Ketahui Makanan Untuk Meningkatkan Gula Darah Rendah

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, Apr 23, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18

    Penderita hipoglikemia atau kadar gula darah rendah sebaiknya makan sedikit-sedikit tapi sering dan tambahkan camilan di samping makanan utama. Berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari untuk meredakan gejala hipoglikemia.

    [​IMG]
    1.) Roti Gandum Utuh Dengan Selai Kacang

    Roti yang mengandung gandung sangat dianjurkan bagi Anda yang mempunyai tingkat gula darah rendah sebab roti dengan kandungan gandum utuh memiliki indeks glikemik yang rendah. Sedangkan selai kacang dianjurkan karena mengandung protein serta lemak. Kombinasi makanan yang berasal dari biji-bijian dan mengandung protein dan lemak ini kan membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh Anda.

    [​IMG]
    2.) Buah-buahan

    Buah termasuk kedalam sumber serat yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Serat yang terkandung dalam buah-buahan akan membantu memperlambat penyerapan glukosa kedalam aliran darah. Beberapa jenis buah memang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Namun Anda bisa memilih buah apel, buah pir, ataupun jeruk sebagai buah yang aman dikonsumsi oleh penderita hipoglikemia.

    [​IMG]
    3.) Keju dan Yogurt

    Keju juga dipercaya dapat membantu menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh Anda. Pasalnya keju termasuk makanan yang mengandung protein dan lemak yang memiliki fungsi membantu mempertahankan kestabilan kadar gula. Selain keju, yogurt juga termasuk salah satu makanan yang dianjurkan bagi penderita hipoglikemia atau kadar gula darah rendah.

    [​IMG]
    4.) Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan ternyata masuk kedalam cemilan yang harus dikonsumsi oleh penderita kadar gula darah rendah. Kacang mengandung sejumlah zat yang mampu memperlambat penyerapan glukosa. Cemilan yang satu ini juga kaya akan protein dan lemak.

    [​IMG]
    5.) Kentang

    Kentang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan zat gula tinggi. Mengkonsumsi kentang dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dengan sangat cepat. Konsumsilah kentang dengan berbagai menu masakan yang sesuai dengan selera.

    [​IMG]
    6.) Kurma

    Selain mengandung vitamin dan mineral, kurma mengandung glycemix index tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dengan cepat. Dengan demikian, mengkonsumsi kurma akan mendapatkan banyak manfaat yaitu vitamin, mineral, serta gula. Kurma juga merupakan buah yang termasuk buah mahal karena di Indonesia tidak bisa tumbuh.

    [​IMG]
    7.) Madu

    Selain bermanfaat sebagai obat, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Madu merupakan makanan yang mengandung zat gula alami karena memang madu dibuat dengan proses yang alami. Jika anda kekurangan gula darah maka konsumsi satu sendok madu setiap hari agar dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat.

    Baca juga : Obat Alami Hipoglikemia (Kadar Gula Rendah)
     
  2. sfidn

    sfidn Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    yakin gan mau ngasih saran kentang goreng itu? klo makan kentang goreng gitu sih bukan cuma gula darah doang yang naik, tapi penyakit lainnya juga ikutan naik. wkwkwkwk
     
  3. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Kentang goreng juga baik untuk kesehatan. Jika menurut Anda kentang goreng menyebabkan penyakit, itu tergantung orang yang mengkonsumsinya. Jika mengkonsumsi kentang goreng sekadarnya, sewajarnya, tidak berlebihan, tidak akan menimbulkan penyakit. Dan, jika membuat kentang gorengnya dirumah, lebih baik memilih minyak goreng yang sehat agar zat baik yang ada dalam kentangnya tidak hilang atau terkontaminasi zat yang buruk bagi tubuh. Saya harap Anda dapat memahami yang saya maksud. Jangan beranggapan negatif terhadap makanan yaa, Tuhan menciptakan segala hal yang ada dibumi contoh kecilnya kentang, agar dimanfaatkan manusia. Intinya, TIDAK AKAN BERBAHAYA JIKA TIDAK MENGKONSUMSINYA DENGAN BERLEBIHAN.
     
  4. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    210
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  5. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    420
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Berarti penderita diabetes tidak disarankan konsumsi jenis makanan tersebut ya?

    Mungkin tepat nya konsumsi dengan cukup saja ya :)
     
  6. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    iyaa betul sekali gan
     
  7. Jooy

    Jooy Member

    Joined:
    Jun 15, 2014
    Messages:
    74
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    kurma ama madu nih yang mantab. selain darah naik , si kecil juga ikut2an naik wkwkwkwk
     
Loading...

Share This Page