Performa Aki Ngedrop Pada Motor Injeksi ?? Inilah Yang Akan Terjadi ???

Discussion in 'Otomotif' started by isamhisyam, Apr 18, 2018.

  1. isamhisyam

    isamhisyam Guest

    Performa Aki Ngedrop Pada Motor Injeksi ?? Inilah Yang Akan Terjadi ??? – Pada saat ini kebutuhan sepeda motor bagi masyarakat sangatlah vital mengingat tingginya kemacetan yang ada dijalan raya yang sehingga salah satu alternatif untuk mempermudah dan kelancaran untuk mencapai suatu tujuan didalam kota maka sepeda motor merupakan salah tu pilihan yang sangat tepat.

    Dengan permintaan masyarakat terhadap sepeda motor terus mengalami peningkatan, hal ini memberikan peluang bagi para produsen sepeda motor untuk melakukan inovasi dari produk yang dihasilkannya. Setiap produsen selalu memproduksi sepeda motor dengan desain-desain yang terbaru sesuai dengan keinginan konsumen.

    Nah pada sepeda motor pastinya memerlukan sistem kelistrikan yang dimana untuk menghidupkan sepeda motor, penerangan dan sebagainya. Komponen tersebut yakni Aki, lalu apa jadinya bila aki tersebut bermasalah dan dampak pada kendaraan sepeda motor tersebut ?? sebelum kita ke inti postingan kali ini, ada baiknya kita mengetahui mengenai Baterai “aki”, untuk lebih jelasnya simak pemaparan di bawah ini.

    Baterai atau aki atau bisa juga disebut accu ialah sebuah sel listrik dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel “dapat berbalikan” dengan efisiensinya yang tinggi. Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel ialah di dalam baterai dapat berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik “proses pengosongan” dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia, pengisian kembali dengan cara regenerasi dari elektroda-elektroda yang dipakai yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah “polaritas” yang berlawanan di dalam sel.

    Baterai atau aki pada mobil berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia yang akan digunakan untuk mensuplai “menyediakan” listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen-komponen kelistrikan lainnya.

    Performa Aki Ngedrop Pada Motor Injeksi
    Performa Aki ngedrop?? Apakah yang terjadi ??? Buat motor sport injeksi yang kelas atas seperti Honda CBR150R, Kawasaki Z250SL dan lain-lain, performa aki yang ngedrop bisa bikin masalah. Mesin enggak bakal mau hidup, meski motor didorong-dorong “motor-motor tersebut tanpa kick starter”.

    Untuk di kelas motor sport Injeksi kelas menengah seperti Honda CB150R dan Yamaha New V-Ixion Lightning “NVL” ada sedikit perbedaan. Ke 2 motor batangan tersebut menggunakan kick starter, sebagai perlengkapan standar di motor.

    Kick starter pada CB150R jadi ciri motor Injeksi Honda yang punya perangkat kapasitor. Perangkat itu sendiri memiliki fungsi menyimpan arus listrik dan akan jadi penyuplai listrik saat aki ngedrop.

    Nah kira-kira apa yang terjadi pada CB150R dan NVL saat kai ngedrop? dengan adanya kapasitor pada CB150R saat aki ngedrop memang elektrik starternya yang enggak bisa menyala. Namun saat pakai kick starter, mesin bisa nyala normal.

    Pada NVL dicoba dengan aki yang performanya sudah menurun, kurang lebih jadi 9 volt. Dengan kondisi performa aki yang dijajal, elektrik starter masih bisa menyala. Ganti aki lagi dengan daya yang ngedrop sampai 8 volt dan hasilnya baru elektrik starter NVL enggak mau hidup. Namun saat dijajal dengan kick starter,,bruum “mesin bisa menyala”.

    Lampu indikator pada NVL jadi penanda performa aki sudah menurun. Jangan dibiarkan berlarut-larut, dari pada bikin pusing kepala. Aki yang sudah ngedrop pada motor Injeksi baik CB150R maupun NVL, lebih baik segera diganti. “jangan dipaksakan motor Injeksi dengan kondisi aki yang sudah tekor, bisa jadi pemicu kerusakan komponen yang hidupnya mengandalkan aliran listrik”.

    Demikianlah pembahasan mengenai Performa Aki Ngedrop Pada Motor Injeksi ?? Inilah Yang Akan Terjadi ??? semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
     
  2. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    terima kasih banyak untuk informasinya semoga bisa bermanfaat untuk warga bersosial
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Salah satu ciri aki ngredrop apa kalau mau starter motor susah hidup gan?
     
Loading...

Share This Page