Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Cat Motor Pudar

Discussion in 'Otomotif' started by isamhisyam, Apr 15, 2018.

  1. isamhisyam

    isamhisyam Guest

    Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Cat Motor Pudar – Bagi setiap pemilik kendaraan sepeda motor hal ini tentunya ingin motornya terlihat bersih dan juga kiclong bukan, sebab motor bersih, cat body yang mengkilap, cat motor yang bagus dan lainnya akan menjadi kebanggaan tersendiri yang mana membuat pemilik kendaraan tersebut menjadi lebih percaya diri dalam mengendarainya.

    Dalam melakukan perawatan motor, hal ini sebagian orang lebih berfokus pada bagian mesinnya saja, padahal merawat cat motor pun merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari cat motor yang mengkilap. Selain menambah rasa percaya diri pemilik, namun juga motor yang bersih dengan cat yang mengkilap menggambarkan pemilik kendaraan merupakan orang yang terbilang sangat peduli terhadap kebersihan. Ada berapa hal yang dapat menyebabkan cat motor kalian terlihat pudar atau kusam, lalu apa sajakah itu??? berikut ini penyebab dan bagaimana cara mengatasi cat motor pudar atau kusam.

    Penyebab & Cara Mengatasi Cat Motor Pudar
    Adapun penyebab & cara mengatasi cat motor pudar atau kusam sebagai berikut:

    Panas Matahari
    Dalam hal ini panas terik matahari bisa menyebabkan cat motor menjadi pudar atau kusam, biasanya terjadi karena memarkirkan motor di area terbuka, terlebih jika berlangsung hingga berjam-jam lamanya. Mengapa panas matahari bisa menyebabkan cat motor menjadi pudar atau kusam?? alasannya sangat sederhana, sama halnya seperti kulit kita, bila kita berlama-lama dibawah panan terik matahari maka kulit akan menjadi kusam. Radiasi UV atau sinar ultraviolet yang ada pada panas matahari bisa mempengaruhi lapisan cat motor, yang mana akan menyebabkan warna cat motor menjadi kusam atau pudar, menguning.

    Cara Mengatasi Atau Solusi
    Untuk cara mengatasi atau solusi cat motor yang pudar atau kusam akibat panas matahari ialah, parkirkanlah motor kalian tersebut di area yang teduh serta tertutup. Jika memang harus parkir di tempat terbuka, sebaiknya tutupi motor kalian dengan sarung motor. Kalian bisa mendapatkannya di toko asesoris sepeda motor.

    Akibat Debu
    Debu yang melekat di bodi motor bisa membuat daya kilap dari plastik kian berkurang. Kebanyakan pemilik menganggap sepele hal ini. Terlebih apabila dibiarkan dalam kurun waktu yang cukup lama.

    Cara Mengatasi Atau Solusi
    Luangkanlah waktu untuk membersihkan atau mencuci motor kesayangan kalian. Untuk perlu diingat, ketika membersihkannya, jangan langsung mengelap debu menggunakan lap kering sebab bisa menyebabkan bodi motor menjadi baret tipis. Maka basuhlah terlebih dahulu dengan air agar debu yang menempel luntur dari bodi kemudian lap menggunakan microfiber atau lebih dikenal dengan kanebo.

    Terkena Air Hujan
    Penyebab cat motor pudar atau kusam selanjutnya yakni terkena air hujan. Banyak pemilik motor yang menganggap sepele hal ini. Mengapa air hujan bisa menyebabkan cat motor pudar atau kusam?? karena didalam air hujan terkandung zat asam nitrat atau HNO3 yang mana zat tersebut bisa merusak lapisan kilap cat motor. Tidak hanya menyebabkan cat motor kusam saja, namun air hujan pun akan mempercepat korosi atau karat pada bagian logam, sedangkan pada sepeda motor sebagian besar terdiri dari logam.

    Cara Mengatasi Atau Solusi
    Agar cat motor tidak kusam, setiap kali motor kesayangan kalian terkena air hujan maka segera bersihkan dengan air bersih, jangan menundanya.

    Terkena Minyak
    Minyak yang bisa menyebabkan cat motor kusam yakni minyak rem. Memang minyak rem ini mempunyai yang sangat penting. Akan tetapi apabila mengenai cat motor kalian, maka bisa merusak lapisan kilap cat motor. Biasanya kejadian ini terjadi ketika motor sedang berada di bengkel.

    Cara Mengatasi Atau Solusi
    Ketika mengetahui motor kesayangan kalian terkena minyak, maka segera bersihkan menggunakan kanebo dan jangan menundanya.

    Sabun Colek
    Dalam mencuci motor, sebaiknya gunakan sabun khusus pencuci motor, jangan menggunakan sabun colek atau deterjen. Banyak pemilik motor yang melakukan hal ini dan menganggap sepele. Mengapa sabun colek atau deterjen bisa menyebabkan cat motor kusam atau pudar?? didalam sabun colek atau deterjen terkandung zat kimia keras yang mana dapat merusak kualitas serta bisa mengikis kilap cat motor kesayangan kalian.

    Cara Mengatasi Atau Solusi
    Untuk mengatasi atau solusi gunakanlah sampo khusus motor dalam mencuci motor kesayangan kalian. Di dalam sampo khusus motor terdapay zat yang berfungsi sebagai pengkilap cat motor yang kusam. Sampo motor bisa kalian dapatkan di toko ataupun supermarket. Menggunakan sampo khusus motor pun bisa mengkilapkan bodi motor sudah kusam atau pudar.

    Proses Pengeringan
    Pengeringan yang kurang tepat pun salah satu penyebab cat motor kusam atau pudar. Misalnya masih terdapat air pada motor setelah dicuci. Noda air tersebut nantinya bisa memicu tumbuhnya jamur yang sulit dihilangkan.

    Cara Mengatasi Atau Solusi
    Keringkanlah semua bagian-bagian motor kesayangan kalian sampai ke celah-celah sesudah selesai mencucinya, gunakan kanebo agar tiang merusak cat motor.

    Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Cat Motor Pudar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
     
  2. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
  3. sulis89

    sulis89 New Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sekarang susah banget cari tempat parkir yang adem
     
  4. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Kalau tips saya, simpan bodi motor originalnya, ganti dengan yang imitasi, sewaktu kita mau jual, pasang lagi bodi yang aslinya, tampilan cat warna motornya masih tetep bagus dan harga jual masih tinggi karena bodi motor masih bagus*ketawa4*
     
  5. GembeL Berdasi

    GembeL Berdasi Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    61
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    awal awal iya kalo abis kehujanan pasti langsung di cuci, tp ksini ksini udah males hahaha
     
Loading...

Share This Page