Ingin Belajar Coding? Gunakan Aplikasi Gratis dari Google Ini

Discussion in 'Programming' started by Tirah Wawas, Apr 23, 2018.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    315
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Selama sembilan bulan terakhir, perusahaan teknologi raksasa Google telah berupaya membuat alat pembelajaran untuk beajar membuat program dalam bentuk sebuah aplikasi permainan. Melalui Area 120 sebuah divisi yang didedikasikan untuk melaksanakan proyek percobaan, Google telah meluncurkan aplikasi bernama Grasshopper, sebuah game mobile untuk siapa pun yang ingin belajar coding dengan cara yang sederhana dengan bersenang-senang. Dan bukan hanya itu, aplikasi ini pun tersedia secara gratis.

    Aplikasi permainan ini, dapat diunduh secara gratis melalui Google Play dan Apple App Store, dan memiliki tujuan untuk mengajarkan pemirsa dewasa kepada pemograman, melalui latihan dan tantangan dalam bentuk teka-teki visual, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi siapa pun untuk mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman JavaScript. .

    Menurut Google, Grasshopper diambil dari nama Grace Hopper, salah seorang pelopor dalam bidang pemrograman komputer. Ini adalah cara terbaik untuk memasuki dunia pemrograman dengan cara yang menyenangkan, berkat adanya tantangan dalam bentuk game, maka ini akan membantu mengajarkan pemain untuk menggunakan JavaScript dalam situasi nyata.

    Ketika level naik, kesulitan tantangan pun akan meningkat. Selain itu, berkat koreksi yang real time, kita akan mengetahui kesalahan apa saja yang telah kita buat dan apa langkah selanjutnya yang harus kita ikuti.

    Permainan ini juga menggabungkan piala dan pencapaian prestasi yang berbeda. Ini akan terbuka kuncinya tergantung pada kemampuan kita. Namun, saat ini hanya bahasa JavaScript yang disertakan di dalam aplikasi permainan tersebut. Hal ini dikarenakan JavaScript merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh pengembang menurut data yang diperoleh dari StackOverflow dan selain itu tidak ada rencana dari Google untuk memperluas kemampuan aplikasi permainan tersebut ke teknologi yang lain.

    Walaupun Grasshopper adalah platform yang ditujukan untuk pemula, dan tidak akan membuat mereka menjadi programmer profesional dalam semalam. Namun, ini merupakan cara yang baik untuk masuk ke bidang yang dapat menginspirasi rasa hormat kepada banyak orang karena besarnya pilihan, bahasa dan dokumentasi yang ada.

    Sumber
     
  2. Zaidankomputer

    Zaidankomputer Member

    Joined:
    Jun 3, 2017
    Messages:
    23
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  3. rakifsul

    rakifsul New Member

    Joined:
    May 16, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sayang banget kenapa smartphone tidak dirancang untuk coder. Layarnya terlalu kecil.
     
Loading...

Share This Page