Penyebab Cegukan Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Discussion in 'Health & Medical' started by IndriMaya12, Apr 18, 2018.

  1. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Pernahkah ibu cari tahu penyebab cegukan pada anak? Sayangnya, banyak orang tua yang tidak begitu concern terhadap masalah yang satu ini. Hal ini sangat wajar. Mereka menganggap cegukan bukan hal yang berbahaya. Wajar jika anak cegukan. Toh setelah minum, cegukan akan berhenti. Bahkan, terkadang cegukan berhenti dengan sendirinya.

    Akan tetapi, apakah ibu tahu cegukan pada anak itu bisa lama? Bahkan, bisa saja cegukan terjadi hingga berhari-hari. Ini yang membuat anak sulit beraktivitas. Ia pun tidak bisa tidur nyenyak. Bagaimana ia bisa tidur jika cegukan terus?

    Itulah sebabnya orang tua sebaiknya tidak menganggap cegukan ini sebagai masalah yang sepele. Ada hal yang butuh perhatian khusus.

    Penyebab Cegukan Berbeda-Beda

    Sebelum membahas mengenai apa yang menyebabkan cegukan pada anak, harus ibu pahami dulu apa itu cegukan. Dengan demikian, ibu bisa memahami betul apa yang sebenarnya menyebabkan anak cegukan.

    Secara medis, cegukan itu merupakan kontraksi diafragma. Pada saat yang sama, terjadi penutupan pada glotis secara cepat. Dua hal tersebutlah yang membuat udara terhisap dengan sangat cepat ke paru-paru.

    Lalu, bagaimana kok bisa ada suara? Ini disebabkan suara tersebut masuk ke paru-paru melewati pita suara.

    Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa terjadi kontraksi pada diafragma. Ternyata, kontraksi itu tidak terjadi terus menerus. Kontraksi tersebut hanya terjadi ketika anak mengkonsumsi makanan yang panas dan pedas. Minuman yang terlalu dingin juga menjadi penyebab lain kontraksi diafragma.

    Jadi, jelas kan apa penyebab cegukan pada anak?

    Akan tetapi, bukan hanya itu saja yang menyebabkan cegukan. Jika hanya karena makanan pedas dan panas, atau minuman yang terlalu dingin, tentu sangat mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Yang menjadi masalah adalah ketika cegukan disebabkan oleh adanya gangguan saraf diafragma.

    Sekarang, bagaimana ibu bisa tahu jika cegukan itu disebabkan olah gangguan saraf diafragma atau disebabkan oleh makanan dan minuman? Mudah saja. Jika cegukan pada anak terjadi dalam kurun waktu yang lama, besar kemungkinan itu disebabkan oleh gangguan saraf diafragma. Untuk mengatasi masalah ini, silakan ibu konsultasikan dengan dokter.


    Mengatasi Cegukan pada Anak

    Untuk orang dewasa, mudah saja untuk mengatasi cegukan. Ibu mungkin sering mempraktikkan. Ibu tinggal menahan nafas sekitar 10 detik. Biasanya cegukan akan berhenti.

    Namun, rasanya sulit untuk meminta anak kecil melakukan hal tersebut. Untuk itu, ibu bisa mencoba atasi cegukan dengan beberapa cara berikut ini.

    1. Meminta Anak Minum

    Ibu bisa siapkan satu gelas air putih. Akan lebih baik jika ibu memberikan air hangat. Ternyata, minum air hangat sangat membantu untuk menghentikan kontraksi diafragma sehingga cegukan akan segera berhenti.


    2. Berbaring

    Jika minum air putih hangat tidak bisa menghentikan cegukan, ibu bisa minta anak untuk berbaring. Tekuk lututnya dan biarkan anak berbaring sedikit lebih lama sampai cegukan berhenti.


    3. Makan Gula

    Cara menghentikan cegukan ini jarang dilakukan. Mungkin ibu juga baru tahu cara yang satu ini. Ibu bisa coba berikan satu sendok kecil gula saat anak cegukan. Ini juga bisa mengatasi cegukan pada anak.


    4. Bernafas Di Kantong Plastik

    Dari sekian cara, ini cara yang paling aneh. Tapi, banyak orang yang berhasil menghentikan cegukan dengan cara yang satu ini. Jadi, ibu ambilkan kantong plastik yang bersih. Kemudian, mintalah anak ibu untuk meletakkan kantong plastik di mulut lalu anak bernafas dari kantong plastik. Butuh waktu yang cukup lama sekitar 3 menit hingga akhirnya cegukan berhenti.

    Nah, sekarang lengkap sudah pengetahuan ibu mulai dari faktor penyebab anak cegukan hingga bagaimana cara mengatasi cegukan.

    Mencegah Anak Mengalami Cegukan

    Beberapa orang menganggap cegukan itu kurang sopan. Apalagi jika cegukan itu terjadi saat makan. Ada kesan orang yang cegukan itu makan terlalu lahap. Dan ibu pasti malu kan ketika ibu dan si kecil bertamu. Pemilik rumah meminta ibu dan si kecil untuk makan. Saat makan, tiba-tiba anak cegukan.

    Bisa saja pemilik rumah merasa anak ibu terlalu lahap makan. Ia tergesa-gesa makan. Malu kan, bu?

    Oleh sebab itu, ada baiknya ibu tahu bagaimana cara mengajarkan anak agar terhindar dari cegukan.

    Yang pertama, tentu saja tidak boleh tergesa-gesa ketika makan. Ajarkan bagaimana cara makan yang benar. Sebenarnya, hal ini tidak perlu diajarkan. Asalkan ibu terus mempraktikkan bagaimana makan yang baik, anak pasti menirunya sendiri.

    Yang kedua, biasakan agar tidak berbicara saat makan. Ini biasanya sulit untuk dilakukan. Apalagi jika ibu terbiasa makan bersama di satu meja makan dan momen tersebut merupakan momen untuk bercengkerama dan berbincang dengan seluruh keluarga. Jadi, sambil makan, ibu dan seluruh anggota keluarga juga saling bercerita tentang kegiatan seharian.

    Yang ketiga, siapkan air putih. Saat makan, sebaiknya minuman yang diminum adalah air putih, Bukan jus atau jenis minuman lainnya. Boleh saja ada minuman tertentu seperti jus yang disediakan. Akan tetapi, sebaiknya ibu biasakan anak minum air putih walaupun sedikit setelah makan.

    Jadi, itulah informasi singkat yang bisa ibu ketahui mengenai cegukan pada anak. Mulai sekarang, ibu pasti tidak akan menganggap cegukan sebagai hal yang sepele lagi. Pasalnya, ada risiko di mana ternyata cegukan bisa menunjukkan ada masalah kesehatan yang serius dialami oleh sang buah hati. Ibu bisa bagikan informasi mengenai penyebab cegukan pada anak ini kepada orang tua lainnya agar mereka juga memiliki kewaspadaan yang sama.
     
  2. tommy renaldi

    tommy renaldi Member

    Joined:
    Jan 30, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    cara yang ke 4 cukup aneh juga ya gan, ane belum pernah cobain itu ;)
     
  3. atib yani

    atib yani New Member

    Joined:
    Apr 17, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    sama ane juga kalau dipikir kayak gak masuk akal ya
     
    tommy renaldi likes this.
  4. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page