Tips Mengatasi Rematik Secara Alami

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, Apr 19, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Anda Penderita Penyakit Rematik? Ingin Tahu Tips Mengatasi Rematik Secara Alami? Yuk Simak Artikel Ini Hingga Tuntas!
    [​IMG]
    Definisi Singkat Penyakit Rematik

    Rematik merupakan suatu penyakit dimana otot dan persendian mengalami peradangan. Peradangan pada otot dan sendi ini akan menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya. Penyakit rematik termasuk kedalam penyakit kronis karena biasanya penyakit ini dapat bertahan hingga bertahun. Sebenarnya penyakit rematik memiliki banyak jenis, bahkan diketahui mencapai lebih dari 100 jenis. Namun berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis penyakit rematik yang umum sekali terjadi :
    • Osteoartritis
    Osteoartritis merupakan penyakit persendian yang seiring berjalannya waktu dapat merusak tulang rawan penderitanya. Selain itu Osteoartritis juga dapat menyebabkan otot penderitanya melemah yang tentunya sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Penyakit rematik jenis ini umumnya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia.
    • Rheumatoid arthritis
    Rheumatoid arthritis adalah kondisi dimana imunitas tubuh berkembang secara tidak normaldan menyerang jaringan-jaringan pada sendi. Saat rheumatoid arthritis terus berkembang maka kemungkinan besarnya sendi akan mengalami kerusakan permanen. Rheumatoid arthritis juga bisa berkembang di luar persendian tubuh dan menyerang organ lain seperti mata, kulit, ginjal dan jantung.
    • Ankylosing spondylitis
    Ankylosing spondylitis merupakan peradangan kronis yang menyerang tulang belakang serta bagian tubuh lainnya. Beberapa area tubuh yang sering sekali terkena dampak ankylosing spondylitis diantaranya persendian bahu, ruas tulang belakang, tulang rawan antara tulang rusuk dan tulang dada, persendian antara tulang panggul dan pangkal tulang belakang, serta ligamen dan tendon di persendian tulang belakang dan di belakang tumit. Ankylosing spondylitis lebih banyak menjangkiti pria remaja hingga dewasa usia 30 tahun.

    Ternyata, penyakit rematik dapat diatasi dengan bahan alami berikut ini :
    [​IMG]
    1.) Daun dandelion

    Salah satu pilihan bahan alami terbaik yang dapat mengobati rematik yaitu daun dandelion. Dimana daun dandelion ini memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang relatif tinggi dan akan berguna memperbaiki kerusakan di bagian dalam tubuh dan mengeluarkan racun yang terdapat dalam darah. Ramuan tradisional untuk rematik yang satu ini dapat Anda manfaatkan dengan baik. Caranya yaitu dengan mengukus daun dandelion dan kemudian kunyahlah daun dandelion lunak satu ini sebagai yang meredakan nyeri sendi.

    [​IMG]
    2.) Jahe

    Bukan hanya sekedar efektif untuk menghangatkan tubuh, jahe ini juga berperan dengan sangat baik di dalam mengobati rematik. Ramuan tradisional untuk penyakit rematik jahe ini dapat Anda peroleh dengan sangat mudah, karena jahe juga termasuk sebagai rempah-rempah alami yang penting bagi masyarakat di Indonesia yang umumnya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Anda dapat menggunakan jahe guna meredakan rematik, Anda dapat membuat salad, saus maupun sup dengan menambahkan jahe ke dalamnya. Setelah mengkonsumsinya rasa nyeri pada bagian sendi Anda tentu akan semakin mereda dan membaik.

    [​IMG]
    3.) Lendir lidah buaya

    Memang belum banyak yang mengetahui jika lidah buaya ini dapat Anda manfaatkan untuk dapat mengatasi rematik. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam lidah buaya berguna di dalam mencegah inflamasi serta meredakan rasa sakit. Bukan hanya itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta menambah energi. Lidah buaya ini akan membantu di dalam memperbaiki serta mengembalikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

    [​IMG]
    4). Lengkuas

    Lengkuas dikenal juga dengan nama laos dan laja. Bumbu dapur yang satu ini ternyata ampuh juga digunakan sebagai obat rematik tradisional. Caranya, ambil beberapa potong jari rimpang lengkuas segar, cuci bersih lalu parut. Peras airnya dengan kain, lalu gosokan pada bagian tubuh yang sakit seperti menggunakan minyak urut. Sedangkan ampas lengkuasnya bisa digunakan sebagai obat gosok.

    [​IMG]
    5). Daun Pandan Wangi

    Siapa yang menyangka kalau daun pandan wangi yang biasa dijadikan sebagai pemberi aroma wangi dan warna hijau alami bisa juga dijadikan sebagai obat. Bagi Anda yang sedang menderita sakit akibat rematik, ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih dan iris tipis-tipis. Seduh daun pandan wangi dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Gunakan minyak tersebut untuk menggosok bagian tubuh yang sakit.

    Cara lainnya, ambil daun pandan wangi segar sebanyak 5 lembar dan daun serai 20 lembar. Cuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing 1 sendok makan. Aduk sambil diremas-remas sampai merata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. Selain dapat meredakan sakit akibat rematik, juga dapat mengobati pegal linu.

    [​IMG]
    6.) Kacang Kedelai Hitam

    Selama ini kita mungkin hanya mengetahui kacang kedelai sebagai bahan baku untuk pembuatan tempe dan tahu. Namun ternyata, kacang kedelai ini bisa juga dijadikan sebagai obat rematik tradisional. Tapi, yang kita gunakan adalah kedelai hitam. Caranya, 1 sendok makan biji kedelai hitam, 1 sendok makan kacang hijau dan 2 sendok makan kacang tanah digoreng tanpa minyak (disangan), lalu tumbuk sampai halus. Makan 1 sendok teh tiap pagi dan sore.

    [​IMG]
    7.) Mustard oil dan kapur barus

    Campuran mustard oil dengan kapur barus merupakan ramuan rematik tradisional yang tidak kalah penting dan ampuhnya. Bahkan ramuan obat tradisional ini dapat Anda gunakan sehari-hari guna mengobati rematik. Campuran bahan-bahan alami semacam ini akan bermanfaat melancarkan peredaran darah, lebih tepatnya lagi pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Untuk membuat ramuan yang satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 10 gram kapur barus dan 1 cangkir mustard oil. Selanjutnya Anda harus memanaskan campuran kapur barus dan minyak alami hingga kapur yang Anda gunakan larut secara sempurna. Pijatkan minyak alami tersebut pada bagian-bagian tubuh yang terasa sangat nyeri. Mudah dan tentu saja Anda tidak perlu mengkonsumsinya, karena seperti yang sudah tertera di cara pembuatannya bahwa ramuan ini merupakan obat luar alami untuk rematik.

    Baca Juga : Obat Alami Penyakit Rematik
     
  2. GembeL Berdasi

    GembeL Berdasi Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    61
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
  3. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Informasi yang sangat lengkap dan mendidik, saya suka dan akan share thread ini makasih ya :)
     
Loading...

Share This Page