    Messages:
    513
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Buat perempuan hamil baik nggak ya?
     
    Damar likes this.
  10. wariorseiya

    wariorseiya Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    219
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Wah salah olah keknya tuh

    yang ane baca" gak boleh bro
     
    Damar likes this.
  11. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    312
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Mungkin juga gan.
    Soalnya temen ane juga baru belajar bikin susu kedelai sendiri
     
    Damar likes this.
  12. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    bagus banget ommm.,..,.
     
    Damar likes this.
  13. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Buatnya repot sih....
    Paling kalau buat itu dulu pernah adek
    Tetapi sekarang dia udah nggak pernah lagi.
    Terimakasih sarannya luar biasa.
    Salam....
     
    Damar likes this.
  14. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    bagus bgt omm.,.,.,.,.
     
    Damar likes this.
  15. Lebih bagus susu kedelai daripada susu sapi
     
    Damar likes this.
  16. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Padahal saya juga tiap hari bikin tahu,
    kalau mau susu kedelai tinggal nyaring
    malah jarang minum, dulu waktu masih di kuli bangunan sering beli yang gelas plastik
     
    Damar likes this.
  17. Tips dan trik nya sangat berguna !
    Terima kasih udah sharing
     
    Damar likes this.
  18. seotog

    seotog Guest

    makasih gan, ane mau cobain ahh
     
    Damar likes this.
  19. Arif bali

    Arif bali New Member

    Joined:
    Apr 26, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Kayaknya saya perlu minum susu kedelai nih biar tambah sehat hehehe
     
    Damar likes this.
  20. Marika - Chan

    Marika - Chan New Member

    Joined:
    Apr 26, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    belum pernah sih.. tapi coba deh *akhirnya*
     
Loading...

Share This Page